Dubes RI berharap hubungan Indonesia-Qatar terus meningkat

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan berharap hubungan Indonesia dan Qatar terus meningkat.

“Masih terbuka kesempatan yang luas bagi Indonesia dan Qatar untuk berkolaborasi di berbagai bidang,” tutur Ridwan seperti disampaikan melalui keterangan tertulis KBRI Doha, Kamis, dalam rangka HUT ke-77 RI.

Peringatan HUT RI di KBRI Doha diikuti oleh sekitar 120 orang, yang diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera yang beranggotakan para pelajar Indonesia di Qatar.

Selain upacara bendera, rangkaian peringatan HUT RI di KBRI Doha juga diisi dengan acara pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah pemenang lomba.

Sebelumnya, KBRI Doha bersama masyarakat Indonesia telah menyelenggarakan serangkaian pertandingan dan lomba seperti boling, badminton, tenis meja, permainan tradisional, puisi, menggambar, dan konten video kemerdekaan.

Upacara bendera memperingati HUT ke-77 RI diselenggarakan di KBRI Doha, Qatar, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/HO-KBRI Doha)

Hubungan RI-Qatar

Qatar membuka kedutaannya di Jakarta pada November 1997, sedangkan Indonesia membuka kedutaannya di Doha pada 22 Juni 1999.

Selama bertahun-tahun, Indonesia dan Qatar menikmati hubungan yang baik di berbagai bidang.

Kerja sama di bidang politik misalnya, telah diwujudkan antara lain melalui kerja sama di bidang pertahanan dan kerja sama dalam mendorong proses perdamaian di Afghanistan.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, kedua negara juga berbagi kemitraan yang saling menguntungkan. Total perdagangan bilateral antara Qatar dan Indonesia pada 2021 mencapai 893 juta dolar AS (sekitar Rp13,19 triliun).

Ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar 217,2 juta dolar AS (sekitar Rp3,2 triliun) dan impor sebesar 189,2 juta dolar AS (sekitar Rp2,8 triliun), sehingga Indonesia mengalami surplus 28 juta dolar AS (sekitar Rp413,8 miliar).

Sedangkan impor produk migas Indonesia dari Qatar sebesar 486,5 juta dolar AS (sekitar Rp7,2 triliun).

Pada periode Januari-Mei 2022, total perdagangan meningkat 27,14 persen menjadi 514,5 juta dolar AS (sekira Rp7,6 triliun) dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar 100,6 juta dolar AS (sekira Rp1,5 triliun) atau naik 51,20 persen dibandingkan periode yang sama.

Di bidang sosial budaya, kerja sama Indonesia dan Qatar memasuki babak baru dengan terpilihnya Indonesia sebagai negara mitra Qatar Year of Culture 2023. Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang terpilih sebagai negara mitra acara bergengsi tersebut.

Tahun ini Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia dan Indonesia merupakan Presiden G20.

Baca juga: Pelajar asal Indonesia raih penghargaan di Qatar
Baca juga: Kemlu RI dorong peningkatan investasi Qatar di Indonesia

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->