Kamis, 29 Agustus 2019

Punya Aplikasi Ini di Ponsel Anda? Uninstall Sekarang!


Finroll.com –  Peneliti Kaspersky baru-baru ini menemukan malware di sebuah apllikasi bernama CamScanner. Aplikasi ini tersedia di Google Play dan sudah di-download 100 juta kali.

CamScanner merupakan aplikasi untuk mengubah PDF menjadi tulisan di-smartphone karena adanya teknologi OCR (pengenalan karakter optik. Pengguna tinggal memotret kertas bertulisan kemudian mengkonversi jadi tulisan di aplikasi.

CamScanner sebenarnya aplikasi yang sah dan tidak ada niat dari pengembang (developer) untuk menyebar malware. Pengembang memonetisasi aplikasi ini melalui iklan. Namun versi terbarunya berisi iklan dengan modul jahat.

“Kaspersky mendeteksi modul ini sebagai Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n, kami telah mengamati hal ini di beberapa aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya pada telepon pintar China. Seperti namanya, modul ini adalah Dropper Trojan,” ujar Kaspersky dalam keterangan resminya, seperti dikutip Kamis (29/8/2019).

Caranya kerja, modul mengekstrak dan menjalankan modul jahat lainnya dari file terenkripsi yang disertakan dalam sumber daya aplikasi. Modul jahat ini akan berubah menjadi Trojan Downloader yang men-download lebih banyak modul jahat.

Misalnya, aplikasi dengan kode berbahaya ini dapat menampilkan iklan yang mengganggu dan mendaftarkan pengguna pada layanan berlangganan berbayar.

“Peneliti Kaspersky memeriksa versi terbaru aplikasi dan menemukan modul jahat di sana. Kami melaporkan temuan kami ke Google, dan aplikasi segera dihapus dari Google Play,” ujar Kaspersky.

Meski sudah dihapus dari Google Play Store, modul jahat masih bisa beraksi karena aplikasi CamScanner masih terinstal di ponsel. Jadi ada baiknya yang sudah menginstal menghapus aplikasi ini dan menggunakan aplikasi alternatif lainnya.

BACAAN TERKAIT