Senin, 25 Januari 2021

HarmonyOS 2.0 Beta Sudah Tersedia untuk Huawei P30 dan Mate 30 Pro 5G


Huawei resmi merilis sistem operasi HarmonyOS 2.0 versi beta, yang mendukung smartphone. Peluncuran sistem operasi baru ini bakal memulai debutnya pada perangkat smart TV.

Mengutip GSM Arena, Kamis (17/12/2020), HarmonyOS dapat berjalan di beberapa smartphone seperti Huawei P40, P40 Pro, Mate 30, dan Mate 30 Pro. Sistem operasi ini juga bisa digunakan di perangkat tablet MatePad Pro.

HarmonyOS sendiri dirancang untuk konsep Internet of Everything (IoT). Nantinya, beberapa aplikasi bakal berjalan di perangkat cerdas seperti ponsel, tablet, mobil, dan perangkat lain yang memiliki layar.

Huawei memberi dua opsi kepada para pengembang untuk mendapatkan versi beta HarmonyOS 2.0 beta. Pertama, pengembang bisa menggunakan simulator jarak jauh di Huawei DevEco Studio dengan mengunduh versi DevEco Studio 2.0 Beta3 dari situs HarmonyOS.

Kedua, pengguna bisa menggunakan OTA (Over The Air) dengan cara mendaftar terlebih dulu. Setelah disetujui, pengembang akan menerima email beta publik resmi dari Huawei.

Saat dites, sistem operasi ini ternyata dapat menjalankan aplikasi Android dengan baik. Meski sudah mendukung, Huawei disinyalir tidak hanya mengandalkan aplikasi dari Android.

Mereka mengumumkan kompetisi kepada para pengembang untuk meluncurkan aplikasi baru di Harmony dengan hadiah senilai 1,5 juta yuan atau setara Rp 3,2 miliar. Huawei juga merilis emulator IDE plus untuk developer agar pengujian lebih mudah.

Versi beta dari sistem operasi Huawei, HarmonyOS 2.0, telah mulai diluncurkan ke sejumlah perangkat, termasuk Huawei P30 dan Mate 30 Pro 5G.

Jika antarmukanya tampak familiar, ini karena EMUI 11 dikembangkan dengan mempertimbangkan Harmony dan Android. Selain itu, OS internal Huawei mendukung penuh aplikasi Android, jadi segala aplikasi dari App Gallery seharusnya berfungsi.

Posting terbaru di Weibo dari tim yang menjalankan firmware baru menunjukkan HarmonyOS tidak berbasis Android, meskipun ada laporan menyatakan sebaliknya, sebelumnya. Itu memang memiliki layer kompatibilitas Android, yang mengaburkan perbedaannya.

OpenHarmony, inti open source dari OS, dihosting di Gitee, alternatif China untuk GitHub milik Microsoft. Selain itu, OS merupakan bagian dari OpenAtom Foundation, yang memiliki Huawei sebagai investor platinum, bersama Tencent, Baidu, Alibaba, dan lainnya.

Jababeka industrial Estate

Ini mencerminkan tim Open Handset Alliance, yang bertanggung jawab mengembangkan OS Android.

Saat ini, Harmony OS 2.0 beta sudah bisa berjalan di beberapa perangkat yang memenuhi syarat.

Sumber : selular.id

BACAAN TERKAIT