Connect with us

International

Lagi, Parlemen Inggris Tolak Kesepakatan Brexit yang Ke-3

Published

on


Lagi, Parlemen Inggris Tolak Kesepakatan Brexit yang Ke-3

Finroll.com – Parlemen Inggris menolak kesepakatan Brexit yang diajukan Perdana Menteri Theresa May untuk ketiga kalinya. Menciptakan kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa itu akan tertunda dalam waktu yang lama atau keluar dengan tanpa kesepakatan atau no-deal.

Legislator di House of Commons menghalangi upaya May untuk mengakhiri kebuntuan politik yang membawa Inggris ke dalam krisis. Dilansir dari Gulf News, Sabtu (30/3) kesepakatan May kali ini dikalahkan dengan perbandingan 344-286.

Ini pukulan terbaru untuk perdana menteri yang sudah kehilangan kekuasaan atas pemerintah dan proses Brexit. Terutama, setelah ia menawarkan untuk mengundurkan diri.

Sebelumnya direncanakan Britania keluar dari Uni Eropa pada hari Jumat (29/3) kemarin. Namun karena krisis politik dengan parlemen pada pekan lalu May meminta pemimpin-pemimpin Uni Eropa untuk menundannya beberapa pekan.

Kini ia harus kembali menjelaskan apa yang akan dilakukan pemerintah Inggris selanjutnya. Ada spekualasi Uni Eropa akan melakukan pertemuan darurat pada 10 atau 11 April mendatang.

Uni Eropa sudah memberikan perpanjangan waktu sampai 12 April. Memberikan Inggris dua kemungkinan; pertama keluar tanpa kesepakatan atau sepakatan untuk memperpanjang tenggat waktu agar mereka bisa melakukan pendekatan baru.

May mengatakan ia ‘tak terima’ jika meminta rakyat Inggris ikut ambil bagian dalam pemilihan Parlemen Uni Eropa. Setelah tiga tahun yang lalu mereka memilih untuk keluar dari blok itu.

Sementara itu ‘no-deal’ dapat menciptakan kegagalan hukum. Parlemen Inggris berulang kali menentang kemungkinan tersebut. Mereka khawatir no-deal membawa Inggris kedalam bencana karena memutuskan hubungan dengan mitra dagang terdekat tanpa rencana yang jelas.

Tidak sepakatnya Parlemen Inggris membuat perekonomian terbesar kelima di dunia itu dalam ketidakpastiaan. Para pemimpin-pemimpin bisnis dan serikat dagang memperingatkan adanya ‘darurat nasional’.

Parlemen Inggris terpecah menjadi dua kelompok. Banyak diantara mereka yang gelisah dan marah. May juga menyalahkan parlemen. Tapi mereka menyerang balik dengan mengatakan May tidak bersedia untuk mengubah kesepakatan yang telah diajukan sebelumnya.

“Dia sejujurunya, tidak bisa memerintah, entah itu mendengarkan dan mengubah arah atau pergi,” kata ketua oposisi dari Partai Buruh Jeremy Corbyn.

Bosan menunggu pada pekan ini Parlemen Inggris memberikan mereka kekuasaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Yaitu untuk melakukan pemungutan suara dalam memutuskan masa depan Inggris dengan Uni Eropa.

Pada Rabu lalu proposal bea cukai hampir lolos di putaran pertama seperti pemungutan suara untuk menggelar referendum atas kesepakatan May. Rencananya pemungutan suara akan kembali dilakukan pada hari Senin dan Rabu pekan depan.

Risiko adanya kemungkinan parlemen akan memperkuat hubungan dengan Uni Eropa atau memutusnya sama sekali menjadi fokus utama pendukung Brexit. Di sisi lain para pendukung Brexit juga tidak bersedia mendukung kesepakatan May.

Beberapa pihak menolak tawaran May untuk mengundurkan diri. Salah satu Partai Irlandia Utara sekutu partai pengusung May, Partai Persatuan Demokratik. Menurut mereka kesepakatan perbatasan dengan Irlandia setelah Brexit tidak dapat diterima.

“Kami tidak siap untuk melihat posisi konstitusi kami di ubah Brussel karena mereka kesal kami berani meninggalkan Uni Eropa,” kata anggota parlemen Sammy Wilson, dari Partai Irlandia Utara.

source: republik

International

Kapal Perang AS Meledak, 21 Orang Luka-luka

Published

on

By

Ledakan dan kebakaran kapal USS Bonhomme Richard di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di San Diego. (AP/Lt. John J. Mike)

Finroll.com, Jakarta – Sedikitnya 21 orang terluka akibat ledakan dan kebakaran di atas kapal USS Bonhomme Richard di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di San Diego. Insiden itu terjadi ada Minggu 12/7 waktu setempat.

“Tujuh belas Pelaut dan empat warga sipil sedang dirawat karena cedera yang tidak mengancam jiwa di rumah sakit setempat,” kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Letnan Commander Patricia Kreuzberger mengatakan para pelaut di USS Bonhomme Richard mengalami luka ringan akibat kebakaran dan telah dilarikan ke rumah sakit.
Dilansir dari CNN, Pasukan Angkatan Laut Pasifik AS pada Minggu sore menulis di Twitter bahwa semua kru telah meninggalkan kapal.

Salah seorang petugas pemadam kebakaran San Diego (SDFD), Mónica Muñoz, mengatakan petugas pemadam kebakaran menembakkan tiga alarm di kapal pada Minggu pagi. Beberapa agensi berbeda juga dilaporkan ikut membantu memadamkan kobaran api.

“Federal Fire mengerahkan kru mereka di atas kapal bersama kru pemadam kebakaran Angkatan Laut AS dari tepi pantai untuk melawan api guna menemukan titik api dan memadamkannya,” kata Kepala Divisi Federal Fire San Diego, Rob Bondurant, dalam sebuah pernyataan.

Hingga kini belum jelas apa yang menjadi penyebab kebakaran. Namun seorang pejabat pertahanan menyebut laporan awal menunjukkan kebakaran dimulai di dek sumur (the well deck). Dek sumur merupakan tempat keluar-masuknya kapal pendarat kecil dari perut kapal. Dia juga mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Mark Esper telah diberitahu tentang insiden tersebut.

Menurut Angkatan Laut AS, USS Bonhomme Richard adalah kapal serbu ambifi. Ketika kebakaran terjadi, ada 160 orang di dalamnya dan saat ini kapal yang memiliki seribu awak itu tengah menjalani perawatan.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Petahana Andrzej Duda Terpilih Lagi Jadi Presiden Polandia

Published

on

By

Presiden Polandia Andrzej Duda. (AFP/JANEK SKARZYNSKI)

Finroll.com, Jakarta – Petahana, Andrzej Duda telah memenangkan pemilihan presiden Polandia pada pilpres putaran kedua, Minggu (12/7) yang berlangsung sengit. Duda akan menjadi presiden Polandia untuk kedua kalinya dalam waktu lima tahun ke depan.

Dilaporkan Associated Press, Komisi pemilihan Polandia mengatakan bahwa Duda mengantongi 51,21 persen suara dari 99,97 persen distrik. Duda unggul atas rivalnya, Rafal Trzaskowski yang mendapatkan 48,79 persen suara.

Kepala komisi pemilihan, Sylwester Marciniak mengatakan hasil resmi penghitungan suara akan diumumkan kemudian.

Marciniak mengatakan hasil penghitungan suara bisa sedikit berbeda, tetapi Duda sudah unggul dengan mengantongi hampir 500 ribu suara lebih banyak dari Trazskowski.

“Terima kasih kepada rakyat Polandia yang memilih suara dan memberi suara mereka. Saya ingin berterima kasih kepada kalian dari lubuk hati yang paling dalam,” katanya kepada massa yang berkumpul di Pultusk.

Kemenangan Duda mengakhiri kampanye sengit yang didominasi isu-isu budaya. Media pemerintah hingga gereja Katolik turut berpengaruh memberikan dukungan pada Duda yang merupakan politikus Partai Hukum dan kehakiman.

Partai yang menaungi Duda berusaha untuk memperbesar mayoritas di parlemen dan memberlakukan kebijakan sosial, yudisial dan imigrasi yang konservatif. Banyak pihak di Uni Eropa mengkritisi kebijakan semacam itu, menyebutnya anti-demokratis.

Kebijakan itu termasuk melarang kelas mengenai hak-hak kaum gay di sekolah. Dia pernah menyebut homoseksualitas lebih buruk dibanding komunisme.

