Connect with us
[adrotate group="1"]

Ragam

Lelang Harta Karun Keluarga Terkaya di Dunia, Berapa Harganya?

Published

on


Finroll.com – Keluarga Rothschild akan melelang sejumlah harta karun bernilai seni tinggi yang mereka miliki selama turun-temurun. Salah satunya adalah sepasang kandelabra porselen yang dulu merupakan hadiah dari Raja Louis XV.

Koleksi keluarga Rothschild itu akan dijual di rumah lelang Christie’s pada 4 Juli 2019 di London. Estimasi harga mulai dari USD 63 ribu (Rp 888 juta) untuk sebuah gelas bergagang patung manusia duyung. hingga sebesar USD 3,1 juta (Rp 43 miliar) untuk sepasang kabinet berdesain kompleks.

Berdasarkan situs resmi Christie’s, ada 17 koleksi mahakarya keluarga Rothschild yang dilelang, yang dikoleksi oleh Baron Mayer Carl von Rothschild (1820-1886), Baron Gustave de Rothschild (1829-1911), dan Baron Nathaniel von Rotschild (1836-1905). Rata-rata barang tersebut berasal dari abad ke-17 dan ke-18.

Ada kandelabra yang awalnya merupakan hadiah dari Raja Louis XV kepada keluarga bangsawan Borghese yang turut dilelang. Faktor mencolok dari kandelabra ini adalah tampilan burung bercorak cokelat, biru, dan abu-abu, di tengah ukiran rumit gagang liling. Estimasi harganya adalah USD 190 ribu (Rp 2,6 miliar) hingga USD 316 ribu (Rp 4,4 miliar).

Harta karun Rotschild yang tak kalah artistik adalah sebuah gelas setinggi 38,2 cm yang gagangnya berupa manusia duyung yang menopang kerang untuk menampung minuman. Di bagian atas gelas terlihat sesosok putto (lelaki kecil) yang memegang anak panah sembari menunggang ikan.

Gelas setinggi 38,2 cm ini ditaksir seharga USD 63 ribu (Rp 888 juta) sampai USD 101 ribu (Rp 1,4 miliar).

Harta karun termahal dari pelelangan ini adalah sepasang kabinet (lemari) yang memiliki mahkota di atasnya. Kabinet setinggi hampir 2,5 meter ini menampilkan detail seni yang luar biasa, mulai dari gambaran militer kuno di permukaan pintu, hingga dua patung caryatid (sosok penopang) di bagian depan lemari.

Keindahannya pun tak hanya dipermukaan, ketika pintunya dibuka, maka terlihat pola geometris yang memanjakan mata. Harganya ditaksir Christie’s bisa mencapai USD 3,1 juta (Rp 43 miliar).

Sotheby’s baru-bari ini dibeli oleh miliarder. Rumah lelang bergengsi itu terjual seharga USD 3,7 miliar.

Miliarder itu adalah Patrick Drahi (55) yang memimpin perusahaan telekomunikasi Altice di Belanda. Ia membeli dengan cara menguasai saham Sotheby’s di Bursa Saham New York, demikian laporan Forbes.

“Sotheby’s adalah salah satu brand paling elegan dan aspirasional di dunia,” ujar sang miliarder seraya mengapresiasi dukungan dewan direksi Sotheby’s.

Chairman Sotheby’s, Domenico De Sole, mengaku senang dengan pembelia ini. Ia lebih menyukai Sotheby’s ada di tangan pribadi ketimbang sahamnya berada di bursa.

Forbes mencatat kekayaan miliarder ini sebesar USD 9,2 miliar (Rp 131,7 triliun). Ia memiliki kewarganegaraan Prancis dan bertempat tinggal di Swiss.

Sementara itu, rumah lelang Christie’s yang merupakan musuh besar Sotheby’s juga dimiliki oleh miliarder Prancis, yakni Francois-Henri Pinault. Dengan ini, dua rumah lelang paling bergengsi di dunia dipegang oleh warga Prancis.

Sotheby’s pertama kali aktif di dunia kolektor seni pada tahun 1744. Lokasi rumah lelang asal London itu juga telah hadir di kota besar dunia seperti New York, London, Hong Kong, Paris, Milan, Geneva, Doha, dan Dubai.

Beberapa barang yang pernah dijual Sotheby’s yakni batu bulan dari misi luar angkasa Luna-16, lukisan Le Repos karya Picasso, lukisan The Scream karya Munch, hingga cincin kawin James Bond di film On Her Majesty’s Secret Service.

Salah satu lukisan paling mahal yang pernah dijual Sotheby’s adalah lukisan Salvator Mundi.

Lukisan Salvator Mundi merupakan lukisan termahal di dunia yang keberadaan sempat tak diketahui. Lokasinya ternyata di kapal yact milih Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Dilaporkan New York Post, Salvator Mundi dibeli oleh utusan Pangeran MBS pada tahun 2017 lalu. Kala itu, harga lukisannya laku USD 450 juta atau kini setara Rp 6,6 triliun jika disesuaikan inflasi. Lokasi lukisan pun sempat tak terdeteksi.

Menurut Bloomberg, kapal yacht bernama Serene itu memiliki panjang 493 kaki (134 meter). Per 26 Mei 2019, Serene berada di Laut Merah, dekat kota resor Mesir, yaitu Sharm el-Sheikh, di Semenanjung Sinai.

Kapal bukanlah tempat ideal untuk menyimpan lukisan antik yang notabene rapuh. Tetapi, banyak kolektor yang sering membawa lukisan-lukisan tersebut ke atas kapal mereka.

Kapal Serene akan tetap menjadi rumah bagi Salvator Mundi sampai Arab Saudi membuat pusat budaya di daerah Al-Ula. Salvator Mundi adalah bahasa Latin  yang berarti Penyelamat Dunia.

Sebelumnya, Museum Louvre di Paris ingin meminjam Salvator Mundi untuk dipamerkan di sana, tetapi hal itu tidak ditanggapi positif oleh pihak MBS. Sebab, pihak Louvre tak mau mengakui lukisan Salvator Mundi sebagai karya milik Leonardo da Vinci.

Salvator Mundi adalah lukisan yang menggambarkan Yesus Kristus sambil memegang sebuah bola kaca. Lukisan ini masih membuat polemik karena diduga bukan karya Leonardo da Vinci, melainkan muridnya.

Advertisement Valbury

Ragam

Sri Mulyani Beri Diskon ke 214 Ribu Wajib Pajak

Published

on

Sri Mulyani mengabulkan pemberian diskon pajak yang diajukan 214 ribu wajib pajak. (FINROLL/IST)

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan pemerintah telah menyetujui 214.097 permohonan wajib pajak (WP) untuk mendapatkan insentif pajak di masa pandemi covid-19. Data ini terhitung per 25 November 2020.

“Mayoritas adalah pajak karyawan,” ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (2/12).

Pajak karyawan yang dimaksud Sri Mulyani diberikan melalui insentif pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP). Insentif itu diberikan untuk 130.958 WP.

Kemudian, pembebasan PPh Pasal 22 Impor diberikan untuk 14.580 WP, pengurangan angsuran PPh Pasal 25 diberikan untuk 66.324 WP, dan restitusi dipercepat diberikan kepada 2.235 WP. Mayoritas insentif ini diberikan untuk sektor perdagangan.

“Sektor perdagangan ini 100.470 WP atau 46,93 persen,” imbuh Sri Mulyani.

Lalu, insentif diberikan kepada 41.137 WP atau 19,22 persen WP yang bergerak di industri pengolahan, 14.855 WP atau 6,94 persen WP yang bergerak di sektor konstruksi dan real estate, serta 13.625 WP atau 6,36 persen WP yang bergerak di sektor jasa perusahaan.

“Dapat disimpulkan bahwa insentif fiskal memberikan pengaruh terhadap kelangsungan usaha WP, terlihat dari kontraksi omzet dan penurunan utilitasi tenaga kerja yang lebih baik pada WP yang memanfaatkan insentif,” jelas Sri Mulyani.

Diketahui, pemerintah mengalokasikan dana untuk insentif usaha sebesar Rp120,6 triliun. Namun, realisasinya hingga 25 November 2020 baru sebesar Rp46,4 trililun.

Secara keseluruhan, pemerintah menganggarkan dana untuk penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebesar Rp695,2 triliun. Hanya saja, dana yang sudah terserap baru 62,1 persen atau Rp431,54 triliun per 25 November 2020.

Rincian realisasi tersebut, yakni klaster kesehatan sebesar Rp40,32 triliun, perlindungan sosial Rp207,8 triliun, sektoral k/l dan pemda Rp36,25 triliun, dukungan UMKM Rp98,76 triliun, insentif usaha Rp46,4 triliun, dan pembiayaan korporasi Rp2 triliun.

Sumber Berita : CNN Indonesia

Continue Reading

Ragam

Tolak Ciptaker, Buruh Gelar Aksi Serentak Nasional 2 November

Published

on

FINROLL.COM – Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2 November 2020. Aksi tersebut merupakan aksi serentak nasional buruh yang sejak awal menolak UU Ciptaker.

Aksi itu bersamaan dengan penyerahan berkas Judicial Review Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memprediksi Presiden Joko Widodo akan menandatangani UU Ciptaker pada 28 Oktober 2020.

“Bilamana UU Cipta Kerja ditandatangani presiden dan sudah ada nomornya, maka KSPI dan beberapa serikat buruh akan melakukan aksi serentak nasional untuk menolak UU Cipta Kerja,” kata Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/10).

Di Jakarta, kata dia, aksi akan melibatkan puluhan ribu buruh dan dipusatkan di Mahkamah Konstitusi dan Istana, dilaksanakan pada hari Senin tanggal 2 November 2020.

“Sebelumnya saya mengatakan tanggal 1 November 2020. Ternyata tanggal satu adalah hari Minggu, jadi yang benar adalah 2 November, hari Senin,” kata Said Iqbal.

KSPI memperkirakan, Presiden akan menandatangani UU Cipta Kerja dan penomoran paling lambat 28 Oktober. Sementara tanggal 29 – 31 Oktober ada libur panjang, sehingga KSPI, KSPSI AGN, dan 32 federasi/konfederasi serikat buruh akan menyerahkan berkas judicial review ke Mahkamah Konstitusi pada tanggal 2 November 2020.

Pada saat penyerahan berkas judicial itulah, buruh melakukan aksi nasional dengan tuntutan agar Mahkamah Konstitusi membatalkan omnibus law UU Cipta Kerja dan meminta Presiden untuk mengeluarkan Perpu untuk membatalkan UU Cipta Kerja tersebut.

“Aksi nasional buruh pada 2 November tersebut dilakukan serempak di 24 provinsi dan 200 kabupaten/kota yang diikuti ratusan ribu buruh. Sedangkan aksi di Istana dan Mahkamah Konstitusi diikuti puluhan ribu buruh,” kata Said Iqbal.

Selain itu, KSPI juga akan melakukan aksi nasional serempak di 24 provinsi pada tanggal 9 – 10 November yang diikuti ratusan ribu buruh dengan tuntutan DPR RI harus melakukan pencabutan omnibus law UU Cipta Kerja melalui proses legislative review sesuai mekanisme UUD 1945 pasal 20, 21, dan 22A serta UU PPP.

Selain meminta pencabutan omnibus law UU Cipta Kerja, dalam aksi pada tanggal 9-10 November 2020 juga akan disampaikan tuntutan buruh lainnya yaitu meminta kenaikan upah minimum 2021 sebesar 8% di seluruh Indonesia dan menolak tidak adanya kenaikan upah minimum 2021.

Dijelaskan Said Iqbal, aksi nasional tersebut serempak dilakukan di 24 propinsi dan melibatkan 200 kab/kota, antara lain: Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang Raya, Serang, Cilegon, Karawang, Bekasi, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, Bandung Raya, Cimahi, Cianjur, Sukabumi, Semarang, Kendal, Jepara, Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, dan Gresik.

Selain itu, aksi juga akan dilakukan di Jogja, Banda Aceh, Medan, Deli Serdang, Batam, Bintan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Lampung, Makassar, Gorontalo, Bitung, Kendari, Morowali, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Lombok, Ambon, Papua, dan sebagainya.

“Aksi KSPI dan serikat buruh lainnya ini adalah aksi anti kekerasan ‘non violence’. Aksi ini diselenggarakan secara terukur, terarah dan konstitusional. Aksi tidak boleh anarkis dan harus damai serta tertib,” pungkasnya.  (CNN INDONESIA)

Continue Reading

Ragam

Jokowi : Undang-undang ketenagakerjaan diperlukan agar Indonesia maju di tengah pandemi

Published

on

FINROLL.COM – Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah berusaha untuk mempertahankan berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja yang sangat kontroversial, dengan alasan undang-undang tersebut diperlukan untuk membuat Indonesia lebih kompetitif secara ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

“Pandemi COVID-19 global tidak menghalangi pemerintah dari melakukan reformasi struktural. Sementara beberapa negara maju menghadapi keterpurukan, di sisi lain Indonesia sedang maju, “kata Jokowi dalam pidato di acara virtual peringatan HUT ke-56 Partai Golkar, Sabtu, seperti dikutip kompas.com.

adalah semangat di balik kebijakan pemerintah, termasuk UU Cipta Kerja. “Ia mengatakan undang-undang yang baru disahkan itu akan membantu usaha kecil tumbuh lebih cepat dengan menyederhanakan izin usaha dan proses sertifikasi halal untuk usaha mikro, kecil dan menengah.” 2021 akan menjadi tahun yang tepat. tahun peluang, tahun pemulihan ekonomi nasional dan global, “katanya.”

Pandemi ini memang merugikan kita, namun membuka peluang juga. , asal kita bertindak lebih cepat dan efisien dibanding negara lain. ”Dalam sambutannya, ia juga berterima kasih kepada Golkar atas dukungannya terhadap omnibus law di DPR.

Para ahli dan aktivis mengatakan undang-undang tersebut diburu-buru di DPR dalam sebuah proses inkonstitusional dan bahwa undang-undang itu sendiri dapat merusak hak-hak buruh dan perlindungan lingkungan.

Beberapa kelompok dan serikat pekerja masih berencana untuk menggelar lebih banyak protes menuntut pencabutan undang-undang tersebut dalam beberapa hari mendatang. (thejakartapost)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending