Rabu, 24 Juni 2020

NASA Siapkan Misi ke Bulan Triton Milik Planet Neptunus


Finroll – Jakarta, Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan pihaknya tengah menyiapkan misi ke salah satu bulan milik planet Neptunus yaitu Bulan Triton.

Misi itu akan diluncurkan tahun 2026 saat posisi planet Jupiter, Neptunus, dan Bulan Triton berada di garis yang sama. NASA memberi nama misi ini dengan nama Trident.

Neptunus sendiri merupakan planet yang jarang dikunjungi. Bahkan, hanya satu pesawat ruang angkasa yang pernah mendarat di permukaan planet yaitu Voyager 2 tahun 1989.

“Triton merupakan salah satu Bulan paling menarik di tata surya. Saya selalu menyukai bidikan gambar dari Voyager 2 yaitu pemandangan bulan-bulan di Neptunus yang aneh,” kata Kepala Misi Utama Trident dari Lunar and Planetary Institute, Louise Prockter dikutip Phys.

Menurut Prockter, tujuan misi ke Bulan Triton untuk mengamati satelit selestial. Satelit ini ditugaskan untuk memahami penyebab gumpalan misterius yang muncul dari permukaan Bulan.

Bulan Triton dianggap aneh karena mengorbit di arah yang berlawanan, memiliki kemiringan orbit ekstrem, dan iklim yang terus berubah-ubah, seperti dilansir Fox News.

Selain itu, ionosfer Bulan Triton 10 kali lebih aktif dibanding bulan-bulan lainnya di antariksa. Menurut NASA, yang lebih aneh dari ionosfer Bulan ini adalah karena berisi partikel-partikel Matahari.

Sebetulnya pada April 2019, NASA sudah menggaungkan rencana mereka untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke Uranus dan Neptunus.

Para ilmuwan NASA di Jet Propulsion Laboratory (JPL) meyakini bahwa Bulan Triton memiliki lautan yang tersembunyi.

Selain misi Trident, ada tiga misi lainnya yang tengah digarap NASA yaitu misi untuk mempelajari atmosfer Venus, misi untuk mengamati aktivitas vulkanik di bulan milik Jupiter, dan memetakan permukaan Venus serta geologinya.

Jababeka industrial Estate

Sumber : CNN Indonesia

BACAAN TERKAIT