Connect with us

News

Ledakan di Mall Taman Anggrek Berasl Dari Food Court

Published

on


Ledakan di Mall Taman Anggrek Berasl Dari Food Court

Finroll.com – Sebuah ledakan terjadi di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Ledakan itu terjadi pada Rabu (20/2) sekira jam 10.00 WIB.

Kanit Reskrim Polsek Tanjung Duren AKP Rensa Aktadivia mengatakan, dugaan sementara ledakan itu berasal dari tabung gas tempat makan disalah satu mall tersebut.

Dari ledakan tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, pihaknya tengah mengecek guna mengetahui sumber ledakan tersebut.

“Tidak ada korban jiwa ya,” ungkapnya.Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikan kerugian materil akibat ledakan tersebut.

“Kerugian materil itu juga belum bisa dipastikan jumlahnya berapa,” jelasnya.

Manajemen Mall Taman Anggrek juga memberikan pernyataan bahwa ledakan berasal dari pipa gas yang berlokasi di lantai 4.

“Dengan pernyataan ini, manajemen Mal Taman Anggrek mengenai ledakan pipa gas yang terjadi pada 20 Februari pukul 10.30 pagi yang berlokasi di lantai 4 Mal Taman Anggrek,” demikian pernyataan manajemen Mal Taman Anggrek kepada wartawan.

(berbagai sumber)

Nasional

Tangani Corona, Tenaga Medis di Yogya Dikucilkan Masyarakat

Published

on

By

Finroll – Yogyakarta, Tenaga medis dianggap sebagai pahlawan karena berada di garis terdepan dalam menangani pasien yang terpapar virus corona (Covid-19). Namun, tak sedikit dari mereka mendapat stigma negatif sebagai pembawa virus di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Widodo Wiryawan mengatakan mendapat laporan beberapa perawat mendapat stigma negatif. Salah satunya, ada perawat yang tak bisa memperpanjang sewa kos.

“Ada laporan ke kami bahwa ada perawat yang tidak bisa memperpanjang kosnya,” kata Widodo kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/4).

Widodo mengaku pihaknya telah menyiapkan beberapa bangsal di RS untuk menjadi tempat tinggal sementara bagi para petugas medis jika mendapatkan penolakan di masyarakat.

Ia pun berharap pemerintah membantu mengubah stigma negatif masyarakat kepada para petugas medis yang menangani pasien Covid-19). Menurutnya, pemerintah perlu menjelaskan masalah ini sampai ke tingkat RT.

“Bisa dilakukan melalui teleconference, atau menggalakkan di media massa , serta membuat aturan hukum sehingga pelakunya bisa dikriminalkan, jika ada stigma,” ujarnya.

Kejadian serupa juga dialami perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yogyakarta. Direktur Utama di RSUD Yogyakarta, Ariyudi Yunita mengatakan sejumlah perawat di tempatnya sulit mencari tempat kos.

“Sementara mereka susah cari tempat kos,” kata Ariyudi.

Sebelumnya, pelaksana tugas Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito Yogyakarta, Rukmono Siswihanto menyatakan tak semua warga menolak para tenaga medis.

Namun, kata Rukmono, muncul kekhawatiran masyarakat dengan keberadaan petugas medis. Padahal, seluruh tenaga medis setelah bertugas langsung membersihkan diri.

“Petugas medis yang berkontak langsung dengan pasien, maka setelah selesai melayani harus mandi, ganti baju sehingga ketika pulang sudah memakai pakaian lainnya,” kata Rukmono.

Sementara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meminta masyarakat tidak memberikan stigma negatif kepada para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya yang menangani pasien virus corona.

“Percayalah masyarakat, bahwa tenaga medis ini pada waktu pulang sudah dalam keadaan bersih,” ujarnya.

 

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

AS Catat Lonjakan Kematian, Tembus 1.736 Harian akibat Corona

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Amerika Serikat mencatat lonjakan korban jiwa akibat virus corona harian sebanyak 1.736 kematian dalam sehari pada Selasa (7/4) malam. Data yang dirilis John Hopkins University mencatat total kematian akibat corona di AS kini menembus 12.722 korban jiwa.

Mengutip CNN, rekor angka kematian kali ini melampai lonjakan sebelumnya pada 4 April lalu sebanyak 1.344 korban jiwa dalam sehari.

Sementara jumlah pasien Covid-19 di Negeri Paman Sam hingga saat ini sebanyak 398.185 orang. Sekitar 21.849 orang dinyatakan sembuh.

Dari total kematian harian, New York mencatat korban jiwa tertinggi sebanyak 4.509 orang. Disusul Michigan sebanyak 402 jiwa dan New Jersey dengan 263 kematian.

Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (4/4) lalu sempat mengungkap upaya pencegahan dan mitigasi penyebaran virus corona.

AS Catat Lonjakan Kematian Harian akibat Corona Tembus 12.844Foto: CNN Indonesia/Fajrian

Trump meminta seluruh warganya untuk tetap berada di rumah dan menerapkan jaga jarak (social distancing). Sekitar 1.000 personel tambahan medis militer akan dikirimkan ke New York yang merupakan pusat penyebaran virus corona di AS.

Total pasien virus corona di seluruh dunia saat ini mencapai 1.428.428 kasus dengan kematian sebanyak 82.020 dan 300.198 pasien yang dinyatakan sembuh. Disusul Spanyol dan Italia masing-masing dengan 141.942 kasus dan 135.586 pasien.

Sementara jumlah korban meninggal tertinggi hingga kini berasal dari Italia yakni mencapai 17.127 korban jiwa dengan 24.392 pasien dinyatakan sembuh.

 

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Nasional

Polisi Gelar Patroli Skala Besar 24 Jam Jelang PSBB Jakarta

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Aparat dari Polda Metro Jaya akan menggelar patroli skala besar dalam dua hari ke depan, sebagai tindak lanjut pemberlakuan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jakarta, Jumat (10/4).

Patroli skala besar dilakukan untuk sosialisasi penerapan status PSBB di ibu kota.

“Selama dua hari ini, kita sambil patroli skala besar. Kita sambil sosialisasikan kepada masyarakat masalah PSBB ini,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/4).

Yusri pun menegaskan pihaknya bakal melakukan patroli selama 24 jam setiap hari untuk mencegah warga ibu kota berkumpul di tengah wabah virus corona (Covid-19).

“24 jam kita keliling bersama TNI dan Pemda, Kamtibmas, Babinsa sama RT, RW, lurah, dari Polsek jalan terus,” kata Yusri kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/4).

Sejauh ini, Yusri mengklaim telah terjadi penurunan aktivitas masyarakat yang berkumpul atau berkerumun.

“Sekarang sudah mulai menurun, indikator menurun apa, restoran sudah enggak menerima lagi namanya orang bertamu datang ke situ,” ujarnya.

Status PSBB di Jakarta bakal diberlakukan pada Jumat (10/4) mendatang. PSBB akan diterapkan selama masa inkubasi atau 14 hari.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan PSBB akan membatasi pergerakan dan interaksi warga ibu kota. Kerumunan orang akan dilarang jika berjumlah lebih dari lima orang.

Pemprov DKI bersama polisi dan TNI akan membubarkan dan mengambil tindakan tegas jika ada kerumunan di atas lima orang.

“Jadi patroli akan ditingkatkan. Ini bukan untuk kepentingan siapa-siapa. Tapi untuk kepentingan kita semua,” ujar Anies, Selasa (7/4).

Anies juga melarang acara resepsi pernikahan dan acara lain yang berpotensi mengundang orang dalam jumlah besar.

Selain itu ada pembatasan operasional transportasi umum, peliburan sekolah dan perkantoran. Pengecualian diberlakukan bagi kantor pemerintahan dan usaha di sektor yang berkepentingan dengan kebutuhan orang banyak.

 

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending