[gtranslate]

KJRI Johor Bahru jembatani Pemkab Lingga tarik investor Malaysia

  • Share
Kuala Lumpur (ANTARA) – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru menjembatani Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga untuk dapat menarik investor dari Malaysia.

Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KJRI Johor Bahru Mohamad Rizali Noor di Johor Bahru, Minggu, mengatakan diskusi terbatas antara Konjen RI Johor Bahru Sigit S Widiyanto dengan Bupati Lingga M Nizar sudah dilakukan pekan lalu di sela-sela kunjungan kerja menghadiri peringatan hari jadi ke-19 Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga, menurut Rizali, meminta dukungan dan fasilitasi KJRI untuk dapat mendorong pebisnis dan wisatawan Malaysia untuk berinvestasi serta mengunjungi kabupaten tersebut yang memiliki potensi besar di bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Dalam bidang ekonomi, kabupaten yang ada di Kepulauan Riau tersebut memiliki potensi di sektor perikanan dan tambang, khususnya pasir silika. Sedangkan untuk bidang sosial dan budaya, kabupaten tersebut akan mempromosikan potensi warisan budaya Melayu.

KJRI Johor Bahru akan membantu mencarikan calon pembeli ataupun investor dan secara paralel dan Pemkab Lingga akan memastikan perizinan ekspor perusahaan dan ketersediaan pasir silika agar sesuai dengan kebutuhan ekspor.

Sedangkan terkait kebudayaan, Kabupaten Lingga menurut rencana akan menyelenggarakan Festival Malam Budaya yang akan mengundang Warisan Budaya Johor dan penggiat serta penikmat budaya lainnya untuk membantu mempromosikan warisan budaya Melayu Lingga.

Konektivitas Johor-Lingga juga menjadi pembahasan dalam pertemuan Konjen RI Sigit dengan Bupati Nazir. Pemkab juga meminta bantuan KJRI Johor Bahru dalam penjajakan pembukaan jalur Pelabuhan Sei Tenam (Lingga) dengan Pasir Gudang (Johor).

Kabupaten Lingga dengan Johor mempunyai kedekatan historis yaitu pada masa Negara Kesultanan Johor-Pahang-Riau-Lingga. Kedekatan tersebut menjadi bekal untuk meningkatkan kerja sama kedua wilayah di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Sebagai tindak lanjut kunjungan ke Lingga, 23 November 2022, KJRI Johor Bahru telah melakukan pertemuan dengan pihak Iskandar Regional Development Authority (IRDA), yaitu otoritas pengelola wilayah ekonomi khusus Iskandar di Johor Bahru.

Menurut Rizali, agenda utama pertemuan tersebut adalah untuk menjajaki peluang kerja sama Lingga dengan Johor, khususnya Daerah Iskandar, serta terkait pembangunan konektivitas Lingga-Johor.

Pihak IRDA, juga telah menyampaikan minatnya untuk berkunjung langsung ke Kabupaten Lingga guna berdiskusi lebih lanjut.

Baca juga: KJRI Johor Bahru jembatani IKM Tanjung Pinang dan koperasi Malaysia
Baca juga: KJRI Johor Bahru ajak Malaysia pererat hubungan di resepsi diplomatik
Baca juga: KJRI Johor Bahru dan UM Palembang fasilitasi pendidikan anak PMI

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Share

Leave a Reply

-->