Sementara rivalnya dari Partai Platform Sipil, Trazskowski saat kampanye berjanji untuk mempertahankan program kesejahteraan yang populer, tapi mengatakan akan memblokir segala legislasi yang katanya tidak konstitusional. Dia juga mengatakan akan memulihkan hubungan baik dengan Uni Eropa.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Mengenal Teknologi Kereta Peluru Jepang Shinkansen Terbaru

Published

on

By

Ilustrasi kereta cepat Jepang Shinkansen. (Rsa via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0)

Finroll.com, Jakarta – Jepang baru saja meluncurkan kereta Shinkansen N700S yang mulai beroperasi pada 1 Juli. Kereta ini disebut telah memecahkan rekor dari sisi kecepatan dan kelancaran perjalanan.

Kereta juga disebut mampu mengangkut penumpang dengan aman ketika terjadi gempa bumi. Kereta ini didukung oleh teknologi termutakhir Jepang sehingga mampu memberikan performa di atas rata-rata.

Kereta memiliki kecepatan maksimal 360 kilometer per jam, rekor baru yang ditetapkan selama uji coba pada 2019, menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia. Namun dari sisi operasional, kecepatan akan dibatasi di 285 kilometer per jam.

Perusahaan perakit  kereta baru ini sangat menekankan keamanan. Kereta ini memiliki sistem kendali dan rem otomatis yang ditingkatkan sehingga  berhenti lebih cepat jika terjadi keadaan darurat.

Kereta juga dilengkapi dengan sistem self-propulsion baterai lithium-ion  yang pertama dari jenisnya di dunia. Sistem ini memungkinkan kereta tetap berjalan meski saat listrik padam.

Kereta juga mampu berjalan ke lokasi yang lebih aman dengan kecepatan rendah apabila kereta berhenti di daerah berisiko tinggi, misalnya di jembatan atau di terowongan saat gempa bumi.

Dilansir dari Japan Times, lebih banyak kamera juga telah dipasang di setiap gerbong, ditingkatkan dari  dua kamera menjadi enam di setiap gerbong.

Beberapa komponen juga ditingkatkan sehingga akan memakan lebih sedikit di bawah kereta dibandingkan dengan  model yang lama. Hal ini membuat jumlah gerbong bisa ditingkatkan dari 4 menjadi 16 gerbong.

Desain Ini juga mengurangi konsumsi energi sekaligus mempercepat waktu produksi, menjadikannya pilihan yang lebih menarik bagi operator internasional.

“Dengan membuat mekanisme di bawah lantai N700S lebih ringan dan lebih ringkas, kami menciptakan standar baru. Standar baru ini juga akan membantu dalam mengembangkan bisnis kami ke luar negeri,” ujar wakil kepala departemen bisnis kereta  Central Japan Railway (JR Central), Masayuki Ueno.

Dilansir dari CNN, penampilan N700S tidak terlihat terlalu berbeda dari model N700 atau N700A yang lama.

Tapi apabila dilihat lebih dekat, kereta baru memiliki hidung yang lebih bersudut, ‘pipi’ yang lebih lebar dan desain lampu yang lebih ramping.

Di bagian interior, kursi yang dirancang baru memungkinkan penumpang untuk berbaring lebih jauh, menawarkan kenyamanan lebih terutama untuk pengendara jarak jauh. Setiap kursi juga memiliki colokan listrik tersendiri.

Pencahayaan interior telah dirancang untuk menciptakan suasana yang lebih lembut dan lebih santai. Rak bagasi di atas kepala akan menyala di setiap pemberhentian untuk mengingatkan penumpang terhadap barang-barang mereka.

Sistem suspensi aktif baru dapat membantu menyerap gerakan kereta sehingga perjalanan akan terasa lebih mulus dan minim getaran.

Huruf ‘S’ dari N700S adalah singkatan dari ‘Supreme’ melayani jalur Tokaido Shinkansen, yang menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Osaka.

Ini adalah model kereta peluru baru pertama yang ditambahkan ke jalur Tokaido Shinkansen oleh JR Central dalam 13 tahun, Peluncuran yang semula dijadwalkan bertepatan dengan Olimpiade Tokyo pada 2020 yang ditunda menjadi 2021 akibat pandemi Covid-19.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending