KBRI Sarajevo dorong peningkatan kerja sama Indonesia-Bosnia

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – KBRI Sarajevo mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dan pariwisata bilateral Indonesia-Bosnia dan Herzegovina melalui Indonesian Weekend 2022.

Upaya itu  menjadi kontribusi dalam perbaikan kondisi perekonomian pascapandemi COVID-19 untuk kedua negara, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Sarajevo yang diterima di Jakarta, Selasa.

Indonezijski Vikend 2022 atau Indonesian Weekend 2022 digelar selama dua hari mulai Jumat, 29 Agustus 2022 di pelataran BBI Centar, Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina.

Ajang festival yang baru diselenggarakan pertama kali di kota Sarajevo tersebut membawakan sensasi lengkap pengalaman Indonesia kepada penduduk Sarajevo melalui kuliner, produk kopi dan Indomie, perawatan tubuh pijat tradisional ala Indonesia, hingga penampilan tari dan permainan musik ansamble angklung.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar LBBP RI, Dubes Roem Kono, dan Wali Kota Sarajevo, Dr. Benjamina Karic, tersebut memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mengikuti beragam permainan tradisional seperti lomba bakiak, balap sendok kelereng, lomba memasukkan pensil ke dalam botol dan joget rebut kursi.

Melengkapi aktivitas di lokasi, pengunjung juga dihibur dengan berbagai penampilan kesenian yang menampilkan kesenian dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari musik angklung Jawa Barat, tari Sekar Jagad dari Bali, tari Indang dari Sumatera Barat, hingga tari Poco-Poco dari Sulawesi Utara.

Dalam kegiatan ini, KBRI Sarajevo juga menggandeng mitra dari Sundara Spa dam M97 Travel.

Sundara Spa adalah salah satu usaha milik diaspora Indonesia yang bergerak di bidang perawatan tubuh dengan menggunakan produk dan teknik asli dari Indonesia satu-satunya di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina.

Sementara M97 Travel adalah salah satu operator tur lokal yang menawarkan paket wisata ke Indonesia.

M97 Travel menyediakan hadiah dua tiket pesawat maskapai Turkish Airlines tujuan Sarajevo-Denpasar pp yang diundi untuk pengunjung yang datang ke lokasi kegiatan.

Kegiatan Indonesian Weekend 2022 juga menjadi ajang pamer produk ekspor unggulan Indonesia kepada masyarakat Bosnia dan Herzegovina, khususnya para pengusaha dan pelaku bisnis di kota Sarajevo.

Di samping itu, KBRI Sarajevo juga memanfaatkan kegiatan Indonesian Weekend 2022 ini untuk lebih menggaungkan kiprah Indonesia yang pada 2022 menjabat sebagai Presidensi G20.

G20 adalah sebuah forum koordinasi kebijakan global yang berkeinginan mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif.

Sebagai pemangku Presidensi G20 pada tahun 2022 ini, Indonesia mengangkat tema besar Recover Together, Recover Stronger dengan 3 pilar isu: (1) global arsitektur kesehatan; (2) transformasi digital ; dan (3) transisi energi berkelanjutan.

Kuis trivia akan diberikan kepada pengunjung untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai G20 dan Presidensi Indonesia.

Baca juga: Indonesia dorong peningkatan perdagangan dengan Bosnia dan Herzegovina
Baca juga: Indonesia berkomitmen tingkatkan kerja sama bilateral dengan Bosnia-Herzegovina

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->