Connect with us

International

Kota di Italia Liburkan Sekolah dan Kantor, Disebabkan Kasus Corona Baru

Published

on


Finroll – Jakarta,  Sekolah, kantor, bar, tempat olahraga, diskotek dan toko yang menjual makanan di Kota Codogno, Italia diliburkan hingga lima hari ke depan. Kebijakan itu diambil pemerintah setempat lantaran ditemukan enam orang terinfeksi virus corona.

Codogno sendiri hanya memiliki penduduk sekitar 15 ribu orang. Tergolong kota kecil di bagian Italia Utara. Bakal ada 80 sekolah, kantor, toko dan tempat lain yang terdampak akibat kebijakan tersebut.

“Penemuan kasus menciptakan alarm waspada di seluruh kota,” ucap Wali Kota Codogno ,Francesco Passerini mengutip AFP, Sabtu (22/2).

Merujuk AFP, 3 dari 6 orang yang terinfeksi sudah dalam kondisi lemah. Salah satunya adalah pria berusia 38 tahun yang kini dirawat intensif.

Pria tersebut menghadiri acara makan malam bersama sejumlah orang yang baru pulang dari China pada Januari lalu. Saat makan malam tersebut, pria itu menunjukkan gejala-gejala flu.

Istri dari pria itu juga kini dirawat intensif bersama dengan seorang teman yang ditularkannya saat berolahraga.

Sementara 3 orang lainnya dinyatakan positif terinfeksi berdasarkan tes pertama. Tindak lanjut terhadap mereka akan ditentukan dalam waktu dekat.

Kasus di Codogno tersebut menambah jumlah kasus virus corona di Italia. Sebelumnya, telah ada 3 kasus. Mereka yang terinfeksi adalah warga negara China yang sedang berlibur namun mendadak jatuh sakit.

Mereka langsung diisolasi di rumah sakit di Roma, Italia sejak akhir Januari lalu.

Wabah virus corona (Covid-19) sendiri telah memakan lebih dari 2.000 korban jiwa. Hingga Jumat (21/2), ada 2.244 korban jiwa. Paling banyak adalah penduduk China, yakni 2.233 orang.

Jumlah kasus virus corona sendiri telah mencapai angka 74.500. Ada 16.330 orang yang diklaim telah sembuh. Pemerintah Taizhou, Provinsi Zheijang, China juga telah mengumumkan obat pertama untuk mengatasi virus corona.

Sumber : CNN Indonesia

Advertisement Valbury

International

AS Catat Lonjakan Kematian, Tembus 1.736 Harian akibat Corona

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Amerika Serikat mencatat lonjakan korban jiwa akibat virus corona harian sebanyak 1.736 kematian dalam sehari pada Selasa (7/4) malam. Data yang dirilis John Hopkins University mencatat total kematian akibat corona di AS kini menembus 12.722 korban jiwa.

Mengutip CNN, rekor angka kematian kali ini melampai lonjakan sebelumnya pada 4 April lalu sebanyak 1.344 korban jiwa dalam sehari.

Sementara jumlah pasien Covid-19 di Negeri Paman Sam hingga saat ini sebanyak 398.185 orang. Sekitar 21.849 orang dinyatakan sembuh.

Dari total kematian harian, New York mencatat korban jiwa tertinggi sebanyak 4.509 orang. Disusul Michigan sebanyak 402 jiwa dan New Jersey dengan 263 kematian.

Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (4/4) lalu sempat mengungkap upaya pencegahan dan mitigasi penyebaran virus corona.

AS Catat Lonjakan Kematian Harian akibat Corona Tembus 12.844Foto: CNN Indonesia/Fajrian

Trump meminta seluruh warganya untuk tetap berada di rumah dan menerapkan jaga jarak (social distancing). Sekitar 1.000 personel tambahan medis militer akan dikirimkan ke New York yang merupakan pusat penyebaran virus corona di AS.

Total pasien virus corona di seluruh dunia saat ini mencapai 1.428.428 kasus dengan kematian sebanyak 82.020 dan 300.198 pasien yang dinyatakan sembuh. Disusul Spanyol dan Italia masing-masing dengan 141.942 kasus dan 135.586 pasien.

Sementara jumlah korban meninggal tertinggi hingga kini berasal dari Italia yakni mencapai 17.127 korban jiwa dengan 24.392 pasien dinyatakan sembuh.

 

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Korban Meninggal akibat Corona di AS Tembus 10.923 Jiwa

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Jumlah kematian akibat virus corona di Amerika Serikat hingga Selasa (7/4) mencapai 10.923 jiwa. Berdasarkan data dari Johns Hopkins University, virus corona telah menginfeksi 368.079 di AS. Sedangkan pasien sembuh sebanyak 19.828 orang.

Sebanyak 29.887 kasus baru terdeteksi di AS dan 1.265 kematian pada hari Senin kemarin.

Seperti dilansir dari CNN, Covid-19 telah menyebar di 50 negara bagian, dan wilayah AS lainnya. Wyoming menjadi satu-satunya negara bagian yang belum melaporkan kematian akibat virus corona.

Sementara Kematian paling banyak dilaporkan di New York dengan 3.485 korban meninggal

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperkirakan dua pekan ke depan akan menjadi masa-masa yang berat melawan pandemi virus corona. Trump menyebut akan terjadi banyak kematian pada dua pekan ke depan.

“Ini mungkin akan menjadi minggu terberat pada minggu ini dan minggu depan, sayangnya akan ada banyak kematian,” kata Trump di Gedung Putih, Sabtu (4/4).

Namun, Trump menyebut kematian bisa diminimalkan jika dilakukan langkah mitigasi dan pencegahan.

Sebagai langkah pencegahan, Trump meminta seluruh warganya untuk tetap berada di rumah dan menerapkan jaga jarak. Sebanyak 1.000 tambahan personel medis militer juga akan dikirimkan ke New York yang menjadi episentrum virus corona di AS.

Hingga saat ini virus corona telah menginfeksi 1.347.676 orang di lebih dari 200 negara. Dari jumlah itu, 74.744 orang meninggal dunia, dan 277.331 dinyatakan sembuh.

Spanyol menjadi negara dengan kasus terbanyak kedua setelah AS dengan 136.675 kasus, 13.341 meninggal, dan 40.437 pasien sembuh.

Sementara angka kematian tertinggi terdapat di Italia dengan 16.523 korban meninggal. Saat ini Italia memiliki 132.547 kasus Covid-19, dan 22.837 orang sembuh.

Sejumlah negara telah melaporkan penurunan angka kematian dan kasus baru infeksi corona pada Senin kemarin, antara lain Italia, Jerman, Korea Selatan, dan Iran.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Cegah Corona, Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja Migran

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Singapura mengkarantina sedikitnya 20 ribu pekerja migran selama dua pekan ke depan setelah lonjakan kasus virus corona (Covid-19) terdeteksi berasal dari asrama tenaga kerja asing.

Pihak berwenang Singapura menemukan 120 kasus Covid-19 baru dalam sehari pada Minggu (5/4). Jumlah tersebut menjadi rekor tertinggi sejauh ini.

Sebagian besar dari ratusan kasus baru itu ditemukan di asrama-asrama pekerja migran.

Pihak berwenang lantas mengkarantina dua asrama yang menampung sekitar 19.800 pekerja migran.

Berbagai upaya juga sedang dilakukan di asrama-asrama pekerja migran lainnya yang lebih besar untuk mengurangi kepadatan dalam asrama, salah satunya dengan memindahkan beberapa dari mereka ke tempat akomodasi alternatif selama periode (karantina corona) ini,” bunyi pernyataan bersama dua kementerian Singapura seperti dilansir AFP pada Senin (6/4).

Pemerintah Singapura menegaskan akan memberi bantuan medis, makanan, dan pasokan kebutuhan lainnya bagi para pekerja migran tersebut selama berada dalam karantina. Pejabat pemerintah juga memastikan para pekerja migran tersebut akan tetap digaji oleh masing-masing majikan selama karantina.

Singapura menjadi tempat bagi setidaknya 280 ribu pekerja migran di sektor konstruksi yang berasal dari Bangladesh, China, dan negara lainnya. Sebagian besar dari pekerja tersebut tinggal bersama di kompleks asrama yang besar.

Per hari ini, Singapura tercatat memiliki 1.309 kasus corona dengan total 6 kematian. Singapura menjadi salah satu negara yang berhasil mengendalikan penyebaran virus serupa SARS tersebut.

Meski begitu, pihak berwenang mencatat peningkatan kasus virus corona di negara hub perekonomian Asia Tenggara itu belakangan.

Demi mencegah penyebaran corona, Perdana Menteri Lee Hsien Loong memutuskan menghentikan semua aktivitas perkantoran dan sekolah mulai besok, Selasa (7/4).

Cegah Corona, Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja MigranFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Meski begitu, Lee menuturkan aktivitas tertentu seperti pabrik produksi makanan, pasar dan supermarket, klinik, rumah sakit, utilitas, transportasi, dan perbankan akan tetap beroperasi.

Semua objek wisata, taman hiburan, museum, kasino dan fasilitas umum seperti kolam renang, pusat kebugaran, studio kebugaran, dan fasilitas di hotel juga akan ditutup. Acara olahraga dan aktivitas keagamaan juga tetap ditutup sementara seperti yang telah diumumkan sebelumnya.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending