Connect with us

Science & Technology

Kominfo dan Kemenperin Saling ‘Lempar’ Soal Ponsel BM Masih Aktif

Published

on


Finroll – Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saling lempar ‘bola’ soal ponsel BM alias black market yang masih bisa diaktifkan di Batam setelah aturan IMEI berlaku pada 18 April lalu.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan CNNIndonesia.com harus bertanya kepada Kementerian Perindustrian, atau ke Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan.

“Informasi yang akurat terkait IMEI sebaiknya ke Kemenperin dan perdagangan di Batam ke Dirjen Bea Cukai,” ujar Johnny kepada CNNIndonesia.com, Selasa (2/6).

Lebih lanjut, CNNIndonesia.com menghubungi Kepala Subdirektorat Industri Peralatan Informasi dan Komunikasi, Perkantoran, dan Elekronika Profesional Kemenperin, Najamudin.

Ia mengatakan tak bisa berkomentar soal kasus ponsel BM di Batam dengan IMEI yang tak terdaftar di basis data IMEI.

“Kalau untuk isu tersebut maaf saya tidak bisa komentar. Kalau dari sisi Kemenperin tugasnya hanya menyiapkan basis data IMEI saja untuk mendukung program pengendalian IMEI. Terima kasih,” ujar Najamudin.

Saat ditanya soal kepastian bahwa ponsel BM yang diaktifkan setelah aturan IMEI tak akan bisa dinyalakan, Johnny dan Najamudin enggan berkomentar.

Sebelumnya, berulang kali  Kemenperin, Kemendag, dan Kemenkominfo mengatakan aturan berlaku ke depan bukan surut. Artinya ponsel BM yang diaktifkan sebelum aturan berlaku, masih bisa dinyalakan. Sementara ponsel BM yang diaktifkan setelah aturan berlaku tak akan bisa diaktifkan.

Untuk menjawab pertanyaan itu Johnny mengulang pernyataan untuk bertanya ke Kemenperin dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu. Sementara Najamudin mengatakan yang bisa berkomentar hal itu lebih tepat ditanyakan ke Kemenkominfo.

“Sepertinya lebih tepat ke Kominfo. Karena aturannya dari Kominfo,” kata Najamudin.

CNNIndonesia.com juga menghubungi Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Ismai. Ia enggan berkomentar dan mengatakan minggu depan baru akan melakukan rapat evaluasi aturan IMEI.

“Mohon maaf saya sekarang belum bisa komentar dulu, karena kami baru akan rapat evaluasi minggu depan,” ujar Ismail.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah mengatakan, ponsel BM yang tetap bisa digunakan setelah penerapan IMEI per 18 April hanya ponsel yang telah aktif atau digunakan sebelum tanggal tersebut.

Saat disinggung terkait ponsel BM yang disebut salah seorang pedagang tetap bisa digunakan meskipun IMEI tak terdaftar, Azril mengaku hal tersebut tidak mungkin.

“Handphone yang sudah digunakan sebelum penerapan itu, meskipun IMEI tak terdaftar, tetap bisa digunakan. Jadi tidak mungkin ada lagi produk elektronik ilegal yang tidak terdaftar bisa digunakan lagi setelah tanggal 18 April,” kata Azril.

Sumber : CNN Indonesia

Science & Technology

Lenovo Akan Umumkan Ponsel Gaming Legion Usung Chipset Snapdragon 865 Plus Pada 22 Juli

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Qualcomm secara resmi umumkan jajaran ponsel gaming yang turut menggunakan chipset terbarunya yakni Snapdragon 865 Plus yang diantaranya Lenovo Legion dan Asus ROG Phone 3.

Dikutip dari GSMArena, Lenovo telah mengumumkan tanggal peluncuran dari ponsel gaming Lenovo Legion akan tiba pada 22 Juli bersamaan dengan hari peluncuran Asus ROG Phone 3.

Snapdragon 865 Plus akan menghadirkan 10 persen peningkatan kecepatan clock dari core CPU utama, dan GPU yang sedikit overclock. Dan juga terdapat dukungan untuk WiFi 6E, Bluetooth 5.2, serta dukungan tampilan refresh rate 144Hz.

Ponsel gaming Lenovo legion diharapkan datang dengan refresh rate yang sama, sesuai dengan dukungan refresh rate dari Snapdragon 865 Plus. Sementara itu, Lenovo Legion dikabarkan akan dibekali layar resolusi Full HD Plus, dengan tingkatan pengambilan sampel sentuh 270Hz.

Serta dukungan penyimpanan RAM 16GB LPDDR5 dan ROM 512GB dengan dukungan UFS 3.1.

Foto : Liputan6|GoogleSearch

Continue Reading

Science & Technology

Vivo iQOO Z1x 5G Meluncur Bawa Layar 120Hz dengan Harga Mulai Dari Rp 3 Jutaan

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Vivo iQOO Z1x 5G akhirnya resmi meluncur. Ponsel ini akan dibanderol mulai dari 1,989 Yuan atau sekitar Rp 3,3 juta. Anda sudah bisa mendapatkan ponsel pintar dengan spek lengkap, baterai besar dan modem 5G.

Ponsel ini menawarkan layar LCD 6,57 inci dengan resolusi Full HD Plus rasio aspek 20: 9. Dan terdapat punch hole di bagian sudut kanan atas untuk kamera selfie shooter 16 MP (f/2.0).

Jika dilihat di bagian belakang ponsel, terdapat tiga pengaturan kamera, dengan kamera utama 48 MP dengan EIS, 2MP makro, dan 2MP depth sensor.

Vivo iQOO Z1x 5G hadir dengan prosesor chipset Snapdragon 765G dengan dukungan empat opsi memori diantaranya 6GB/64GB, 6GB/128GB, dan 8GB/256GB. Sementara untuk RAM ialah tipe LPDDR4x dan untuk ROM UFS 2.1.

Selain itu, di bagian sisi kanan ponsel disematkan pemindai sidik jari, dan di bagian bawah ada port USB-C dan jack audio 3,5 mm. Fitur lainnya dari Vivo iQOO Z1x 5G ini ialah dukungan konektivitas 4G VoLTE, modem 5G, WiFi 6 (802.11 ax), serta dukungan Bluetooth 5.1.

Untuk baterai dibekali pengisian daya cepat hingga 33W, mungkin ini terdengar aneh karena dalam versi sebelumnya Vivo iQOO Z1 memiliki daya baterai 44W.

Vivo iQOO Z1x 5G juga dilengkapi dengan pipa pendingin panas 85 mm dan 1000 sq.mm. Dan Cooling Turbo salah satu fitur perangkat lunak yang dapat menurunkan suhu lebih banyak lagi.

Vivo menawarkan tiga pilihan warna yakni Hitam, Biru dan Putih. Ponsel pintar ini sudah tersedia di China dengan opsi RAM 6/64 GB dibanderol harga Rp 3,3 juta dan harga tertinggi jatuh pada opsi RAM 8GB/256GB yakni 2,298 Yuan atau sekitar Rp 4,7 juta.

Foto : HarapanRakyatOnline|GoogleSearch

Continue Reading

Science & Technology

Bocoran Spesifikasi Samsung Galxaxy Tab S7 Plus

Published

on

By

Finroll.com – Samsung Galaxy Tab S7 Plus telah terungkap mengenai spesifikasinya, menurut orang dalam yang dekat dengan SamMobile Galaxy Tab S7 Plus akan hadirkan pengisian daya cepat hingga 45W, selengkapnya !

Dikutip dari GSMArena, Galaxy Tab S7 Plus akan ditenagai oleh Snapdragon 865 SoC serta versi tablet yang mendukung konektivitas 5G sub-6Ghz 5G. Bagian depan ponsel teradapat layar Super AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2800×1752 piksel serta dukungan Pena S tentunya.

Chipset Snapdragon 865 Plus ini akan dipasangkan dengan konfigurasi memori 6GB atau 8GB RAM sedangkan untuk bagian penyimpanan terdapat dua pilihan 128GB dan 256 GB.

Menurut kabar sebelumnya, Galaxy Tab S7 Plus ini akan dibekali baterai 10.090 mAh yang memungkinkan akan dapat mengisi daya hingga 45W.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S7 Plus ini akan membawa dua kamera di bagian belakang diantaranya 13 MP dan 5 MP serta kamera selfie 8 MP. sementara untuk software, Tab S7 Plus akan dijalankan oleh Samsung One UI 2.5 berbasis Andorid 10.

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending