Diaspora Indonesia siap dukung pembangunan IKN Nusantara

  • Bagikan

“Tentunya caranya akan berbeda-beda. Kami tunggu informasi dari IKN sendiri bila kesempatan tersebut dimungkinkan,” katanya.

Jakarta (ANTARA) – Indonesian Diaspora Network (IDN) Global siap memberikan sumbangsih kepada negara dengan mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang hijau, pintar dan inklusif.

“Ini adalah saat yang tepat bagi Diaspora Indonesia untuk bersumbangsih kepada negara dengan berperan mendukung pembangunan IKN, dalam mewujudkan cita-cita sebuah kota dunia yang menjadi panutan,” kata Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih, dalam acara perayaan 10 tahun Diaspora Indonesia di Titik Nol IKN Nusantara, yang diikuti ANTARA secara daring di Jakarta, Rabu.

Kartini mengatakan bahwa dalam perayaan 10 tahun Diaspora Indonesia, IDN Global bekerja sama dengan IKN Nusantara karena relevan dengan upaya yang mereka lakukan, yaitu memberikan sumbangsih bagi negara.

Melalui kolaborasi dengan IKN Nusantara, Kartini berharap pembangunan Ibu Kota Indonesia tersebut dapat digaungkan ke mancanegara oleh para diaspora yang tinggal di luar negeri.

IDN Global, kata dia, siap melakukan beberapa upaya untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara, antara lain melalui jaringan yang dimiliki oleh para diaspora Indonesia yang memungkinkan mereka untuk menggaungkan pembangunan IKN ke seluruh dunia.

Kemudian, diaspora Indonesia juga terdiri dari beberapa kalangan. Hal itu memungkinkan adanya investasi dari mereka terhadap pembangunan IKN.

“Tentunya caranya akan berbeda-beda. Kami tunggu informasi dari IKN sendiri bila kesempatan tersebut dimungkinkan,” katanya.

Sumbangsih berikutnya yang dapat ditawarkan oleh Diaspora Indonesia secara langsung, kata Kartini, adalah kerja sama dengan desa-desa di lingkungan IKN Nusantara dalam program digitalisasi administrasi desa, di mana program tersebut telah didukung oleh komunitas di banyak desa di Indonesia.

Selanjutnya, IDN Global juga menjalankan program Buku Jendela Dunia dengan menggerakkan para diaspora untuk berbagi wawasan melalui donasi buku untuk sekolah-sekolah di sekitar wilayah IKN.

Sementara itu, Diplomat Ahli Utama Kementerian Luar Negeri RI R Prayono Atiyanto mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri dalam ruang lingkup tugasnya akan mendukung Diaspora Indonesia sehingga mereka bisa terus berkontribusi secara positif dan konstruktif bagi pembangunan negara dan bangsa.

“Kami menyambut baik kebijakan-kebijakan yang telah diambil Pemerintah Indonesia berupa fasilitasi dan kemudahan bagi diaspora Indonesia sehingga bisa berperan dan berkontribusi lebih besar bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia,” kata Prayono.

Kementerian Luar Negeri, kata dia, akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan di dalam negeri untuk bisa memfasilitasi pengembangan kolaborasi yang lebih kuat dengan Diaspora Indonesia di berbagai negara.

“Kita perlu terus berkolaborasi untuk bisa melakukan pemutakhiran data mengenai diaspora Indonesia di luar negeri. Kita juga perlu terus berkolaborasi untuk meningkatkan manfaat dari kepemilikan hak masyarakat Indonesia di luar negeri,” demikian kata Prayono.

Pewarta: Katriana
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->