Sabtu, 14 September 2019

Dokter Jelaskan Hasil USG yang Tampilkan Sosok Bayi Iblis


Seorang ibu muda dari Richmond, Virginia, Amerika Serikat, tak tahu harus bereaksi seperti apa ketika pertama kali melihat wajah buah hatinya saat di teropong lewat ultrasonografi (USG). Iyanna Carrington semula hanya ingin mengetahui jenis kelamin bayinya setelah sebelumnya dikaruniai dua anak laki-laki.

Carrington kaget luar biasa ketika mendapati jabang bayinya seperti sedang menatap balik dirinya dan tenaga kesehatan yang melakukan USG. Tatapannya laksana “setan”.

“Saya bilang, dia terlihat seperti hantu. Aneh banget tampangnya, tetapi dokter bilang itu sangat normal” kata Carrington kepada Kennedy News and Media, seperti dilansir Fox News.

Kekagetan Carrington perlahan sirna ketika dia dan sang suami mendengar penjelasan dokter soal penampakan bayinya di USG. Menurut dokter, penampakan semacam itu normal saja, meski tampak “menyeramkan”.

“Aku sayang banget sama “bayi setan” ini dan yakin dia akan tumbuh menjadi gadis yang cantik,” tulis Carrington melengkapi unggahan foto USG anaknya yang ternyata berjenis kelamin perempuan.

Postingan Carrington di media sosial Facebook pun menjadi viral pada Kamis. Namun, sebagian orang meragukan foto itu asli.

Apakah ada kemungkinan foto USG itu hasil editan atau itu sesuatu yang lazim? Republika.co.id pun menanyakannya kepada dr Taufik Jamaan SpOG.

Saat melakukan USG, Taufik mengaku sering melihat penampakan bayi seperti anak Carrington. Hasil USG yang tampak “menyeramkan” itu sesungguhnya bukan fenomena yang aneh.

“Itu normal,” ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSIA Bunda Menteng, Jakarta.

Taufik menjelaskan, foto bayi Carrington berasal dari USG dua dimensi. Alhasil, yang terlihat memang struktur tulangnnya saja. “Tak heran kalau rongga matanya saja yang tampak,” ungkap Taufik.

CIMB NIAGA

Berbeda halnya jika Carrington menjalani USG empat dimensi. Menurut Taufik, dengan USG 4D, akan terlihat penampakan janin yang lebih detail, lengkap dengan kulitnya. Jadi, jangan khawatir ya, moms, kalau menemukan penampakan serupa saat USG!

BACAAN TERKAIT