Connect with us

Kuliner

McDonald’s Sarinah Tutup: Sejuta Kenangan dan Saksi Sejarah

Published

on


Finroll – Jakarta, Restoran cepat saji McDonald’s readyviewed Sarinah bakal tutup permanen pada 10 Mei pukul 22.05 WIB. Hal ini dilakukan atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang diterima oleh manajemen McDonald’s Indonesia pada hari Kamis, 30 April 2020. Manajemen gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

“Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana. Bagi kami, McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia.”

“Namun bagi jutaan konsumen McDonald’s yang pernah singgah di restoran kami tersebut, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan,” ucap Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia dalam pernyataannya kepada CNNIndonesia.com.

Sejarah McDonald’s di Indonesia

McDonald’s pertama kali berdiri di California, Amerika Serikat pada 1955 lalu. Restoran cepat saji waralaba dari Amerika ini pertama kali hadir di Indonesia saat hari Valentine, 14 Februari 1991. Gerai pertama di Indonesia ini terletak di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat.

Sempat meninggalkan Sarinah, Thamrin pada tahun 2009, dan digantikan oleh Tony’s Jack McDonald’s berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada tahun 2011 melalui proses tender.

Mengutip laman resminya, restoran dengan andalan burger BicMac ini hadir di Indonesia di bawah naungan PT Rekso Nasional Food (RNF), Rekso Group.

Sampai saat ini, restoran tersebut telah membuka sekiranya lebih dari 200 gerai McDonald’s tersebar di berbagai kota di Indonesia yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Berasal dari Amerika, restoran burger dan ayam ini mendapatkan label dan sertifikat halal dari MUI pada 1994 lalu. Dan di tahun 1995, restoran ini juga menerapkan konsep drive thru pertama kali.

Sukses dengan restorannya, McDonald’s juga akhirnya memboyong konsep kafe dari restoran dengan maskot Ronald McDonald’s ini. McCafe pertama di Indonesia hadir pada Mei 2007 lalu di Kemang.

Kenangan dan Saksi Sejarah
Sarinah, mal mewah dan populer pada masanya semakin diramaikan dengan kehadiran restoran cepat saji dari Amerika ini.

Setelah 30 tahun berdiri di Indonesia, tak dimungkiri restoran ini menjadi bagian hidup dari banyak orang. Ada kenangan yang tertinggal di tiap sudut restoran 24 jam ini. Bukan cuma soal ayamnya yang renyah dan burger yang gurih serta paket sarapannya yang enak, tapi ada yang jadi cerita hidup, tempat keluh kesah, juga kongko bersama sahabat atau bahkan kekasih saat keuangan mencekik di malam minggu.

“Di tempat ini saya selalu janjian sama teman-teman, hanya sekadar untuk ngobrol atau kangen-kangen sama mereka. Murah meriah dan bisa nongkrong lama,” ucap salah satu responden CNNIndonesia.com.

“Ini tempat paling strategis yang ada di tengah-tengah.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Ai. Area sudut jadi tempat pilihannya.

“Kalau mau kerja sambil ngerumpi sama teman-teman, sambil cerita soal bos dan kerjaan masing-masing, enak banget di situ. Selalu milih di pojok belakang di lantai bawah, karena ada colokan dan kursinya banyak jadi pas sama jumlah teman-teman.”

“Tempat ini banyak kenangannya. Dulu ketika abis pulang kerja mampir ke sini. Bahkan pernah sengaja mampir ke sini waktu abis ada acara dan ketika kehabisan kereta malam akhirnya nongkrong di sini sampai pagi dan baru bisa pulang ke rumah,” ucap Tina, responden lainnya.

Kisah soal kenangan McD Sarinah juga dialami oleh Sari. Restoran ini juga menjadi tempat ‘aman’ untuknya saat merayakan Tahun Baru.

“Restoran ini jadi tempat aman untuk rayakan Tahun Baru sama teman-teman beberapa tahun lalu. Walau rame banget tapi paling enggak, kami bisa kumpul, merayakan Tahun baru dengan proper dibanding desak-desakan di Bundaran HI. Dan sekarang salah satu teman kami itu sudah tiada. Sedih.”

Tawa, kekesalan, marah, sampai individu yang tengah dimabuk cinta dan pengejar cinta juga kerap terasa di sini.

Bukan cuma tempat kenangan, namun lokasinya di tempat strategis dan perempatan besar di pusat Jakarta, membuat McDonald’s Sarinah menjadi saksi sejarah berbagai kejadian mencekam di Indonesia. Seperti diketahui, restoran ini berada tepat di seberang gedung Bawaslu.

Salah satu yang masih teringat adalah saat Demo 22 Mei di depan Gedung Bawaslu.

Massa aksi 22 Mei mulai melempari sejumlah gedung yang terletak di pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin, Jakarta, Kamis (23/5) dini hari.

Saat itu massa melempari restoran cepat saji McDonald’s yang terletak di kawasan Perbelanjaan Sarinah. Akibatnya kaca restoran pecah.

Petugas keamanan Sarinah, Achmad Sanusi mengatakan massa hanya melempari restoran dengan batu dan tidak melakukan aksi penjarahan.

“Alhamdulillah enggak ada yang dicuri. Cuma kaca pecah saja. Massa melempar batu,” katanya kepada CNNIndonesia.com.

Selain itu, restoran ini juga menjadi saksi dari demo dan kericuhan hari HAM yang terjadi pada 10 Desember 2019 lalu. Kericuhan di Sarinah tersebut merupakan buntut dari bentrok antara demonstran dengan aparat kepolisian saat selesai menggelar aksi memperingati hari HAM di Istana Negara. Saat itu massa menggelar long march menuju Kampus Atma Jaya. Namun bentrokan terjadi di depan Sarinah.

“Mereka (yang diamankan) tadi tuh lempar-lempar traffic cone, batu, botol ke arah tukang ojek. Orang lain jadi terganggu,” tutur Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Wiraga Dimas Tama.

Kejadian selanjutnya adalah long march mahasiswa Perppu KPK yang terjadi pada Oktober 2019 lalu.

Mahasiswa berdemo menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang pencabut UU KPK. Mereka menggelar long march, jalan kaki menuju Istana Merdeka, Jakarta dari Dukuh Atas melewati Sarinah.

Namun kejadian tak terlupakan yang terjadi di area depan McDonald’s Sarinah adalah ledakan bom Thamrin. Sampai saat ini kejadian tersebut masih menciptakan trauma, khususnya bagi korban dan keluarganya.

Ledakan bom Thamrin ini terjadi di restoran ini melainkan kafe yang ada di seberang Sarinah, Starbucks Menara Cakrawala. Namun imbasnya juga terasa sampai di sana.

Saat itu polisi telah mengamankan enam buah bom yang belum sempat diledakan para pelaku teror di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1). “Pada saat clearing device, ada lagi ditemukan enam bom, lima bom kecil sebesar kepalan tangan kami sebut dengan granat tangan rakitan dan satu lagi bom yang lumayan besar sebesar kaleng biskuit. Jadi semua ada enam yang berhasil kami amankan,” ujar Tito Karnavian yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya Irjen di Istana Negara.

Media pemberitaan ISIS mengklaim, serangan bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dilakukan oleh kelompok teror tersebut.

Ditutupnya McDonald’s Sarinah secara permanen yang sudah menjadi ikon bersejarah di Jakarta ini meninggalkan kesan dan kenangan khusus bagi banyak orang Indonesia.

 

Sumber : CNN Indonesia

Kuliner

Jelly Jack Suguhkan Konsep Menarik Kombinasi Segar, Asam, Manis Dalam Satu Cup

Published

on

Tren kuliner, khususnya minuman kekinian seolah tak ada hentinya. Ada saja varian baru yang hadir tiap waktu. Perubahan yang dibuat bukan hanya pada rasa, melainkan juga tambahan bahan pelengkap dan topping yang kemudian disempurnakan dengan kemasan berkonsep menarik.

Minuman dengan konsep menarik ini juga di kemas oleh Jelly Jack. Jelly Jack hadir dengan menyuguhkan konsep yang berbeda. Jika jelly biasanya identik dengan makanan yang berstruktur kenyal, maka kali ini Jelly Jack menyuguhkan jelly dalam bentuk minuman dengan kombinasi segar, asam, manis dalam satu cup. Jelly Jack ini mempunyai varian menu tak terbatas dengan banyaknya varian topping yang diminati masyarakat. Terbukti ketika awal launching tahun kemarin membuat orang rela mengantri hanya demi mendapatkan sensasi minuman kekinian Jelly Jack.

Jelly Jack menghadirkan menu tak terbatas dimana ada 13 pilihan rasa yang setiap orang bisa custom topping yang ada di daftar menu. Menu Jelly Jack ini di antaranya ada matcha latte jelly, chocho silverqueen, dan juga yakult mango jelly dengan citra susu dan yakult yang menyehatkan dan di sukai semua kalangan.

Disaat yang bersamaan, jelly bisa menyehatkan tubuh karena baik untuk pencernaan. Serat dari rumput laut dan kandungan glisin dalam jelly dapat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, gelatin juga dapat merangsang produksi asam lambung dan enzim-enzim perncernaan lainnya agar mempermudah makanan bergerak dalam saluran pencernaan. Itu sebabnya makan jelly dapat mencegah risiko masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Kesehatan saluran cerna yang lebih baik juga pada akhirnya membantu tubuh lebih efektif mengatur dan menyimpan energi serta cadangan lemak.

Untuk bisa berbisnis Jelly Jack ini, khusus bulan ini ada potongan harga paket usaha hingga 4,1 juta.
Perlu diketahui paket normal kemitraan waralaba ini biasanya dipatok Rp 10 juta. Calon mitra hanya perlu membayar dengan harga 5,9 juta sudah termasuk paket lengkap berjualan serta booth protable. Sementara untuk paket booth ala container yang baisa ditawarkan dengan harga 15 juta, calon mitra hanya perlu membayar 7,5 juta. Dengan sistem kerjasama tanpa royalti fee dan bagi hasil. Support yang berkelanjutan juga menjadi nilai tambah benefit dari bermitra dengan Jelly Jack.

“Selain itu banyak sekali bonus yang akan didapat setelah bermitra dengan Jelly Jack. Bahkan nominal bonusnya sendiri lebih dari 6,9 juta” ujar Yuli selaku marketing Jelly Jack.

Editor : Arini Puji Astuti

Continue Reading

Kuliner

5 Cafe Baru yang Instagramable di Bandung

Published

on

Finroll.com – 5 Cafe Baru yang Instagramable di Bandung –  Suasana Bandung zaman dulu masih terasa hingga kini. Menikmatinya sembari menyesap kopi pun menawarkan pengalaman unik tersendiri. Namun, pengalaman berlibur di Bandung sambil ngopi santai bisa dibuat menjadi lebih menarik dengan berkunjung ke cafe Instagramable.

Perlu dicatat bahwa cafe-cafe di bawah ini menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengunjung.

1. Sawo Coffee & Roastery Kafe
bernuansa modern minimalis ini baru dibuka pada akhir 2019. Selama new normal, kafe buka setiap hari mulai pukul 09.00–21.00 WIB. Tempat itu memiliki sejumlah spot Instagramable. Beberapa di antaranya adalah sofa dalam ruangan dengan tanaman di belakangnya dan kursi dekat lukisan unik.

Ada juga tempat duduk di bawah tangga yang bisa dijadikan sebagai spot foto, juga area luar ruangan yang dipenuhi bebatuan dan dinding berhiaskan tanaman rambat. Beberapa minuman yang bisa dibeli antara lain adalah Iced Ginger Chocolate dan Iced Sulawesi 72% Chocholate yang masing-masing memiliki harga Rp 42.000. Ada juga Iced Moccacinno seharga Rp 33.600, Piccolo Rp 24.000, Affogato Rp 30.000, dan Peach Tea seharga Rp 31.200. Sawo Coffee & Roastery terletak di Jalan Braga nomor 76, Kecamatan Sumurbandung, Kota Bandung.

2. Haloka Haloka
berlokasi di Jalan Veteran nomor 7, Kecamatan Sumurbandung, Kota Bandung. Kafe ini baru dibuka pada awal 2020. Kafe bernuansa bak rumah sendiri ini menawarkan suasana khas kedai kopi zaman dulu yang dikombinasikan dengan sentuhan modern. Salah satu area yang bisa dijadikan spot foto adalah tempat duduk dekat jendela berwarna putih. Ada pula area luar ruangan yang dihiasi warna hijau dari sejumlah tumbuhan di sana. Beberapa menu yang bisa dipesan selama berada di sana adalah rangkaian mocktail Green Lantern, White House Signature, Deadpool, atau Pink Floyd yang masing-masing memiliki harga Rp 34.000. Ada juga kopi Ice Mocha dan Flat White yang masing-masing harganya adalah Rp 33.500, atau non-kopi seperti Polar Bear seharga Rp 30.000. Selama new normal, kafe buka setiap hari mulai pukul 09.00–21.00 WIB.

3. Morgy Coffee
Dibuka sejak Mei 2019, Morgy Coffee terletak di Jalan Anggrek nomor 46, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Kafe bernuansa industrialis modern ini didominasi unsur kayu, besi, bata merah, dan warna hitam, sehingga terlihat Instagramable di setiap sudutnya. Semua itu karena ornamennya, mulai dari tempat duduk dekat rak buku dan jendela hitam yang dihiasi lukisan besar, hingga area luar ruangan yang didominasi oleh unsur kayu dan tanaman hijau. Beberapa menu yang bisa dipesan saat berkunjung ke sana adalah Morgy Black Coffee seharga Rp 32.400, atau Morgy Mazagran dan Morgy Coco Delight yang masing-masing memiliki harga.

4. DE.U DE.U
baru dibuka pada Juli 2020. Lokasinya berada di Jalan Dipati Ukur nomor 23, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Kafe minimalis yang didominasi warna putih ini memiliki beberapa spot Instagramable yang bisa dijadikan tempt berfoto. Mulai dari undakan dekat kaca besar, tangga menuju rooftop, hingga area rooftop yang dihiasi bebatuan dan tanaman. Beberapa pilihan menu yang ditawarkan adalah Long Black Rp 26.000, Manual Brew Rp 28.000, Mocktail Summer Race Rp 30.000, dan hidangan ringan seperti Chicken Wings Rp 28.000. Baca juga : Tempat Ngopi Asik ,Cafe Pelangi & Resto Bogor

5. KYOMI 420
Jika ingin ngopi sambil merasakan suasana khas Jepang, kamu bisa berkunjung ke Kyomi 420 di Jalan Ir H Juanda nomor 420, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Jika berkunjung ke kafe yang sudah buka sejak pertengahan 2019 ini, pengunjung dapat berfoto dengan tampilan kafe yang terlihat seperti rumah tradisional Jepang.

Ada juga area luar ruangan yang dipenuhi bebatuan dan tanaman hijau yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Sambil menikmati udara sejuk khas Bandung, kamu bisa memesan Espresso seharga Rp 15.000, Es Kopi Susu Kyomi Rp 26.000, Japanese Iced Rp 24.000, atau Masala Tea seharga Rp 23.000. Selama new normal, Kyomi 420 buka setiap hari pukul 13.00–21.00 WIB.

Sumber : kompas.com

Continue Reading

Kuliner

Itinerary Nongkrong sambil Liburan di Cafe De Kendor Hambalang, Bogor

Published

on

Finroll.com – Itinerary Nongkrong sambil Liburan di Cafe De Kendor Hambalang, Bogor Kota Bogor memang terkenal dengan nuansa eksotik alamnya. Tak sedikit warga dari jauh mendatangi Kota Bogor untuk menikmati salah satu tempat wisatanya. Mulai dari wisata alam hingga wisata taman bermain. Banyak tempat wisata di Kota Bogor mengusung tema tempat wisata bernuansa alam, karena nuansa alam di Kota Bogor sangat indah untuk dipandang dan memiliki udara yang sejuk. Sehingga warga yang berkunjung ke salah satu tempat wisata di Kota Bogor menjadi tidak jenuh.

Ada satu tempat yang unik di kawasan Kota Bogor. Merupakan sebuah cafe yang memiliki konsep outdoor dan dibangun di kawasan perbukitan dan menghadap panorama pemandangan alam yang tentunya sangat menyejukkan mata dan sangat indah. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para anak muda khususnya untuk para muda mudi yang sedang bergejolak hatinya. Meskipun targetnya adalah anak muda, tak sedikit juga bagi para orang tua yang mengajak anaknya untuk sekedar bersantai sambil menikmati beberapa hidangan yang ditawarkan oleh pihak cafe. Kalian juga bisa mengajak teman-teman, keluarga, saudara, bahkan gebetan. Di tempat ini tak ada batasan usia maupun gender. Semua bisa datang di tempat ini.

Dengan nuansa yang dingin dan sejuk membuat anda akan semakin betah untuk berlama-lama nongkrong di tempat ini. Hidangan yang ditawarkan juga cukup beragam dan tentunya tidak menguras dompet anda. Tempat asik ini memiliki lahan seluas 360 meter persegi diatas perbukitan. Dengan memiliki konsep view pemandangan landscape alam pegunungan yang eksotis dan memiliki suguhan kuliner yang digemari oleh semua orang. Setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi pengunjung, khususnya pada malam minggu dan hari libur tempat ini dipastikan sangat padat sebab banyak yang datang membawa teman maupun gebetan.

mpat nongkrong asik ini terletak di Desa Hambalang, Kecamatan Citeurup, Bogor, Jawa Barat. Akses menuju tempat ini juga sangat mudah tak jauh dari pusat kota. Berjarak dari pusat kota sekitar 20 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Jika kalian bingung menemukan tempat ini, kalian bisa bertanya kepada satuan polisi sekitar Kota Bogor. Kalau kalian enggan untuk bertanya kepada satuan polisi, kalian bisa melihat panduan singkat di Google Maps maupun aplikasi lain yang anda percaya.

Rute singkat menuju ke Cafe De Kendor Hambalang ini jika kalian dari pusat Kota Bogor, arahkan kendaraan bermotor, sepeda pancal maupun jalan kaki anda menuju kantor Desa Hambalang. Setelah sampai disana, anda akan melihat papan petunjuk untuk menuju Cafe De Kendor Hambalang. Cukup singkat bukan. Tempat ini tidak diperuntukkan bagi kaum jomblo yang datang sendirian.

Untuk bisa memasuki cafe ini tidaklah gratis. Terdapat biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa nongkrong di Cafe yang eksotis ini. Biayanya tidaklah mahal, cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang, kalian bisa menikmati sejumlah fasilitas di dalam area cafe.

Harga Menu makanan yang ada di Cafe De Kendor Hambalang tidak terlampau mahal ya guys, paling tidak harga Rp 5.000 masih ada disini. Cukup menyeduh kopi ketika senja, akan memberikan sensasi yang luar biasa bagi para pengunjung ya.

Cafe De Kendor Hambalang buka setiap hari mulai hari senin hingga hari minggu, bahkan saat liburan juga tetap buka. Namun terdapat perbedaan jam buka, pada hari week day buka mulai pukul 09.00 – 21.00 dan untuk week end buka mulai 09.00 – 22.00.

Fasilitas Cafe De Kendor Hambalang
Meskipun hanya sekedar tempat nongkrong, tapi kalian jangan memandang sebelah mata fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola, karena cukup lengkap fasilitas yang memadai di tempat ini. Seperti :

empat nongkrong memang banyak, namun ada hal yang beda dari tempat nongkrong ini dan tempat nongkrong yang lain. Dengan menawarkan pemandangan alam yang indah dan angina yang sejuk, Cafe De Kendor Hambalang menjadi salah satu cafe favorit anak muda. Kalian bisa mengambil momen seru di tempat ini yang memiliki latar belakang perbukitan hingga pegunungan jika tak ada awan. Tempat ini viral sebab berada di rooftop dan membuat anda nyaman untuk singgah sambil menikmati beberapa hidangan yang ada di tempat ini.

2. Tempat Nongkrong
Café memang merupakan tempat nongkrong, banyak hidangan yang bisa di santap di tempat ini. Mulai minuman kopi hingga milkshake bagi yang tak suka menikmati pahitnya kehidupan ini. Berbagai makanan juga tersedia disini, mulai makanan ringan hingga menu makanan yang berat. Seperti jagung bakar, pisang goreng, kentang atau french fries, aneka makanan khas Kota Bogor, nasi goreng, menu anak seperti masakan mie, ice cream dan masih banyak lagi yang ditawarkan dan bisa disantap di tempat ini.

3. Wifi
Bukan cafe namanya jika tidak memiliki fasilitas Wifi. Bagi pengunjung yang ingin menikmati fasilitas Wifi, anda bisa menanyakan password di bartender maupun pelayan. Tapi jangan digunakan untuk hal yang negatif yah sobat, gunakan seperlunya dan yang bermanfaat.

4. Kamar Mandi dan Toilet
Tak perlu risau jika ingin buang air. Anda tinggal menuju toilet yang sudah disediakan oelh pihak pengelola. Kalau ramai, kalian tinggal antri menunggu giliran anda masuk. Jaga kebersihan toilet dan jangan membuang apapun ke dalam kloset.

5. Tempat Ibadah
Jika kalian enggan untuk pergi dari cafe saat adzan berkumandang untuk menunaikan ibadah di masjid, anda bisa melakukan ibadah di dalam area cafe. Meskipun tidak sebesar musholla, namun cukup untuk dilakukan shalat berjamaah 3 hingga 5 orang.

6. Lahan Parkir
Lahan parkir di sekitar cafe juga sudah memadai dan anda tak perlu berdesakan meletakkan kendaraan anda. Lahan parkir disini cukup luas dan dapat menampung banyak kendaraan.

Bagi kalian warga Bogor tentunya bangga memiliki tempat nongkrong yang hits dan keren ini. Semoga di kota lain juga membuat inovasi seperti Cafe De Kendor Hambalang ini agar Indonesia makin beragam. Tetap jaga kesehatan dan jaga kebersihan agar terhindar dari penyakit. Mohon maaf apabila terdapat kata maupun kalimat yang tidak berkenan. Kita jumpa lagi di artikel berikutnya yah sobat, salam dari mimin terkece sejagat maya.

Sumber ;Wisatainfo.com

Continue Reading

Trending