Sabtu, 20 Februari 2021

Fitur Dalam Android 11 yang Semakin Canggih


Google mengumumkan sistem operasi (OS) Android 11 resmi meluncur. Google memberikan pembaruan OS yang akan memudahkan pengguna untuk berkomunikasi, mengontrol perangkat dan media yang terkoneksi, serta mengendalikan privasi data.

“Android 11 telah tiba. Peluncuran terbaru ini segalanya untuk membantu Anda mendapatkan kemudahan mengatur percakapan, perangkat yang terkoneksi, privasi, dan masih banyak lagi,” kata VP Android Engineering Dave Burke.

finroll android11

Kemudahan Chatting Dalam Android 11

Di Android 11, percakapan di seluruh aplikasi perpesanan akan dipindahkan ke ruang khusus di bagian notifikasi. Fitur ini akan membuat pengguna untuk mengelola percakapan  di satu tempat. Pengguna  juga dapat memprioritaskan percakapan dari orang-orang penting sehingga pengguna tidak akan pernah melewatkan pesan penting.

Panel notifikasi sekarang memiliki bagian ‘Percakapan’ untuk pesan langsung, aplikasi dapat membuat Gelembung untuk akses cepat ke chat. Rekaman layar bawaan juga tersedia didalam Android 11. Pengguna bisa dengan mudah merekam layar dengan suara dari mikrofon tanpa aplikasi tambahan.

“Gelembung membuat multitasking pada perangkat Anda sangat mudah. Anda sekarang dapat menanggapi percakapan penting tanpa harus beralih antara apa yang Anda lakukan dan aplikasi perpesanan Anda,” kata Burke.

Dengan menggunakan Android 11, pengguna dapat mengakses semua perangkat pintar di satu tempat. Pengguna tinggal menekan lama tombol daya dan bisa mengontrol perangkat pintar lainnya tanpa aplikasi tambahan.

Cara Baru Mengontrol Perangkat dan Media yang Terhubung Dalam Android 11

Kontrol media juga telah didesain ulang dalam Android 11.

Pengguna  dapat dengan cepat mengganti perangkat yang sedang diputar media anda, sehingga pengguna dapat memutar musik dari headphone ke speaker tanpa henti.

Android Auto sekarang bekerja secara nirkabel untuk semua ponsel yang menjalankan Android 11 selama pengguna memiliki kendaraan yang kompatibel. 

“Jadi anda dapat memaksimalkan ponsel Anda di setiap perjalanan sambil melewatkan kabel dapatkan petunjuk arah dengan satu ketukan, bicara untuk mengirim SMS, putar media favorit, dan dapatkan bantuan dari Asisten Google,” ujar Burke.

Peningkatan Kontrol Privasi Dalam Android 11

Fitur izin satu kali akan memungkinkan Anda memberikan akses sekali pakai ke izin Anda yang paling sensitif: mikrofon, kamera, dan lokasi. Saat berikutnya aplikasi memerlukan akses ke tiga fitur itu, aplikasi harus meminta izin Anda lagi. Android akan memberikan notifikasi apabila anda telah lama tidak menggunakan suatu aplikasi. Pengguna diberikan pilihan untuk untuk memberi kembali izin aplikasi saat berikutnya Anda menggunakan aplikasi.

Jababeka industrial Estate

Dilansir dari Android Police, Android 11 akan mulai diluncurkan untuk semua perangkat Pixel, kecuali model dari 2016. Google juga mengatakan perangkat OnePlus, Xiaomi, Oppo dan Realme juga akan segera mendapatkan versi Android 11.

(Sumber: cnnindonesia.com)

BACAAN TERKAIT