Connect with us

Automotive

Ini Alasan Kenapa Emak-emak Sering Sein Kiri Belok Kanan

Published

on


Finroll.com – Emak-emak sering dicitrakan sebagai makhluk ‘kebal aturan’. Hal itu terpotret melalui kebiasannya yang gemar menerobos lampu merah, menyalakan lampu sein ke arah berlawanan, serta tak mengenakan helm.

Di media sosial, kebiasaan unik tersebut sering dijadikan bahan guyonan kalangan muda, terutama untuk kasus salah menyalakan lampu sein. Dan hingga kini, banyak yang bertanya-tanya, mengapa emak-emak sering mengadopsi kekeliruan serupa. Padahal, kampanye tentang keselamatan lalu lintas sering digaungkan Korlantas demi meningkatkan keselamatan selama berkendara.

Menurut Komandan BM Polwan Polri, AKP Natalia Rungkat, ada beberapa alasan yang menyebabkan emak-emak sering salah menyalakan lampu sein. Paling umum, karena lupa atau tidak sadar telah menyalakan lampu.

Selain itu, ada alasan-alasan lain yang tak kalah vitalnya. Salah satunya, tentang pemahaman fungsi kendaraan.

“Beberapa ibu-ibu hanya menggunakan motor sebagai kendaraan saja, tak memahami fungsinya secara utuh. Pemahaman akan teknis dan tata cara berkendara yang baik juga perlu diberikan,” katanya di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 28 April 2019.

Ia menambahkan, wanita itu berbeda dengan pria. Jika kaum Adam mengerti betul seluruh fungsi serta fitur sepeda motor, tak sama bagi kalangan Hawa. Sebagian mereka, para emak-emak hanya memahami kendaraan sebagai moda berpindah tempat, tak lebih dari demikian.

Kendati begitu, dia berharap, wanita bisa lebih memahami lagi fungsi kendaraan yang dimilikinya. Sebab, beberapa fitur di sepeda motor disediakan untuk menunjang keselamatan pengendara. Karena jika pemahamannya saja kurang, bagaimana mau memaksimalkan fungsinya?

Advertisement

Automotive

Yamaha NMAX Terbaru, Bisa Connect Ke Handphone

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta– Setelah lima tahun, Yamaha Indonesia merilis versi terbaru NMAX. Yamaha NMAX 2020 ini diluncurkan bareng pembalap MotoGP Maverick Vinales dan pembalap WSBK Michael van der Mark di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat (2/12/2019).

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun menyebut konsep NMAX 2020 ini dengan “Connected”.

Berupa perubahan pada All New NMAX 155 yang masuk ke babak generasi baru “Enter The New Stage”.

Jadi, skuter matik ini memiliki fitur canggih yang terhubung dengan handphone.

”Jujur saja, kami Yamaha Indonesia Motor Mfg sangat menunggu momen ini. Karena tepat di hari ini, akhirnya kami dapat mengumumkan model – model baru kami yang kehadirannya begitu penting untuk tahun 2020″

“Saya yakin Anda akan sangat bersemangat. Saya yakin konsumen Indonesia akan sangat senang”

“Dan saya yakin trend baru akan hadir di pasar mulai tahun depan,” ungkap Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam siaran pers Yamaha (2/12/2019).

All New Nmax 155 ini mempunyai dua versi yaitu All New Nmax 155 Connected/ABS dan All New Nmax 155 Standar.

Berikut, pernyataan resmi YIMM mengenai skuter matik fenomenal ini:

1st IN INDONESIA* “Motor Terkoneksi dengan Smartphone”

Konsep ”Connected” ini merupakan yang pertama di Indonesia (untuk motor buatan Indonesia).

Diwujudkan melalui Teknologi Comunication Control Unit (CCU)** yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.

Peluncuran Yamaha NMAX 2020 di Jakarta (2/12/2019)
Rian/GridoOto.com
Peluncuran Yamaha NMAX 2020 di Jakarta (2/12/2019)

Keunggulan utama dari teknologi CCU ini adalah :

1. Parking Location
Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone)

2. Phone & Message Notification
Memberikan notifikasi*** di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.

3. Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery)
Membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.

4. Fuel Consumption
Membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.

5. Malfunction Notification
Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Continue Reading

Automotive

Tak Mampu Bersaing, Datsun dan Chevrolet ‘Pamit’ dari Indonesia Januari 2020.

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Persaingan di pasar otomotif Tanah Air semakin ketat. Agen pemegang merek atau APM mobil harus memiliki strategi yang tepat agar bisa bertahan dalam menawarkan produk kendaraan, dan memberikan layanan purnajual bagi pelanggannya.

Jika hal tersebut tidak dilakukan, bukan hal yang mustahil APM mengakhiri bisnisnya. Cara ini yang dipilih oleh dua merek otomotif global, Chevrolet dan Datsun. Keduanya memutuskan untuk tidak lagi menjual produknya di Indonesia pada tahun 2020. Chevrolet pun telah resmi menyatakan tidak lagi menjual produknya mulai akhir Maret 2020.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, sebelum mengakhiri bisnisnya, APM mobil biasanya memang memberitahukan via surat resmi. Hal ini seperti yang sudah dilakukan General Motors (GM) yang memutuskan untuk tidak lagi menjual mobil Chevrolet.

“Jadi begini, kalau kayak kemarin GM memang ada ke Kemenperin, menyampaikan akan berhenti untuk jualan tetapi komitmen untuk menjamin aftersales-nya. Tetapi untuk kasus Datsun ini agak berbeda, karena Nissan masih tetap ada di sini. Jadi masih banyak produknya untuk Nissan Group,” ujarnya di sela Inagurasi Quick Charging Mitsubishi Motors di Senayan, Jakarta, Selasa 26 November 2019.

Saat ini, kata Putu, pihak Datsun sedang mencari waktu yang tepat untuk bisa bertemu dengan Menteri Perindustrian, guna memberitahukan perubahan strategi bisnisnya secara resmi. Sehingga tidak terjadi informasi yang menyesatkan tentang tutupnya merek asal Jepang tersebut.

Menurutnya, salah satu alasan Datsun tutup adalah karena kurang mampunya bersaing dengan banyak merek yang menjual produk-produk kendaraan untuk masyarakat di berbagai wilayah Nusantara. Hal ini, kata Putu, merupakan hal yang biasa terjadi di berbagai bidang bisnis, termasuk otomotif.

“Datsun ingin menyampaikan juga secara resmi, sudah bertelpon saat saya di Jepang kemarin. Mereka bilang ingin melapor bahwa ada perubahan strategi. Menurut pihak Datsun, perubahan strategi ini akan dilakukan mulai Januari 2020,” ucapnya.

Continue Reading

Automotive

Head to Head dengan Toyota Rush, Berapa Harga Mitsubishi Xpander Crossover?

Published

on

By

PT Mitsubishi Motors Indonesia Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan meluncurkan model terbaru yang disebut sebagai MPV Crossover. Dari siluet yang disebar, besar kemungkinan model terbaru itu adalah Mitsubishi Xpander Crossover.

Model ini akan bermain di segmen Low SUV dan berhadapan langsung dengan sejumlah model seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, dan Suzuki Ertiga Sport. Lantas berapa harga ideal untuk Mitsubishi Xpander Crossover?

Mitsubishi Xpander saat ini dipasarkan dalam delapan varian. Termurah adalah Rp 210,3 juta dan termahal Rp 265,1 juta. Sedangkan Toyota Rush dijual mulai dari Rp 244,25 juta hingga Rp 265,65 juta.

Daihatsu Terios dipasarkan mulai dari Rp 202,3 juta hingga Rp 256,9 juta. Honda BR-V dibanderol mulai dari Rp 243,8 juta hingga Rp 286,2 juta. Suzuki Ertiga Sport ditawarkan dalam dua varian dengan harga Rp 246 juta dan Rp 256,5 juta.

Melihat daftar harga di atas, Tempo memperkirakan harga Xpander Crossover akan berada di antara Rp 240 juta hingga di bawah Rp 265 jutaan.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Asco Global

Trending