Kamis, 29 Agustus 2019

Apple Diduga ‘Nguping’ Percakapan Pengguna Pakai Siri


Finroll.com – Raksasa teknologi Apple ketahuan diam-diam ‘menguping’ percakapan melalui gadget dan layanannya yang memiliki fitur asisten digital Siri. Fakta tersebut diungkap oleh para pekerja yang bekerja di Cork, Irlandia, seperti dilaporkan The Irish Examiner.

Apple disebut membayar kontraktor dari GlobeTech untuk mendengarkan dan menyalin klip audio dalam percakapan yang didengar lewat Siri. Pegawai kontraktor itu mencatat setidaknya ada 1.000 rekaman yang didengarkan Siri setiap harinya.
“Rekaman itu berdurasi sekitar beberapa detik, kadang-kadang kita juga mendengar percakapan soal data pribadi,” kata salah satu pegawai tersebut.

Selain itu, pegawai dari perusahaan kontraktor lain yang beroperasi di kota Cork, Irlandia, menyebut sebagian besar pengguna beraksen Kanada, Australia, dan Inggris. Meskipun begitu, mereka mengaku bahwa percakapan yang didengar hanya dalam durasi yang sebentar.

“Saya mengerti alasan mengapa perusahaan melakukannya (mendengarkan percakapan Siri) dan saya juga bisa memaklumi mengapa banyak orang merasa itu adalah pelanggaran privasi karena mereka tidak diberitahu oleh perusahaan,” ujarnya, seperti dilansir The Irish Examiner.

Kabarnya, Apple telah memecat beberapa kontraktor dan menghentikan kegiatan tersebut. Baik Apple maupun GlobeTech tidak membantah bahwa terjadi pemecetan terkait hal ini.

Sebelumnya Apple mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan mitranya untuk terus meningkatkan kinerja Siri. Namun, Apple hingga saat ini belum memberikan komentar lebih lanjut terkait masalah tersebut.
Apple mengaku telah mengikuti jejak Facebook yang sudah tidak lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meninjau percakapan pengguna melalui speaker pintar.

Sebelumnya, Amazon juga sempat digugat karena dituduh menguping semua perintah pengguna terhadap asisten pintar Alexa. Sementara Google, hingga saat ini masih mengandalkan Google Assistant yang bisa beroperasi dalam berbagai bahasa

BACAAN TERKAIT