Rabu, 8 September 2021

Dalam Waktu Tonton Pengguna, Tiktok Ungguli Youtube


Aplikasi video pendek TikTok memiliki banyak pengguna dan semakin populer. Perusahaan analisis aplikasi App Annie melaporkan bahwa pengguna TikTok sekarang menghabiskan waktu lebih banyak menonton konten di platform tersebut daripada pengguna YouTube.

Di Amerika Serikat, aplikasi besutan ByteDance itu pertama kali melampaui YouTube pada Agustus tahun lalu dalam hal waktu rata-rata pengguna menonton. Dan pada Juni 2021 penggunanya menonton lebih dari 24 jam konten per bulan, dibandingkan dengan 22 jam dan 40 menit di platform video milik Google.

Di Inggris, perbedaannya bahkan lebih mencolok, TikTok menyalip YouTube pada Mei tahun lalu. Pengguna di sana kini dilaporkan menonton hampir 26 jam konten sebulan, dibandingkan dengan kurang dari 16 jam di YouTube.

Angka tersebut hanya mencakup penayangan di ponsel Android, jadi mungkin tidak mewakili pengguna ponsel secara keseluruhan. Namun angka itu menunjukkan sejauh mana kenaikan TikTok hanya dalam beberapa tahun. Bahkan, lebih mengesankan lagi mengingat sebagian besar videonya maksimum tiga menit, dibandingkan dengan format 10 menit yang disukai banyak YouTuber.

Belum lagi fakta bahwa untuk sebagian besar tahun 2020 TikTok menghadapi ancaman akan dilarang di Amerika di tengah-tengah negosiasi yang kacau, meskipun Presiden Joe Biden secara resmi mencabut perintah eksekutif Donald Trump awal tahun ini.

YouTube masih unggul dalam waktu yang dihabiskan secara keseluruhan. Hal itu tidak diragukan lagi karena dua miliar penggunanya dibandingkan dengan TikTok yang sekitar 700 juta, catat BBC News. Sekali lagi, tidak termasuk pengguna iOS dan pengguna aplikasi yang berganti nama menjadi Douyin di Cina.

YouTube masih nomor satu dalam hal waktu yang dihabiskan untuk ponsel Android di antara “Aplikasi Sosial dan Hiburan” pada paruh pertama tahun ini, dengan TikTok di nomor lima di belakang tiga aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Pengguna juga menghabiskan lebih banyak uang di YouTube daripada TikTok di iOS dan Android di seluruh dunia (tidak termasuk pengguna Android di Cina), menurut data App Annie.

Menurut App Annie, TikTok bisa mencapai kesuksesan itu karena video pendek, konten otentik, dan streaming langsung. Jadi, tidak mengherankan jika YouTube mencoba meniru format video pendek TikTok dengan meluncurkan YouTube Shorts-nya sendiri.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT