Jumat, 12 Maret 2021

Gemscool Resmi Tutup Semua Layanannya Akhir Bulan Maret


Jakarta – Bisnis video game di dunia memang sudah sangat maju dengan ragam toko online dan layanan terbaiknya. Tak hanya platform seperti Steam, GOG, PlayStation, Epic Games Store, Origin, dan Microsoft Store, developer dan publisher juga kerap membuat launcher sendiri untuk setiap gamenya di toko atau website resminya masing-masing.

Berdiri sejak 2008

Gemscool adalah salah satu publisher game online terbesar di Indonesia di bawah naungan PT Kreon. Gemscool = Game is cool!
Sejak pertama launching pada Agustus 2008, Gemscool segera menjadi portal game pertama dan no. 1 di Indonesia. Sejak berdirinya Gemscool, kami telah banyak melakukan inovasi dengan membawa masuk sejumlah game global yang popular ke Indonesia. Sebelumnya, kami pun melakukan rangkaian analisa dan survei lapangan sebelum membawa game-game tersebut masuk ke Indonesia.

Indonesia sendiri dulu sempat berjaya dengan kehadiran game import asal Korea Selatan yang ditangani publisher-publisher ternama. Sebut saja LYTO, Megaxus, hingga Gemscool. Game yang mereka import kebanyakan digandrungi pecinta warnet yang sekaligus menjadi masa keemasan bisnis warnet di Indonesia.

Sayangnya karena beberapa sebab, satu-persatu publisher gugur karena tak mampu bersaing. Terlebih dengan hadirnya perusahaan luar negeri super kuat yang mulai membuka bisnis mereka di sini. Belum termasuk kuatnya dominasi pasar mobile gaming yang kini dinaungi oleh publisher luar negeri dan Google.

Mereka yang masih bertahan hanya yang mampu mengikuti perubahan. Sebut saja Garena, LYTO, Megaxus, dan Gemscool. Namun kali ini salah satu dari mereka harus ikut gugur akhir bulan ini.

Pengumuman

Gemscool Server Close Notice
Gemscool Server Close Notice

Melalui laman utama website resminya, Gemscool.com mengumumkan bahwa mereka resmi menutup semua servisnya akhir bulan Maret 2021, tepatnya tanggal 31 Maret 2021. Sayangnya tidak ada kejelasan untuk alasan penutupan mereka. Pihak Gemscool sendiri tidak mencantumkan detil berita penutupan tersebut karena tombol “Selengkapnya” yang terpampang hanya tuju laman utama mereka saja.

Gemscool merupakan publisher asal Indonesia yang sempat melejit namanya berkat game shooter yang mereka import, Point Blank. Sejak saat itu mereka mencoba untuk gaet ragam game seperti Tree of Savior, Atlantica, Mako Online, hingga yang sempat kembali populerkan nama mereka Lost Saga.

Sayangnya, servis mereka tak bertahan lama sejak para gamer baru mulai meninggalkan para publisher lokal dan lebih menikmati gamenya via Steam, PlayStation, hingga mobile. Kini mereka benar-benar resmi akan menutup semua servisnya akhir bulan Maret 2021.

Sumber : Gamebrott.com


Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT