Pejabat senior China, AS gelar pembicaraan via video bahas isu ekonomi

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Wakil Perdana Menteri China Liu He menggelar pembicaraan via video dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen atas permintaan Yellen pada Selasa (5/7) pagi waktu Beijing untuk membahas sejumlah isu ekonomi.

Liu He adalah anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) sekaligus ketua dialog ekonomi komprehensif China-Amerika Serikat dari pihak China.

Kedua pihak bertukar pandangan secara pragmatis tentang sejumlah topik ekonomi, seperti situasi makroekonomi global serta kestabilan rantai industri dan pasokan global. Pembicaraan di antara keduanya bersifat konstruktif, seperti dilaporkan Xinhua.

Kedua pihak sepakat bahwa pada saat perekonomian dunia menghadapi berbagai tantangan berat, sangatlah penting untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi kebijakan makro antara China dan AS.

Selain itu, pemerintah kedua negara sepakat untuk menjaga kestabilan rantai industri dan pasokan global secara bersama-sama yang akan menguntungkan China dan AS sekaligus seluruh dunia.

Pihak China mengungkapkan perhatiannya tentang sejumlah isu, termasuk pencabutan tarif tambahan terhadap China dan sanksi-sanksi oleh pihak AS, serta perlakuan yang adil terhadap perusahaan-perusahaan China.

Kedua pihak juga sepakat untuk menjaga komunikasi terus berjalan baik.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->