Rabu, 17 Maret 2021

Sony Hapus Fitur PS Communities di PS4 Mulai April Mendatang


Jakarta – Video game dapat dikatakan merupakan salah satu ranah hiburan yang cukup populer dan sukses. Maka tak heran jika kepopuleran tersebut membentuk suatu komunitas yang besar dan terus berkembang hingga kini. Tempat seperti forum website tentunya menjadi salah satu wadah utama untuk berdiskusi atau sekedar sharing dalam hal mengenai video game.

Perusahaan Sony (ソニー株式会社 Sonī Kabushiki Kaisha, /ˈsoʊni/soh-nee, disingkat SONY) adalah perusahaan konglomerat Jepang yang berkantor pusat di Minato, Tokyo. Bisnisnya yang beragam meliputi elektronik konsumen dan profesional, permainan, hiburan, dan layanan keuangan.

Beberapa forum video game ternama seperti Steam Community atau GameFAQS sukses menyediakan tempat bagi para penggunanya untuk mendiskusikan hal seputar video game. Sayangnya, tidak semua wadah komunitas dapat bertahan lama. Contohnya seperti fitur PS Communities di konsol PS4 yang dikabarkan akan ditutup oleh Sony dalam waktu dekat.

Pengumuman tersebut dipublikasikan langsung oleh Sony melalui situs resminya. Sony menyatakan bahwa mulai April 2021, konsol PS4 tidak lagi mendukung fitur PS Communities dan tidak akan tersedia lagi untuk kedepannya. Namun, para pemain masih dapat berkomunikasi melalui fitur messaging yang dapat diakses langsung lewat konsol atau melalui Playstation App.

Pengumuman Resmi dari Sony

Pengumuman dari Sony
Pengumuman Resmi dari Sony

Sony tidak menjelaskan alasan dihapusnya fitur tersebut. Namun, dapat diasumsikan karena fitur Communities di PS4 terbilang cukup sepi. Sehingga Sony menghapusnya dengan alasan ingin menghemat resources agar fitur lainnya dapat berjalan lancar dan menghindari terhambatnya koneksi online.

Bulan Maret tahun lalu, Sony juga sudah menghapus Communities Mobile App yang merupakan aplikasi untuk mengakses PS Communities melalui ponsel. Dalam patch notes-nya, Sony memperingatkan bahwa fitur PS Communities kemungkinan akan dicabut di masa mendatang.

Fitur PS Communities pertama kali diluncurkan di konsol PS4 dalam update 3.00 di bulan September 2015. Fitur tersebut memungkinkan para pemainnya untuk berdiskusi mengenai game atau topik tertentu. Selain itu PS Communities dapat dimanfaatkan untuk membagikan Screenshot, mengirim pesan bahkan mampu mengundang teman untuk bermain bersama secara online.

Sumber : Gamebrott.com


Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT