Apa Manfaat Siaran TV Analog Dimatikan Bagi Indonesia?

  • Bagikan
finroll apa manfaat siaran tv analog dimatikan bagi indonesia
finroll apa manfaat siaran tv analog dimatikan bagi indonesia

Sejak tahun lalu dan sepanjang 2021, pemerintah melalui Kementerian Kominfo terus melakukan sosialisasi program Analog Switch Off atau migrasi siaran tv analog ke tv digital. Termasuk manfaat siaran TV digital bagi masyarakat nantinya.

Menteri Kominfo, Johnny Plate Juli lalu mengatakan migrasi TV digital memberikan manfaat untuk pemerintah dan masyarakat. Salah satunya penghematan dan penggunaan pita frekuensi 700 MHz, yang bisa dimanfaatkan untuk layanan telekomunikasi seluler.

“Implementasi sistem penyiaran digital akan menghasilkan efisiensi spektrum radio pada pita frekuensi 700 MHz atau umumnya dikenal sebagai digital dividend. Kita semua telah ketahui yang saat ini (pita frekuensi 700 MHz) seluruhnya digunakan hanya untuk siaran televisi analog,” jelas Johnny, dikutip Selasa (28/12/2021).

Mengutip data dari Boston Consultant Group Tahun 2017, Johnny mengatakan estimasi multiplier effect dari migrasi siaran ini akan sangat besar. Termasuk adanya kenaikan PDB Rp 443 triliun, pajak Rp 77 triliun dan penciptaan lapangan kerja lebih dari 230 ribu lapangan baru serta 181 ribu unit usaha baru.

Saat Webinar Sosialisasi TV Digital 2021 pada Juli lalu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ahmad Ramli mengatakan siaran televisi akan lebih bersih. Selain juga dapat menikmati siaran canggih dan berkualitas.

“Tentunya pertama masyarakat akan bisa menikmati siaran yang lebih bersih, canggih dan juga lebih berkualitas,” kata Ramli, dalam Webinar Sosialisasi TV Digital 2021.

Tayangan TV pun akan memiliki siaran yang lebih banyak dan beragam setelah pindah ke siaran TV digital.

Untuk mendapatkan siaran TV digital, masyarakat tidak perlu mengganti perangkat TV. Hanya memerlukan set top box (STB) yang dipasang dengan TV masing-masing.

Masyarakat miskin akan mendapatkan STB tv digital gratis dari pemerintah. Hingga saat ini mekanisme pemberiannya masih digodok. Harga STB tv digital di pasaran sekitar Rp 200 ribu. Sejauh ini ada 44,6 juta pesawat TV analog di Indonesia.

Sumber : cnbcindonesia.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->