Selasa, 2 Maret 2021

Keuntungan dari Mouse Wireless


Tak lengkap rasanya jika mengoperasikan komputer tanpa dibantu dengan perangkat kecil bernama mouse. Mouse meskipun kecil namun memiliki andil yang besar terhadap penggunaan komputer agar bisa dipakai secara optimal.

Mouse sendiri merupakan perangkat keras yang dioperasikan dengan cara menghubungkan kabel yang terdapat pada mouse dengan perangkat komputer melalui port USB pada CPU. Mouse bertindak sebagai alat yang menggerakan kursor di dalam monitor sehingga bisa melakukan perintah pengguna, seperti membuka aplikasi, menutup, menyetujui, menolak, mengopi, menyalin, dan banyak hal lainnya.

Kini mouse Wireless diproduksi tanpa menggunakan kabel

Adanya Mouse Wireless, mouse dengan kabel hingga saat ini masih tetap diproduksi

finroll mouse

Kehadiran kabel yang menempel pada mouse dianggap mengganggu dan memperlambat proses kerja pengguna dengan komputer. Itulah yang banyak menjadi alasan mengapa ramai-ramai orang lebih memilih menggunakan mouse tanpa kabel atau wireless pada masa sekarang.

Selain masalah kenyamanan ada beberapa keunggulan lainnya yang dimiliki mouse wireless jika dibandingkan dengan mouse dengan kabel. Apa saja itu? Berikut uraiannya.

  1. Ruang Lebih Lapang

Keberadaan kabel sebagai penghubung mouse dengan perangkat komputer atau laptop membuat ruang gerak menjadi sempit. Apa lagi kabel mouse biasanya berukuran pendek sehingga gerakan mouse terbatas di area tersebut. Lilitan kabel di seputaran komputer juga sangat mengganggu.
Pengguna juga harus terlebih dahulu mengatur posisi kabel apabila ada kabel yang lilitannya belum benar-benar terbuka.
Sementara mouse tanpa kabel tentu bisa diposisikan di mana saja dengan jarak yang bisa disesuaikan.
Penggunaan mouse wireless lebih baik untuk kegiatan komputasi terutama aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan dari mouse, seperti desain dan gaming.

2. Teknologi Mumpuni dengan Bluetooth, RF, dan Infrared

Kelebihan mouse tanpa kabel juga adalah pengguunaan teknologi untuk menghubungkannya dengan perangkat komputer. Awal sekali mouse wireless dikoneksikan dengan infrared, namun kini sebagaian besar atau hampir keseluruhan mouse wireless menggunakan bluetooth dan radio frekuensi (RF) sebagai koneksinya karena mempunyai signal yang lebih kuat dan panjang. Sementara mouse kabel tentu masih menggunakan koneksi via colokan USB.

3. Desain Lebih Baik

Mouse wireless didesain dengan model yang jauh lebih keren dari pada mouse kabel. Mouse kabel kebanyakan masih terpaku dengan model lama yang monoton dan biasanya warna yang dimiliki juga tidak banyak perubahan. Lain halnya dengan mouse wireless yang memiliki aneka bentuk dan warna yang mengikuti tren dan perubahan jaman.

4. Mudah dibawa

CIMB NIAGA

Bagi anda yang pekerjaannya banyak dihabiskan di luar ruangan dan menggunakan laptop, mouse wireless menjadi pilihan yang tepat karena mudah untuk dibawa kemana saja saat bekerja. Selain itu tidak dibutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya. Lain halnya jika menggunakan mouse kabel, sebab pengguna harus menggulung kabel dengan rapi sebelum memasukannya ke dalam tas. Jika mouse kabel dimasukan kurang hati-hati bisa saja bagian dalam kabel putus karena digulung asal-asalan. Jika kabel putus otomatis mouse tidak dapat dipergunakan lagi.

Itulah 4 kelebihan dari mouse wireless bila dibandingkan dengan mouse kabel. Artikel ini hanya sekedar memberikan gambaran bagi anda. Meskipun di sisi lain mouse wireless juga memiliki beberapa kendala saat digunakan seperti kurang sensitif dibanding mouse kabel. Pada akhirnya semua kembali kepada anda, entah mouse wireless atau kabel keduanya juga sama-sama baik.

( Sumber : BeritaTeknologi.com )

BACAAN TERKAIT