Rabu, 29 September 2021

Memori HP Penuh, Cara Akses Pedulilindungi Tanpa Aplikasi


Fitur dan data di PeduliLindungi bisa diakses tanpa harus menginstal aplikasi baru jika memori handphone (hp) pengguna sudah penuh.
Apalagi saat ini fitur-fitur pada Pedulilindungi semakin sering digunakan untuk berbagai syarat memasuki area publik seperti pusat perbelanjaan, bioskop sampai stasiun.

Namun masih terdapat kendala pada masyarakat sehingga tidak bisa menginstal aplikasi tersebut pada smartphone mereka. Salah satu kendalanya adalah kapasitas memori yang penuh sehingga tidak ada ruang untuk menginstal PeduliLindungi.

Meski demikian masyarakat masih bisa mengakses PeduliLindungi tanpa harus menginstalnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengakses PeduliLindungi tanpa instal aplikasi.

Cara akses sertifikat vaksin tanpa aplikasi Pedulilindungi
Tanpa harus menginstal aplikasi PeduliLindungi, masyarakat masih bisa mengakses sertifikat vaksin lewat situs web resmi PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id/

Sedangkan jika masyarakat ingin menampilkan sertifikat vaksin di situs ini, maka harus login terlebih dulu. Karena, apabila Anda langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal situs ini tanpa login, maka data yang ditampilkan tidak akurat.

Sebagai contoh, apabila masyarakat hanya tertulis sudah melakukan satu kali vaksin, padahal sudah selesai dua kali. Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.

Login sebaiknya menggunakan nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftar vaksin, atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi.

Setelah itu masukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor ponsel. Apabila Anda salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

  • Pilih Login/ Register di sudut kanan atas situs.
  • Apabila sudah memiliki akun, pilih Login sekarang. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun Di situs PeduliLindungi.
  • Lebih lanjut masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.
  • Jika sudah login, klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas
  • Setelah itu Anda dapat pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu “Sertifikat Vaksin”, lantas Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.
  • Cara download sertifikat vaksin tersebut dengan klik “Unduh Sertifikat” Untuk mencetak file unduhan yang ada di Galeri ponsel.
  • Selain itu Anda bisa dikirim via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang terhubung dengan printer

Selain lewat situs, pengguna juga bisa mengakses berbagai fitur yang ada di aplikasi Pedulilindungi lewat 11 aplikasi yang sudah ada di ponsel pengguna.
Sehingga, pengguna yang memiliki masalah keterbatasan memori hp tidak perlu memasang (instal) aplikasi PeduliLindungi secara terpisah.

Nantinya masyarakat dapat mengakses PeduliLindungi lewat 11 aplikasi lain yang telah terintegrasi dengan PeduliLindungi mulai Oktober 2021 mendatang.

Jababeka industrial Estate

Namun menurut Setiaji, Chief Digital Transformation Office Kemenkes integrasi ke-11 aplikasi ini tidak bisa menampilkan data sertifikat vaksin. Sehingga, jika pengguna ingin melihat sertifikat vaksin, perlu diakses lewat situs Pedulilindungi.

“Aplikasi lain baru untuk scan QR PL (Pedulilindungi) untuk masuk ke gedung,” jelasnya saat dihubungi, Rabu (29/9).

Sebanyak 11 aplikasi tersebut adalah:

Gojek,

Grab,

Tokopedia,

Tiket.com,

DANA,

Livin’ by Mandiri,

Traveloka,

Cinema XXI,

LinkAja!,

GOERS, dan

JAKI.

Setiaji menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan sejumlah aplikasi agar fitur-fitur di PeduliLindungi bisa digunakan di aplikasi-aplikasi tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi, berkolaborasi dengan platform-platform digital seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, bahkan pemerintah DKI [dengan JAKI], jadi tidak harus menggunakan PeduliLindungi, tapi anda bisa mendapatkan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi,” jelasnya dalam diskusi RCEE Working Group yang disiarkan lewat akun Youtube BNPB Indonesia, Jumat (24/9) lalu.

Dia menerangkan, langkah ini dilakukan pihaknya untuk menjawab keluhan masyarakat yang tidak bisa memasang PeduliLindungi di telepon selulernya.

“Nah ini menjawab tadi kalau ada orang punya handphone terus aplikasi enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan ini,” ujar Setiaji.

Sumber : Cnnindonesia.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT