Connect with us

International

Jack Ma Pendiri Alibaba Ternyata Anggota Partai Komunis

Published

on


Jack Ma

Jack Ma pendiri Alibaba adalah anggota Partai Komunis. Hal ini di ungkap oleh surat kabar negara China.

Finroll.com – Jack Ma, kepala e-commerce raksasa Alibaba Group Holding Ltd dan kapitalis paling terkenal di China, adalah anggota Partai Komunis, surat kabar resmi Partai mengatakan pada hari Senin, membongkar anggapan umum bahwa miliarder itu tidak terikat secara politik.

The People’s Daily mengungkapkan keanggotaan Partai Ma dalam daftar 100 orang yang dikatakannya telah membantu mendorong proses “reformasi dan pembukaan” negara.

Ma adalah orang terkaya di China dengan kekayaan $ 35,8 miliar, menurut Forbes.

Tidak jelas mengapa koran itu memilih untuk menyebutkan afiliasi Ma sekarang. Tetapi itu datang di tengah desakan Beijing untuk membawa perusahaan swasta negara itu lebih sejalan dengan nilai-nilai Partai, terutama di sektor teknologi yang telah berkembang pesat, didorong oleh keberhasilan perusahaan swasta.

Ma, yang mengumumkan pada bulan September ia akan mengundurkan diri sebagai ketua Alibaba tahun depan, adalah pemimpin bisnis tertinggi di China.

Dia telah bertindak sebagai penasihat pemimpin politik di Asia dan Eropa dan memupuk ambisi besar di Amerika Serikat.

Dia telah mendorong Alibaba untuk menjadi raksasa $ 390 miliar, yang mendominasi pasar ritel online China, membentang dari logistik ke media sosial, dan telah melahirkan kerajaan fintech terpisah di sekitar platform pembayaran populer Alipay.

Afiliasi politik Ma datang sebagai kejutan bagi banyak orang.

Hasil dari mesin pencari domestik Baidu Inc, ketika ditanya “adalah Jack Ma anggota Partai Komunis”, juga kebanyakan mengatakan bahwa dia tidak.

Alibaba menolak berkomentar mengenai keanggotaan Partai Ma, tetapi mengatakan hubungan politik tidak mempengaruhi operasi perusahaan.

“Afiliasi politik dari eksekutif manapun tidak mempengaruhi proses pengambilan keputusan bisnis perusahaan,” kata juru bicaranya yang dilansir dari Reuters pada hari Selasa (27/11).

Kami mengikuti semua undang-undang dan peraturan di negara-negara tempat kami beroperasi saat kami memenuhi misi kami untuk mempermudah orang-orang untuk melakukan bisnis di mana saja di era digital.”

Daftar Orang-Orang Harian juga termasuk kepala Baidu Robin Li dan kepala Tencent Holding Ltd Pony Ma, meskipun tidak menyebutkan salah satu dari mereka sebagai anggota Partai. Baidu, Alibaba, dan Tencent bersama-sama membentuk trio “BAT” dari perusahaan teknologi top China.

Surat kabar itu tidak menyebutkan kapan Ma menjadi anggota Partai.

International

Korban Meninggal akibat Corona di AS Tembus 10.923 Jiwa

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Jumlah kematian akibat virus corona di Amerika Serikat hingga Selasa (7/4) mencapai 10.923 jiwa. Berdasarkan data dari Johns Hopkins University, virus corona telah menginfeksi 368.079 di AS. Sedangkan pasien sembuh sebanyak 19.828 orang.

Sebanyak 29.887 kasus baru terdeteksi di AS dan 1.265 kematian pada hari Senin kemarin.

Seperti dilansir dari CNN, Covid-19 telah menyebar di 50 negara bagian, dan wilayah AS lainnya. Wyoming menjadi satu-satunya negara bagian yang belum melaporkan kematian akibat virus corona.

Sementara Kematian paling banyak dilaporkan di New York dengan 3.485 korban meninggal

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperkirakan dua pekan ke depan akan menjadi masa-masa yang berat melawan pandemi virus corona. Trump menyebut akan terjadi banyak kematian pada dua pekan ke depan.

“Ini mungkin akan menjadi minggu terberat pada minggu ini dan minggu depan, sayangnya akan ada banyak kematian,” kata Trump di Gedung Putih, Sabtu (4/4).

Namun, Trump menyebut kematian bisa diminimalkan jika dilakukan langkah mitigasi dan pencegahan.

Sebagai langkah pencegahan, Trump meminta seluruh warganya untuk tetap berada di rumah dan menerapkan jaga jarak. Sebanyak 1.000 tambahan personel medis militer juga akan dikirimkan ke New York yang menjadi episentrum virus corona di AS.

Hingga saat ini virus corona telah menginfeksi 1.347.676 orang di lebih dari 200 negara. Dari jumlah itu, 74.744 orang meninggal dunia, dan 277.331 dinyatakan sembuh.

Spanyol menjadi negara dengan kasus terbanyak kedua setelah AS dengan 136.675 kasus, 13.341 meninggal, dan 40.437 pasien sembuh.

Sementara angka kematian tertinggi terdapat di Italia dengan 16.523 korban meninggal. Saat ini Italia memiliki 132.547 kasus Covid-19, dan 22.837 orang sembuh.

Sejumlah negara telah melaporkan penurunan angka kematian dan kasus baru infeksi corona pada Senin kemarin, antara lain Italia, Jerman, Korea Selatan, dan Iran.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Cegah Corona, Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja Migran

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Singapura mengkarantina sedikitnya 20 ribu pekerja migran selama dua pekan ke depan setelah lonjakan kasus virus corona (Covid-19) terdeteksi berasal dari asrama tenaga kerja asing.

Pihak berwenang Singapura menemukan 120 kasus Covid-19 baru dalam sehari pada Minggu (5/4). Jumlah tersebut menjadi rekor tertinggi sejauh ini.

Sebagian besar dari ratusan kasus baru itu ditemukan di asrama-asrama pekerja migran.

Pihak berwenang lantas mengkarantina dua asrama yang menampung sekitar 19.800 pekerja migran.

Berbagai upaya juga sedang dilakukan di asrama-asrama pekerja migran lainnya yang lebih besar untuk mengurangi kepadatan dalam asrama, salah satunya dengan memindahkan beberapa dari mereka ke tempat akomodasi alternatif selama periode (karantina corona) ini,” bunyi pernyataan bersama dua kementerian Singapura seperti dilansir AFP pada Senin (6/4).

Pemerintah Singapura menegaskan akan memberi bantuan medis, makanan, dan pasokan kebutuhan lainnya bagi para pekerja migran tersebut selama berada dalam karantina. Pejabat pemerintah juga memastikan para pekerja migran tersebut akan tetap digaji oleh masing-masing majikan selama karantina.

Singapura menjadi tempat bagi setidaknya 280 ribu pekerja migran di sektor konstruksi yang berasal dari Bangladesh, China, dan negara lainnya. Sebagian besar dari pekerja tersebut tinggal bersama di kompleks asrama yang besar.

Per hari ini, Singapura tercatat memiliki 1.309 kasus corona dengan total 6 kematian. Singapura menjadi salah satu negara yang berhasil mengendalikan penyebaran virus serupa SARS tersebut.

Meski begitu, pihak berwenang mencatat peningkatan kasus virus corona di negara hub perekonomian Asia Tenggara itu belakangan.

Demi mencegah penyebaran corona, Perdana Menteri Lee Hsien Loong memutuskan menghentikan semua aktivitas perkantoran dan sekolah mulai besok, Selasa (7/4).

Cegah Corona, Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja MigranFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Meski begitu, Lee menuturkan aktivitas tertentu seperti pabrik produksi makanan, pasar dan supermarket, klinik, rumah sakit, utilitas, transportasi, dan perbankan akan tetap beroperasi.

Semua objek wisata, taman hiburan, museum, kasino dan fasilitas umum seperti kolam renang, pusat kebugaran, studio kebugaran, dan fasilitas di hotel juga akan ditutup. Acara olahraga dan aktivitas keagamaan juga tetap ditutup sementara seperti yang telah diumumkan sebelumnya.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Seekor Harimau Di Kebun Binatang AS Positif Terinfeksi Corona

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Seekor harimau di kebun binatang Bronx, New York, Amerika Serikat menjadi hewan pertama penghuni kebun binatang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Harimau berusia empat tahun ini sempat mengalami gejala terinfeksi virus corona yakni mengalami batuk kering. Harimau bernama Nadia ini sempat diperkirakan akan sembuh.

Sampel yang diambil dari Nadia serta lima harimau dan singa lainnya di kebun binatang Bronx memiliki gejala gangguan pernapasan. Pihak Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memastikan hewan lain di kebun binatang tersebut tidak menunjukkan gejala serupa.

“Meskipun hewan-hewan ini mengalami penurunan nafsu makan, namun mereka saat ini dalam kondisi stabil di bawah perawatan tim medis dan tetap bisa berinteraksi dengan penjaga mereka,” tulis pihak kebun binatang dalam pernyataan resminya.

Mengutip CNN, pihak kebun binatang Bronx hingga kini belum mengetahui sumber penularan virus coorna hingga bisa menginfeksi harimau di sana.

“Tidak diketahui bagimana penyakit ini bisa menular ke harimau karena spesies yang berbeda bisa memberikan reaksi berbeda terhadap infeksi baru. Tetapi kami akan terus memantau perkembangan mereka dan mengantisipasi proses pemulihan,” tulisnya.

Sejauh ini diduga penularan terjadi dari seorang karyawan kebun binatang yang merawat hewan-hewan di sana dan diketahui positif kendati tak memiliki gejala terinfeksi Covid-19.

USDA mengarankan siapa pun yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona untuk mengurangi kontak dengan hewan, termasuk hewan peliharaan.

Kebun binatang Bronx telah ditutup untuk umum sejak 16 Maret lalu.

Kasus penularan Covid-19 dari manusia ke hewan sebelumnya juga terjadi di Hong Kong pada awal Maret lalu. Seekor anjing peliharaan dinyatakan terbukti terinfeksi virus corona setelah melakukan tes selama berulang kali. Kendati demikian, anjing tersebut tak menunjukkan gejala Covid-19.

Seekor Harimau di Kebun Binatang AS Tewas karena Virus CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi (AFDC) Hong Kong mengatakan para ahli dari universitas termasuk WHO sepakat mengatakan kemungkinan itu merupakan kasus penularan dari manusia ke hewan.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending