Kamis, 18 Juni 2020

Fortuner Baru Meluncur di Thailand, Indonesia Belum Pasti


Finroll.com, Jakarta – Toyota di Indonesia diprediksi bakal merilis pembaruan Fortuner usai Thailand meluncurkan versi terbarunya pada 4 Juni. Meski demikian Toyota Astra Motor (TAM) masih menyimpan rapat informasi soal rencana peluncuran SUV medium itu.

Pihak TAM berulang kali tak memberikan jawaban pasti saat ditanya soal jadwal peluncuran Fortuner facelift. Meski begitu TAM mengakui produk baru merupakan salah satu cara menyegarkan minat beli masyarakat yang turun imbas pandemi virus corona (Covid-19).

Toyota Fortuner Legender. (Dok. Toyota Thailand)

“Soal mobil baru, terus terang saya belum bisa memberi komentar terlalu banyak mengenai produk baru apalagi soal produk baru di negara lain Thailand,” kata Direktur Pemasaran Anton Jimmi dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Anton mengatakan pengembangan produk Toyota terus dilakukan di Indonesia kendati situasi dalam negeri sedang sulit. TAM saat ini mengalami penurunan penjualan retail mobil baru pada tahun ini dari level 23 ribuan menjadi 17.787 unit pada Maret, 8.443 unit pada April, dan 6.727 unit pada Mei.

“Tapi intinya para konsumen tak perlu khawatir Toyota dengan kondisi saat ini semua development sampai launching, dan studi produk berjalan terus. Karena kami yakin Covid ini tak akan berlangsung terus menerus,” ucap dia.

Anton memastikan TAM tetap akan meluncurkan produk baru, namun tak menyampaikan kerangka waktunya.

“Soal menstimulus market kami tetap akan meluncurkan produk baru, tapi tunggu tanggal mainnya dan produknya seprti apa,” ucap Anton.

Indonesia dan Thailand merupakan produsen Fortuner di negara masing-masing. Fortuner buatan Indonesia bukan cuma ditujukan untuk penjualan di dalam negeri, melainkan ekspor ke berbagai negara termasuk di Asia Tenggara dan daratan Arab.

Sementara Thailand memproduksi Fortuner untuk kebutuhan domestik dan juga ekspor ke negara selain tujuan Indonesia.

Toyota Fortuner yang saat ini dijual di Indonesia. (Dok. Toyota Astra Motor)

Fortuner terbaru versi Thailand telah hadir dengan sejumlah ubahan, terutama pada eskterior bagian depan dan tambahan tenaga pada sektor mesin. Fortuner di Thailand kini ditawarkan dalam tiga varian dengan pilihan mesin 2.400 cc dan varian baru bernama Legender yang tersedia dengan opsi mesin 2.400 cc dan 2.800 cc.

CIMB NIAGA

Semua varian hanya tersedia dalam transmisi otomatis dan tak ada TRD Sportivo. Selain ubahan desain wajah dan peningkatan tenaga, sistem hiburan juga sudah diupgrade misalnya penambahan Apple CarPlay dan cas ponsel tanpa kabel.

Sedangkan Legender mendapatkan penerangan LED, satu sentuhan melipat jok baris kedua, pelapis permukaan lembut, dual-zone automatic climate control, dan membuka pintu belakang lewat gerakan kaki.

Sebelum Fortuner, saingannya yaitu Mitsubishi Pajero Sport juga sudah mengalami ubahan terutama bagian ‘wajah’ yang kini menggunakan identitas Mitsubishi, Dynamic Shield. Pajero Sport baru di Thailand meluncur pada 2019, namun sampai saat ini belum diperkenalkan ke Indonesia.(cnnindonesia.com)

BACAAN TERKAIT