Connect with us

Ragam

Jaksa KPK Sebut Menag Lukman Terima Uang Rp 70 Juta Terkait Jual Beli Jabatan

Published

on


ucapkan-selamat-imlek-2018-menag-semoga-mampu-menebar-kebahagiaan

Finroll.com – Jaksa Penuntut Umum mendakwa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanudin menyuap anggota DPR yang juga Ketua Umum PPP Muchammad Romahurmuziy berupa uang sebesar Rp325 juta. Suap itu diduga sebagai imbal jasa atas pengangkatan Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

Dalam dakwaan, jaksa juga menyebut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagai pihak yang turut menerima uang terkait jual beli jabatan ini.

“Terdakwa memberi uang karena Muchammad Romahurmuziy alias Romi dan Lukman Hakim Saifuddin melakukan intervensi baik langsung maupun tidak terhadap proses pengangkatan terdakwa sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur,” ujar jaksa Wawan Yunarwanto saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (29/5).

Dalam dakwaan disebutkan bahwa Lukman turut menerima uang sebesar Rp70 juta yang diberikan secara bertahap masing-masing Rp50 juta dan Rp20 juta.

Jaksa mengatakan, kasus ini bermula ketika Kemenag mengumumkan seleksi jabatan untuk posisi Kakanwil Kemenag Jatim. Haris yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Jatim mendaftar sebagai calon kakanwil dengan melampirkan surat persetujuan atasan langsung yang ditandatangani Ahmadi, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag.

Haris diketahui pernah dijatuhi sanksi disiplin PNS, sementara salah satu syarat untuk mendaftar sebagai kakanwil tidak pernah dijatuhi sanksi. Untuk melancarkan proses pendaftarannya, Haris pun berniat meminta bantuan langsung ke Lukman.

“Namun karena terdakwa sulit menemui maka disarankan bertemu Romi sebagai Ketua Umum PPP mengingat Menteri Agama Lukman Hakim adalah kader PPP yang punya kedekatan khusus dengan Romi,” katanya.

Pada 17 Desember 2018, Haris pun menemui Romi dan menyampaikan keinginannya untuk menjadi Kakanwil Kemenag Jatim. Ia juga meminta Romi menyampaikan keinginannya itu pada Lukman. Hanya saja berdasarkan nota dinas yang diterbitkan Kemenag, Haris dinyatakan tak lolos seleksi tahap administrasi.

Namun karena Haris telah menemui Romi, proses pendaftarannya pun dilancarkan. Jaksa menyebut, Haris akhirnya masuk dalam peserta yang lolos seleksi atas arahan Lukman.

“Kemudian pada 6 Januari 2019 terdakwa menemui Romi dan memberikan uang Rp5 juta sebagai kompensasi karena terdakwa lolos seleksi administrasi,” ucap jaksa.

Informasi mengenai lolosnya Haris dalam proses seleksi tersebut sempat terendus Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengingat Haris pernah dikenai sanksi disiplin. Namun atas saran Romi, Lukman tetap diminta mengangkat Haris. Permintaan itu disampaikan Romi usai Haris kembali memberi uang sebesar Rp250 juta di kediaman Romi di Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Romi kemudian menyampaikan kepada terdakwa bahwa Lukman sudah memutuskan untuk mengangkat terdakwa dan akan mengambil segala risiko yang ada,” tutur jaksa.

Lukman pun disebut meminta pada panitia seleksi agar Haris masuk tiga besar usulan peringkat terbaik yang akan dipilih sebagai Kakanwil Kemenag Jatim. Selain Haris, nama yang lolos yakni Mochammad Amin Machfud dan Mohammad Husnuridlo.

Sesuai rekomendasi dari KASN, Lukman diminta membatalkan kelulusan Haris. Namun Lukman berkukuh mengangkat Haris dengan pertimbangan terpenuhinya persyaratan dua tahun penilaian prestasi kerja.

Haris pun menemui Lukman di Hotel Mercure Surabaya pada 1 Maret 2019. Dalam pertemuan tersebut, kata jaksa, Lukman menyampaikan bahwa siap ‘pasang badan’ untuk tetap mengangkat Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jatim. Sebagai imbal jasa, Haris memberikan uang sebesar Rp50 juta kepada Lukman.

Tiga hari berselang, Haris pun resmi diangkat sebagai Kakanwil berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : B.II/04118 dan dilantik pada tanggal 5 Maret 2019.

“Pada tanggal 9 Maret 2019 di Tebu Ireng Jombang, terdakwa kemudian memberikan uang sejumlah Rp20 juta kepada Lukman melalui Herry Purwanto sebagai bentuk komitmen yang sudah disiapkan terdakwa untuk pengurusan jabatan Kakanwil,” terang jaksa.

Atas perbuatannya, Haris didakwa melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 jUndang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 utentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Haris menyatakan tak mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan tersebut.

 

source: cnn
Advertisement

Ragam

RS Siloam Bekasi Timur Ingatkan Masyarakat Waspada dan Kenali Gejala Stroke

Published

on

Finroll.com — Gejala awal penyakit stroke patut diwaspadai, pasalnya serangan stroke tidak mengenal batasan usia.

Oleh karena itu Rumah Sakit Siloam Bekasi Timur mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada dan menjaga pola gaya hidup.

Direktur Rumah Sakit Siloam Bekasi Timur, dr. Ervina, MM, MMRS, mengatakan dalam sambutannya, bahwa, Rumah Sakit Siloam Bekasi Timur merupakan rumah sakit tipe C di Kota Bekasi dan hal ini menjadikan salah satu rumah sakit yang sudah terareditasi PARIPURNA oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

“Rumah Sakit Siloam Bekasi Timur merupakan rumah sakit tipe C dan sudah terakreditasi PARIPURNA oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit,” jelasny dalam acara Media gathering yang mengangkat tema ‘Tatalaksana Stroke Yang Tepat Dan Akurat’, yang dilaksanakan di Aula Lantai GF RS Siloam Bekasi Timur (Blu Plaza). Kamis (13/2/2020).

Lebih lanjut, dr. Ervina menjelaskan saat ini layanan unggulan rumah sakit tersebut adalah pelayanan stroke dan Rumah Sakit Siloam Bekasi Timur juga sudah bekerjasama dengan semua Privat Insurance dan Goverment Insurance. “Kami mempunyai sejumlah sarana dan tim yang handal di bidangnya,” katanya.

Sementara itu, dr. Rezy Sesareza, Sp.N, menjelaskan, stroke merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan kematian, khususnya di Indonesia. “Kejadian stroke harus diberikan tindakan secepat mungkin, sehingga perlunya edukasi dan informasi mengenai tatalaksana stroke yang tepat dan akurat kepada warga,” terangnya.

Untuk itu, dirinya mengatakan bahwa penyakit stroke terjadi apabila, ketika aliran darah ke bagian otak teranggu, kurangnya pasokan darah berarti tidak cukup oksigen atau nutrisi mencapai otak dan sel-sel otak menjadi rusak atau hancur secara permanen, jika tidak ditangani tepat waktu, stroke dapat memiliki konsekuensi emosional, fisik atau bahkan fatal dan bergantung pada bagian otak mana yang terpengaruh.

Lebih lanjut dikatakan, seseorang mengalami stroke bisa diketahui dari ciri-ciri sakit kepala parah dan timbul tiba-tiba, pusing, ketidaksadaran, gangguan penglihatan pada satu atau kedua mata, kesulitan berbicara, kebingungan, mengulai mulut di satu sisi dan kelemahan atau kehilangan gerakan pada satu anggota tubuh atau lebih.

“Ada beberapa gejala yang bisa kita kenali saat seseorang menderita stroke dan hal ini harus disadari betu,” tegasnya.

Untuk itu perlu disadari bahwa stroke adalah keadaan darurat yang butuh tindakan cepat. Apabila pasien yang terserang stroke bisa mendapatkan bantuan medis dalam golden periode untuk mengevaluasi dan mengobati stroke akut, maka diharapkan pasien akan punya harapan pulih yang lebih tinggi.

“Berbicara mengenai pemulihan pasien, salah satu terapi yang bisa membantu menyelamatkan pasien dari serangan stroke adalah terapi trombolitik,” terangnya.

Selain itu di tempat yang sama, dr. Alvin Abrar Harahap M. Ked, Sp.BS, menjelaskan bahwa stroke adalah gangguan peredaran darah otak yang bersifat fokal atau global yang berlangsung cepat lebih dari 24 jam dan dapat menyebabkan kematian disebabkan gangguan vaskular.

Stroke hemoragik oleh perdarahan dalam ruang subaraknoid diantara piameter dan araknoidmater, gejalanya seperti 50 persen perdarahan, 70 persen kejang, 15 persen migran dan tidak respon dengan pemberian terapi, defisit nuerologik dan gangguan perilaku dan psikiatri.

“Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan stroke terjadi dan hal yang perlu diperhatikan adalah jenis dan penyebab strokenya tersebut,” katanya.

Ia menuturkan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut, diantaranya berhenti merokok, diet sehat, kontrol kadar kolesterol, meningkatkan aktivitas fisik, kontrol tekanan darah, hindari alkohol, kontrol kadar gula darah dan konsumsi obat-obatan yang sesuai untuk mengontrol penyakit yang menjadi faktor resiko.

“Untuk pencegahannya bisa dilakukan beberapa langkah dan untuk penanganan penyakit stroke ini pun dipastikan bisa ditangani di RS Siloam Bekasi Timur dengan dibantu oleh penunjang dan dokter yang ada,” ungkapnya.(red)

Continue Reading

Ragam

Motorola Razr Meluncur Lagi, Mengenang Ponsel Lipat Masa Lalu

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Perusahaan Motorola kembali meluncurkan ponsel lipat Motorola Razr yang dahulu dikenal ikonik.

Peluncuran Motorola Razr dilakukan di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (7/2), mengutip CNBC.

Moto Razr adalah versi baru Motorola Razr V3 yang cukup populer. Saat pertama kali diluncurkan pada 2004, ponsel ini dengan cepat menjadi salah satu ponsel flip paling populer di awal 2000an.

Versi terbaru Moto Razr memiliki layar lipat yang mempertahankan desain clam-shell yang populer. Desainnya mengingatkan pada desain Samsung Fold dan Huawei Mate X.

Namun bedanya bila lipatan Fold dan Mate X ke terbuka samping dan melebar, sementara itu Motorola Razr terbuka ke atas menyerupai desain lamanya. Alhasil bentuknya memanjang namun tetap compact atau ringkas dan mudah digenggam.

Moto Razr dibanderol agak ‘mahal’ dari ponsel tanpa layar lipat. Ponsel lipat baru Motorola ini dibanderol dengan harga US$1.499 atau sekitar Rp20,5 juta, atau mendekati harga dua smartphone lipat Fold dan Mate X.

Motorola Razr memiliki layar internal 6,2 inci dan layar luar 2,7 inci,  kamera 16 megapiksel dan penyimpanan internal 128 GB.

Moto Razr memiliki prosesor Qualcomm kelas menengah dengan Android versi lama dan memiliki baterai lebih kecil namun berdaya tahan cukup lama dari pada kebanyakan ponsel.

Verizon mengabarkan ponsel dijual terbatas dan konsumen yang melakukan pemesanan sekarang disebut baru dapat dikirimkan pada 3 Maret.

Selain Motorola, Samsung juga direncanakan mengumumkan ponsel lipat baru pada hari Selasa pekan depan di San Francisco, Ameria Serikat.

Ponsel lipat Samsung diprediksi memiliki desain yang mirip dengan generasi baru Motorola Razr, tetapi ‘mungkin’ lebih canggih dari segi teknologi. (jps/mik)(cnnindonesia.com)

Continue Reading

Ragam

Youtube Raup Rp205,7 Triliun dari Iklan Sepanjang 2019

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Perusahaan induk YouTube, Google Alphabet mengumumkan YouTube memperoleh pendapatan dari iklan sebesar US$15 miliar atau sekitar Rp205,7 triliun pada 2019. Pengumuman ini menandakan berakhirnya kebijakan penutupan laporan keuangan YouTube.

Dilansir dari Business Insider, sejak diakuisisi Google pada 2006, belum pernah sekalipun YouTube mengungkap jumlah pendapatannya. Pendapatan iklan di YouTube menyumbang 9 persen dari total pendapatan Google Alphabet yang berjumlah US$162 miliar pada 2019.

Angka pendapatan US$15 miliar membuat YouTube lebih besar dari konglomerat media Viacom dengan nilai valuasi terakhir pada US$12 miliar. Angka tersebut juga menandakan lebih dari 20 persen dari US$70 miliar yang masuk ke pengeluaran iklan di televisi Amerika Serikat pada 2019.

Dilansir dari The Verge, angka tersebut membuat pendapatan iklan YouTube hanya seperlima dari pendapatan iklan Facebook dan enam kali lipat lebih besar dari iklan Twitch, platform video streaming milik Amazon.

CEO Google, Sundar Pichai mengatakan YouTube telah memperoleh US$5 miliar atau sekitar Rp68,8 triliun pada kuartal keempat 2019 dari pendapatan iklan.

Google mengatakan YouTube memiliki lebih dari 20 juta pelanggan di seluruh penawaran Premium (YouTube bebas iklan) dan Music Premium, serta lebih dari 2 juta pelanggan untuk layanan TV berbayarnya.

Alphabet mengatakan pendapatan dari produk-produk tersebut digabungkan ke dalam kategori “lain”, yang menghasilkan US$ 5,3 miliar pada kuartal terakhir 2019.

Google Search menghasilkan US$98,1 miliar pada 2019, perusahaan, hanya tumbuh 15 persen 2018. YouTube, di sisi lain, tumbuh dari US$ 11,2 miliar pada 2018, menjadi US$15,15 miliar pada 2019, melonjak 36,5 persen.(cnnindonesia.com)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending