Connect with us

Kuliner

Menikmati Kopi Sarang Burung Walet di Kedai Mama

Published

on


Finroll.com – Kedai Mama, sebuah kafe dan restoran di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru saja dibuka belum lama ini. Didirikannya kedai kopi yang digabungkan dengan sekolah ini, sebenarnya terbilang unik.

Kedai berangkat dari mimpi Helda Herman dan Dionisius Satriyo Prasongko yang rindu memiliki tempat nongkrong kuliner edukatif.

“Berawal dari mimpi saya dan suami ingin punya kedai kopi sama sekolah musik. Awalnya namanya Kedai Musik, tapi diubah menjadi Kedai Mama. Karena waktu mamaku masih ada, dia selalu nanya kedainya sudah jadi atau belum. Saat sudah jadi, mamaku sudah tidak ada. Jadi aku hadiahkan Kedai Mama untuk almarhumah mamaku,” jelas Helda saat ditemui di Kedai Mama yang terletak di Rukan Gading Mediterania Residences, Kelapa Gading, Jakarta Utara, belum lama ini.

Helda menuturkan, sang ibunda berpulang pada Oktober 2018. Sekitar sebulan kemudian, Helda dan Dionisius sepakat membangun Kedai Mama di Blok RK/19/H di Rukan Gading Mediterania Residences.

“Konsep kami adalah menghadirkan satu wadah ‘macan ternak’ yang merupakan singkatan dari mama cantik nganter anak dan ‘papa ternak teri’ kepanjangan dari papa anter anak-anter istri,”ungkap Helda.

Mengapa memilih singkatan yang unik, diakui Helda kebiasaan disini adalah para orangtua setelah mengantar atau menjemput anaknya, biasanya mampir ke Kedai Mama untuk nongkrong, ngobrol, bahkan menyekolahkan anak mereka di sekolah musik miliknya.

Ibu satu anak ini juga menjelaskan, Kedai Mama memiliki menu kopi andalan yaitu Mima Coffee Project, yakni kopi sarang Burung Walet di lantai pertama. Sementara di lantai dua ditempati Ohana Music School.

Konsep wadah edukatif yang diimpikan Helda tak terhenti di kuliner serta musik saja. Urusan belajar-mengajar membuat kue pun dirangkul Helda. Queenie baking and cooking class menjadi nama yang dipilih untuk baking class yang ada di lantai tiga di rukan ini.

“Satu wadah edukatif yang santai ini terakomodir di sini. Ada kedai, musik, sekaligus berkarya membuat kue,” kata Helda.

Kuliner

Ini Dia 10 Makanan Pemicu Penyakit Jantung

Published

on

Finroll.com — Kesehatan jantung adalah organ tubuh yang paling vital, jantung harus dijaga dengan cara berolahraga dengan teratur dan menjaga makanan. Penyakit jantung ditandai penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding arteri kemudian dapat menyumbat arteri.

Oleh karena itu, jauhilah makanan pemicu dan atur pola makan yang sehat supaya terhindar dari penyakit degeneratif ini. Dikutip dari CNN Indonesia, berikut 10 makanan yang harus dihindari karena tak baik untuk kesehatan jantung.

1. Gula, garam, dan lemak
Semakin banyak mengonsumsi garam, gula, dan lemak, maka semakin tinggi pula risiko terkena penyakit jantung. Mulailah untuk menguranginya dalam makanan Anda. Makan sayur dan buah untuk mengimbangi nutrisi tubuh.

2. Daging olahan
Makanan seperti hot dog, sosis, bacon, dan nugget berpotensi menyebabkan jantung menjadi tidak sehat. Ini disebabkan tingginya garam, kalori, dan lemak jenuh dalam makanan olahan itu. Jika mengonsumsinya secara berlebihan tentu akan meningkatkan peluang serangan jantung dan stroke.

3. Daging merah
Daging merah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Daging merah pada sapi, domba, atau babi memproduksi lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi daging merah akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Soda
Sering tak disadari bahwa sumber tambahan gula terbesar bukan dari makanan, tetapi dari minuman seperti soda. Soda mengandung banyak pemanis buatan yang bahaya menyebabkan diabetes. Orang yang sering minum soda juga cenderung mengalami obesitas dari berat normalnya.

5. Kue
Beberapa kue yang dipanggang seperti kukis dan muffin biasanya mengandung tinggi gula dan lemak jenuh (seperti mentega atau minyak sawit) dan lemak trans. Mereka yang sering mengonsumsi makanan ini akan berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

6. Mi instan
Meskipun enak dan cepat disajikan, sering makan mi instan akan meningkatkan risiko perubahan metabolisme karena kandungan natrium yang tinggi, lemak jenuh, dan beban glikemik. Orang yang mengidap sindrom metabolik cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan berisiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

7. Pizza
Sebagian pizza bisa menjadi makanan yang menyehatkan jika diolah dengan benar. Tapi kebanyakan, pizza diolah dengan jumlah sodium, lemak serta kalori tinggi. Tentu hal ini dapat meningkatkan risiko alami gangguan jantung.

8. Alkohol
Alkohol adalah jenis minuman yang harus dihindari penderita darah tinggi. Namun meski tubuh normal dan kadar trigliseridanya tak tinggi, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat menaikkan tekanan darah, gagal jantung, stroke, dan penambahan berat badan.

9. Mentega
Sering mengonsumsi mentega yang mengandung lemak jenuh tinggi, dapat meningkatkan kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung. Agar aman, pilihlah margarin yang lembut dan tidak mengandung minyak yang terhidrogenasi, atau gunakan minyak zaitun sebagai gantinya.

10. Kentang goreng
Menu kentang goreng di restoran cepat saji tentu mengandung banyak garam dan lemak. Selain itu, metode penggorengan konvensional yakni deep fry menghasilkan lemak trans yang terbukti meningkatkan jenis kolesterol jahat dan menurunkan jenis lemak yang baik. Sebuah studi menyebut orang yang makan kentang goreng dua hingga tiga kali seminggu berpeluang meninggal lebih awal karena serangan jantung.

Continue Reading

Kuliner

Rasakan Kenikmatan Sajian Barbeque di Swiss-Belresidences Rasuna Epicentrum

Published

on

Finroll.com — Swiss-Belresidences Rasuna Epicentrum kembali berkreasi dengan ragam kulinernya lewat sajian barbeque yang dapat dinikmati setiap hari Jumat pada pukul 18:00 hingga 21:00 di Swiss-Cafe Restaurant.

Di area luar Swiss-Cafe Restaurant, berhadapan langsung dengan kolam renang, yang menjadi salah satu spot favorit tamu yaitu Pool Terrace, dengan pemandangan langit Jakarta.

Disinilah tamu dapat menikmati live cooking ragam menu barbeque seperti ayam bakar dengan bumbu Taragon, sayap ayam dengan saus barbeque, sate sosis daging sapi dan ayam, daging sapi bakar dan masih banyak lagi yang disajikan secara buffet sepuasnya dengan harga Rp 198.000net/orang.

Selain aneka sajian barbeque, live music juga tersedia untuk menghibur pengunjung hingga pukul 21:00 WIB.

“Kami sengaja menampilkan menu barbeque setiap hari Jumat yang merupakan akhir pekan bagi kebanyakan para pelaku bisnis dimana biasanya mereka akan berkumpul sejenak bersama sahabat ataupun rekan kerja sebelum kemudian kembali ke rumah.

Namun tentu saja, kehadiran paket ini pun dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berkumpul bersama keluara sambil menikmati pemandangan langit jakarta atau sekedar alunan musik dimana tamu dapat merequest lagu kesukaan mereka,” Kata Nurhayati Basir, General Manager Swiss-Belresidences Rasuna Epicentrum.

“Selain itu, kehadiran kolam renang kami yang iconic ini menjadi area instagrammable untuk berfoto selfie maupun bersama sahabat dan keluarga selepas menikmati berbagai sajian kuliner di Swiss-Cafe Restaurant.

Kami juga menyediakan doorprize berupa voucher menginap di kamar Deluxe yang diundi pada saat event berlangsung,” Tambahnya.

Swiss-Cafe Restaurant sendiri terletak di lantai 1 hotel menawarkan berbagai menu tradisional hingga internasional.

Dengan tata dekor yang simpel dan perabotan bergaya retro-modern, menambah suasanaapik saat matahari terbenam, dengan sentuhan lampu gantungnya.

Sementara itu, Epic Lounge and Bar yang terinspirasi oleh gaya 60an dengan kursi bergaya lounge individual serta bangku di konter barmenampilkan ragam koktail dan camilan ringan.

Memiliki 323 kamar mulai dari tipe kamar Deluxe hingga Suite, fasilitas hotel pun dilengkapi dengan pusat kebugaran, kolam renang dan layanan spa.

Sebagai hotel di area bisnis, tersedia 18 ruangan MICE dengan fasilitas modern untuk menyelenggarakan berbagai pertemuan bisnis maupun jamuan sosial.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungihttps://www.swiss-belhotel.com/id-id/swiss-belresidences-rasuna-epicentrum.(red)

Continue Reading

Kuliner

5 Minuman Kopi yang Paling Populer di Kafe, Kamu Suka yang Mana?

Published

on

By

Kopi

Finroll.com – Kopi jadi minuman wajib banyak orang untuk memulai hari. Dari sekian banyak racikan kopi di kafe, ternyata ada yang paling sering dipesan orang. Apa saja?

Setiap orang bisa menikmati kopi kapanpun dan dimanapun. Baik saat pagi, siang, sore maupun malam, tapi kopi kerap diandalkan sebagai penambah semangat saat sarapan pagi.

Saat ini banyak kafe kopi yang menawarkan aneka varian kopi sensasional. Ada cappuccino hingga mocha late, berikut 5 varian kopi ala kafe yang paling populer di kalangan penikmat kopi.

1. Cappucino
Cappucino termasuk salah satu varian kopi paling populer. Kopi ini bisa dengan mudah ditemui di manapun mulai dari kedai kopi, kafe hingga restoran berbintang sekalipun.

Secangkir kopi tradisional Italia ini terdiri dari campuran espresso dan buih susu. Komposisi cappucino terdiri dari 1/3 kopi espresso, 1/3 susu dan 1/3 buih susu. Tetapi jumlah espresso bisa dipesan ‘single shot’ atau ‘double shot’.

Aroma yang nikmat dan rasa kopi yang cukup kuat menjadikan cappucino banyak disukai penikmat kopi. Cappucino juga bisa disajikan panas maupun dingin tapi kebanyakan orang menikmatinya dalam versi hangat karena aromanya lebih kuat.

2. Espresso
Penggemar kopi pekat paling suka menikmati espresso. Secangkir espresso diolah dari bubuk kopi yang diseduh dengan air panas di bawah tekanan tinggi. Sesuai dengan namanya, espresso berarti express atau cepat yang artinya kopi ini diseduh untuk segera disajikan.

Untuk membuat espressi setidaknya dibutuhkan 7-9 gram kopi bubuk yang kemudian diseduh dengan air panas pada temperatur 90 derajat celsius. Hasil seduhan kopi ini menghasilkan kopi dengan crema atau buih kecoklatan di atasnya.

Selain bisa dinikmati langsung, espresso juga jadi bahan dasar untuk membuat varian kopi lain seperti cappucino, cafe latte hingga mocha late.

3. Cafe Latte
Varian kopi yang satu ini populer di kalangan orang yang ingin menikmati kopi dengan rasa lembut. Cafe latte dibuat dengan mencampur 25 persen espresso dan 75 persen susu. Inilah yang membuat cafe latte terasa lebih creamy.

Semburat aroma dan rasa kopi terbilang tipis, inilah salah satu alasan penggemar cafe latte lebih dominan wanita. Cafe latte juga bisa disajikan panas maupun dingin.

Selain punya sensasi rasa kopi yang lembut, cafe latte juga memikat lewat kreasi latte art buatan barista. Steamed milk dalam jumlah banyak memungkinkan para barista mengukir gambar di atas cafe latte. Kini bahkan banyak kreasi latte art 3 dimensi hingga latte art aneka warna yang bikin cafe latte tampil instagenik.

5. Cafe Mocha

Sebutan lain cafe mocha adalah kopi cokelat karena kopi diolah dengan tambahan cokelat. Komposisi cafe mocha ala kafe adalah dua sloki espresso yang dicampur susu dan cokelat.

Biasanya jenis cokelat bubuk yang populer digunakan untuk cafe mocha. Aroma kopi, susu dan cokelat bercampur sehingga menghasilkan aroma yang kaya. Soal rasa, cafe mocha cenderung memiliki rasa pahit legit dengan konsistensi yang kental.

Untuk membuatnya lebih nikmat, cafe mocha dalam versi dingin biasa disajikan dengan tambahan whipping cream. Selain bisa dinikmati di kafe, varian kopi ini juga mudah dibuat di rumah bahkan takarannya bisa disesuaikan agar rasanya sesuai selera.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending