Connect with us

Science & Technology

Instragram Hilang dari Playstore

Published

on


Waduh guys, belum hilang memori masyarakat pengguna internet Tanah Air yang heboh dengan aplikasi Bukalapak hilang dari Play Store, kini giliran Instagram yang lenyap lho.

Untuk kasus hilangnya Bukalapak, usut punya usut, lenyapnya aplikasi Bukalapak karena platform unikorn itu sedang membarui aplikasi. Tidak butuh waktu lama, setelah pembaruan rampung aplikasi Bukalapak kembali tersedia di PlayStore pada Kamis malam 19 September 2019.

Nah gantian aplikasi lain lho yang hilang. Sejumlah warganet menemukan Instagram hilang di toko aplikasi Android tersebut. Belum jelas, penyebab Instagram menghilang dari Play Store apakah sama seperti Bukalapak atau hal lain.

Hilangnya Instagram dari Play Store ditemukan oleh pengguna internet di luar Indonesia sih. Untuk di Indonesia, pada Jumat siang 20 September 2019, aplikasi Instagram tersedia di Play Store.

Nah, aplikasi yang hilang dari Play Store ada kemungkinan keluar dari kebijakan yang telah diterapkan Google. Makanya, pengelola aplikasi membarui aplikasi mereka untuk menyesuaikan dengan regulasi Google.

Untuk memahaminya, kami akan memberi beberapa poin:

Konten yang dibatasi

Aplikasi tidak boleh melebihi batas, seperti membahayakan anak, berisi konten tidak pantas, perjudian, aktivitas ilegal, konten buatan pengguna dan zat yang belum disetujui. Jelas kalau ini mah ya.

Tiruan

Berikutnya yang dilarang adalah peniruan identitas dan kekayaan intelektual. Perusahaan raksasa teknologi melarang aplikasi di tokonya melakukan hal tersebut.

Privasi, keamanan dan penipuan

Setiap aplikasi harus mengamankan data pribadi pengguna. Mereka juga tidak boleh menyalahgunakan perizinan yang diberikan pengguna, tidak boleh melakukan hal yang berbahaya, menipu dan memberi informasi keliru.

Monetisasi dan iklan
Aplikasi harus memiliki praktik bisnis yang sehat. Poin ini meliputi topik pembayaran, langganan dan pembatalan, iklan dan sertifikasi jaringan iklan.

Direktori toko dan promosi

Penggunaan dengan praktik tidak wajar untuk menarik pengguna juga jadi hal yang dilarang. Pelanggaran dilihat melalui promosi aplikasi, metadata, ulasan, penginstalan dan rating pengguna, serta rating konten.

Spam

Jika ada aplikasi spam atau tidak memberi pengalaman yang sesuai kepada pengguna, kemungkinan juga akan dilarang oleh Google.

Program lainnya

Selain mematuhi kebijakan, aplikasi juga harus memenuhi persyaratan kebijakan khusus program, agar bisa terus tersedia di PlayStore.

Sesuai usia

Pengembang harus menampilkan aplikasi yang sesuai untuk semua usia jika mereka menargetkan usia tertentu. Pengembang bertanggung jawab untuk memastikan aplikasinya aman dan mematuhi peraturan undang-undang.

Penegakan aturan

Ada baiknya untuk menghindari pelanggaran. Namun jika ada peraturan yang dilanggar, Google berkomitmen membuat developer tahu akan kesalahannya itu dan melakukan perbaikan.

Pembaruan

Google memiliki pembaruan dan perubahan pada Kebijakan Program Pengembang, serta sumber daya dan persyaratan tambahan untuk program khusus. Developer diharapkan tahu tentang update yang dibuat perusahaan.

Science & Technology

Gahar! Xiaomi Mi 11 Meluncur Dengan Snapdragon 888

Published

on

Finroll.Com – Gahar! Xiaomi Mi 11 Meluncur Dengan Snapdragon 888 , Smartphone seri Mi 11 besutan vendor smartphone Xiaomi ini tampil dengan layar OLED melengkung dan ditenagai chipset Snapdragon 888.

Xiaomi baru saja mengumumkan smartphone andalan terbaru mereka untuk tahun 2021, yang disebut Mi 11.
Smartphone kelas High-End ini tampil dengan layar lebih besar dibanding seri Mi 10, dengan ukuran 6,81 inci. Xiaomi Mi 11 ini juga memiliki bezel tipis, layar melengkung, dan punch hole di layar untuk menempatkan kamera selfie-nya.

Menariknya smartphone ini juga memiliki resolusi layar OLED 3200 x 1440 piksel dan refresh rate 120Hz.
Selain itu, Mi 11 juga dibekali pemindai sidik jari di bawah layar untuk sistem keamanannya.
Pada bagian belakangnya, Mi 11 dibekali tiga kamera dengan sensor utama beresolusi 108MP, lensa telefoto 5MP, dan lensa ultra-wide 13MP. Smartphone ini juga dibekali pengisian nirkabel 50W dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh.

Xiaomi Mi 11 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888, yang dikolaborasikan dengan varian RAM 8GB dan 12GB. Sedangkan memori internalnya memiliki varian 128GB dan 256GB. Smartphone ini juga dibekali Wi-Fi 6 dan dukungan 5G. CEO Xiaomi, Lei Jun telah mengonfirmasi bahwa Mi 11 akan mengikuti jejak Apple dan Samsung dengan tidak menghadirkan charger dalam paket penjualan. Diketahui perusahaan mengambil langkah ini karena alasan menjaga lingkungan dan penghematan biaya.

Mi 11 versi Tiongkok ini telah tersedia untuk pre-order, dan akan mulai dikirimkan pada bulan Januari 2021.
Untuk varian RAM 8GB/ROM 128GB dibanderol seharga CNY3.999 atau setara dengan Rp8,6 juta.

Tertarik untuk meminangnya?

Continue Reading

Science & Technology

Nokia 7.3 5G Dengan Baterai Jumbo 5.000 mAh

Published

on

https://www.finroll.com/wp-content/uploads/2021/01/Nokia-7.3-5G.jpg

Finroll.com – Tiga jenis baterai smartphone Nokia telah mendapatkan sertifikasi dari perusahaan TUV Rheinland. Salah satunya baterai berkapasitas 5.000 mAh yang notabene spesifikasi baterai terbesar untuk ponsel pintar Nokia sejak dikelola oleh HMD Global.
Belum dapat dipastikan smartphone Nokia seri apa saja yang akan mendapatkan jatah baterai 5.000 mAh. Namun, berdasarkan kabar yang cukup santer beredar, baterai jumbo tersebut akan dipasangkan oleh HMD Global pada smartphone Nokia 7.3.

Mengenai Nokia 7.3, smartphone ini disiapkan sebagai penerus estafet dari seri Nokia 7.2. Seperti dikutip detikINET dari India Today, Senin (4/1/2021) HMD Global Chief Product Officer Juho Sarvikas mengungkapkan bahwa Nokia 7.3 akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 690 yang sudah mendukung konektivitas 5G.
Sarvikas mengatakan pula jika smartphone kelas menengah itu bakal disertai dengan kemampuan refresh rate tinggi pada layarnya yang belum dimiliki oleh ponsel pintar Nokia sebelumnya.

Di samping Nokia 7.3, ponsel pintar lain dari Nokia yang masih ditunggu kehadirannya adalah Nokia 6.3. Jika Nokia 7.3 bakal dipasangkan baterai 5.000 mAh, Nokia 6.3 kabarnya kedapatan jatah baterai 4.500 mAh yang juga telah tersertifikasi TUV Rheinland.

Kabar terbaru juga menyebut duet Nokia 7.3 5G dan Nokia 6.3 akan dirilis dengan label Nokia 7.4 dan 6.4. Rumor tersebut muncul menyusul peluncuran Nokia 5.4 akhir Desember 2020.
Selain itu, Nokia juga masih ‘berhutang’ kepada publik terkait peluncuran smartphone flagship Nokia 9.3 PureView. Padahal, kabar kedatangan ponsel ini telah menyeruak sejak 2 tahun lalu namun sampai sekarang belum ada update atau kepastiannya.

Sampai saat ini, Nokia masih menyelimuti dengan rapat wujud asli dari ketiga smartphone tersebut. Kemungkinan ketiganya akan diluncurkan pada medio tahun 2021 ini.

Sumber : inet.detik.com
Continue Reading

Science & Technology

Daftar Lengkap Ponsel yang Tak Bisa WhatsApp di 2021

Published

on

By

Finroll.com  – WhatsApp akan mengakhiri layanan untuk berbagai jenis ponsel mulai tanggal 1 Januari 2021. Kabarnya kebijakan ini akan berdampak pada jutaan handphone (HP) yang telah beredar di pasaran.

Pada dasarnya, WhatsApp mewajibkan pengguna untuk menggunakan ponsel dengan minimum berjalan pada sistem operasi iOS 9 atau Android 4.0.3. Persyaratan minimum tersebut itu dibutuhkan untuk menikmati semua fitur WhatsApp dengan pengalaman terbaik.

Dampak dari ponsel Android dan iPhone yang tidak memenuhi syarat tersebut, maka aplikasi WhatsApp akan berhenti berfungsi dan tidak lagi bisa mengirim dan menerima pesan. Solusinya saat ini adalah melakukan upgrade ponsel ke tipe yang lebih baru.

Sudah menjadi tradisi, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk HP Android dan iPhone lawas pada akhir setiap tahun. Seperti tahun lalu, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk ponsel yang menjalankan iOS 8 atau lebih lama, dan ponsel Android yang menjalankan versi 2.3.7 atau lebih lama.

Lalu, apa saja daftar ponsel yang bakal tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di tahun 2021 nanti? Berikut daftarnya.

iPhone 1
iPhone 3G
iPhone 3GS
iPhone 4
LG Optimus Black (dan yang lebih lama)
Motorola DROID RAZR
Samsung Galaxy S2
HTC Desire

Selain itu, ada beberapa ponsel yang bisa di-upgrade ke sistem operasi minimum yang disyaratkan WhatsApp untuk tetap berfungsi. Daftar ponsel ini bisa menjalankan sistem iOS 9 atau lebih baru dan Android 4.0.3 atau lebih baru.

iPhone 4S
iPhone 5
iPhone 5S
iPhone 6
iPhone 6S
LG Lucid
Motorola DROID 4
Sony Xperia Pro
HTC Sensation
HTC Thunderbolt (4G)
Samsung Galaxy Note (pertama)
Samsung Galaxy S2 dan yang lebih baru

Jika kamu memiliki feature phone yang menjalankan sistem KaiOS, maka harus memastikan sudah berada pada versi KaiOS 2.5.1 atau yang lebih baru. Sementara, untuk HP dengan sistem Windows Phone apa pun, hari terakhir untuk WhatsApp adalah pada tanggal 1 Januari 2020.

Continue Reading

Trending