Kamis, 14 Maret 2019

Gangguan Ini Penyebab Downnya Facebook, Instagram, WhatsApp!


Facebook mengakui sejumlah layanannya mengalami masalah. Sejak semalam pengguna di berbagai belahan dunia mengeluhkan kesulitan akses ke Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Finroll.com – Hingga saat ini (14/3/2018 pukul 7:20), kedua jejaring sosial yang berada dalam satu induk tersebut terpantau masih belum bisa dioperasikan. Anda masih bisa membuka kedua platform tersebut, namun posting terakhir adalah beberapa jam yang lalu. Beberapa masalah juga ditemui ketika menggunakan fitur-fitur FB dan IG, seperti Messenger, posting feed di Facebook dan Instagram, bahkan update Story di WhatsApp.

Bahkan melansir The Verge, Oculus VR yang dimiliki Facebook juga sempat down. Begitu juga fitur Facebook Ad. Hal ini sama seperti WhatsApp, juga anak perusahaan Facebook, juga terdampak meskipun cukup minor di aspek Story.

Twitter pun kembali menjadi pelarian para pengguna Instagram. Saking banyaknya yang curhat, tagar #instagramdown yang memuncaki trending topic Twitter di Indonesia maupun dunia.

Mayoritas pengguna mengeluhkan feeds dan story tidak update. Pengguna juga tidak bisa memposting di kedua layanan tersebut. Hingga berita ini tayang, Instagram masih bermasalah.

Lewat akun Twitternya, Facebook telah mengonfirmasi bahwa terdapat adanya gangguan yang menyebabkan pengguna kesulitan mengakses sejumlah layanannya. Merekapun tengah berupaya untuk segera mengatasinya secepat mungkin.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses kumpulan aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin,” kata Facebook.

“Fokus kami menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin. Tapi kami konfirmasikan masalah ini tidak terkait serangan DDoS,” Lanjutnya.

Pantauan dari laman Downdetector, masalah akses Instragam dan Facebook mulai dilaporkan pengguna sejak semalam (13/3/2019) pukul 23.00 WIB. Puncaknya pada jam 02.00 WIB (14/3/2019), di mana 18 ribu laporan terpantau.

CIMB NIAGA

Kebanyakan pengguna melaporkan tidak bisa memperbarui feed. Selain itu mereka tidak bisa log-in dan mengakses website Facebook maupun Instagram.

Gangguan seperti ini sejatinya juga pernah terjadi pada 2017 lalu. Ketika itu sejumlah pengguna melaporkan tidak dapat mengakses aplikasi dan tak dapat berkirim pesan satu sama lain.

BACAAN TERKAIT