Connect with us
[adrotate group="1"]

Ragam

Mudik Mewah dengan Gerbong Kereta Bintang Lima, Cek Harga Tiketnya

Published

on


Finroll.com – Mudik tidak akan lagi menjadi hal yang merepotkan dan membosankan, anak usaha PT Kereta Api Indonesia, yaitu PT KA Pariwisata, menawarkan jasa gerbong bintang lima untuk mengantarkan para pemudik ke kampung halaman.

Syarifah Savia, selaku Manajer Humas PT KA Pariwisata menjelaskan gerbong mewah dibagi menjadi dua pilihan, pemesanan perseorangan dan pemesanan charter. Harga setiap pilihan juga berbeda.

Untuk Gerbong Priority (dalam rangkaian Argo Muria) untuk tiket perorangnya rata-rata sekitar Rp 500 ribuan, ini melayani rute Jakarta-Semarang.

Untuk charter, penyewa bisa membayar uang sewa mulai dari Rp 20 jutaan/gerbong.

Jika kawan GNFI ingin mencoba mudik mewah dengan kereta api, cara pemesanan tiketnya tidak jauh berbeda dengan kereta api biasanta. Calon penumpang bisa mengecek ketersediaan tiket di channel-channel distribusi tiket KAI.

“Pemesanan biasanya memesan h-7 atau h-3, sama aja caranya, kaya lewat channel distribusi KAI biasanya saja. Cuma beda kalau charter, itu mesti langsung hubungin call center dulu,” kata Syarifah

Advertisement Valbury

Ragam

Kemenhan Remehkan Kekhawatiran Aktivis atas kunjungan Prabowo ke AS

Published

on

FINROLL.COM – Kementerian Pertahanan telah mengecilkan kritik yang ditujukan kepada Menteri Prabowo Subianto atas kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat menyusul kekhawatiran yang diajukan oleh para aktivis terhadap dugaan pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu.

Juru bicara menteri Dahnil Azhar Simanjuntak mengatakan kementerian menghormati mereka yang mengkritik kunjungan diplomatik Prabowo.

“Berbagai kritik dan tuduhan telah diterima Prabowo selama menjabat sebagai pejabat negara [sebagai perwira Angkatan Darat] dan politikus. Kami menghormati setiap kritik dan penolakan, ”katanya dalam sebuah pernyataan video pada hari Kamis.

Ia mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra itu memulai kunjungan kerja pertamanya ke AS dari Kamis hingga Senin dengan membahas kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS. Di AS, Prabowo dijadwalkan bertemu dengan mitranya dari AS Mark Esper.

“Prabowo memenuhi undangan dari pemerintah AS. Tujuannya untuk memperkuat kerja sama pertahanan AS-Indonesia, ”kata Dahnil lebih lanjut.

Kunjungan pertama Prabowo ke AS sejak dia dilarang masuk ke negara itu 20 tahun lalu, dan yang pertama dalam kapasitasnya sebagai menteri pertahanan, menuai kritik dari kelompok hak asasi yang menyoroti bahwa perubahan kebijakan itu melanggar hak asasi manusia. prinsip dan bahkan bertentangan dengan hukum AS.

Prabowo sebelumnya dilarang masuk ke AS karena ada larangan menyeluruh terhadap perwira Kopassus yang diduga melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Timor Timur ketika wilayah itu berada di bawah kekuasaan Indonesia.

Sebanyak 12 organisasi masyarakat sipil menyuarakan keberatan mereka dalam surat bersama kepada Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo atas kunjungan Prabowo ke AS. Kelompok itu mendesak pemerintah AS untuk mencabut undangan diplomatik jika menyertakan kekebalan atas kejahatan yang diduga dilakukan Prabowo.

Kelompok-kelompok tersebut termasuk Amnesty International Indonesia, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Setara Institute dan Jakarta Legal Aid Institute (LBH Jakarta) direktur nasional advokasi dan urusan pemerintahan Amnesty International USA Joanne Lin mengatakan dalam surat itu mengizinkan Prabowo masuk ke AS bisa jadi merupakan pelanggaran terhadap Leahy Laws.

Leahy Laws melarang pemerintah AS menggunakan sumber dayanya untuk membantu unit pasukan keamanan asing yang terbukti terlibat melakukan pelanggaran berat hak asasi manusia. “Kami mendesak Anda untuk mengklarifikasi bahwa visa yang dikeluarkan untuk Prabowo tidak memberikan kekebalan apa pun kepadanya dan untuk memastikan bahwa jika dia melakukan perjalanan ke AS, dia diselidiki dengan benar dan segera,” kata Lin. (HIDAYAT)

Continue Reading

Ragam

Kinerja Ekspor RI yang Terkerek Kebangkitan Ekonomi Tiongkok

Kenaikan ekspor pada September 2020 ditopang oleh harga komoditas yang membaik seiring pemulihan ekonomi Tiongkok.

Published

on

FINROLL.COM — Kabar menggembirakan datang dari kinerja ekspor dan impor pada September yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Ekspor naik 6,97% dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai USS$ 2,13 miliar, sedangkan impor naik 7,7% menjadi US$ 11,57 miliar.

“September ini berita gembiranya adalah ekspor kita naik dibanding bulan lalu dan dibanding tahun lalu turunnya sudah tipis,” ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers, Kamis (15/10).

Ekspor pada September masih turun tipis 0,51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun kinerja ini masih lebih baik dibandingkan impor yang anjlok US$ 18,88 miliar.

Berdasarkan golongan barang HS dua digit, kenaikan ekspor paling tinggi terjadi besi dan baja yang meningkat US$ 266 juta atau 32,5% dibanding bulan sebelumnya. Ekspor produk ini terutama tertuju ke Tiongkok, Hong Kong, dan Korea Selatan.

“Lemak dan minyak hewan nabati juga mengalami kenaikan ekspor US% 198,5 juta. Negara tujuan ekspor ini adalah Tiongkok, India, dan Pakistan,” katanya. Kenaikan juga terjadi pada golongan barang kendaraan dan bagiannya, mesin dan peralatan elektrik, serta plastik.

Suhariyanto menjelaskan ekspor nonmigas untuk Tiongkok naik paling tinggi mencapai US$ 163,3 juta. Disusul India sebesar US$ 120,6 juta, Jepang sebesar US$ 79,6 juta, Amerika Serikat sebesar US$ 66,8 juta, dan Malaysia US$ 66,4 juta.

Sementara penurunan ekspor terjadi untuk tujuan Swiss, Hong Kong, Inggris, Singapura dan Kamboja. “Ekspor utama kita ke September untuk nonmigas paling besar masih tertuju ke Tiongkok sebesar US% 2,63 iliar atau 19,75% dari total ekspor,” katanya.

Pangsa pasar ekspor nonmigas terbesar kedua adalah AS yang mencapai US$ 1,69 miliar dan mengambil porsi sebesar 12,68%. Disusul Jepang sebesar US$ 1,06 miliar atau 7,98%. Sementara itu, ekspor ke seluruh negara ASEAN mencapai US$ 2,78 miliar atau mencapai 20,86% dari total ekspor nonmigas Indonesia.

Tak berbeda jauh dengan kondisi ekspor, impor Indonesia pada September masih didominasi dari Tiongkok mencapai US$ 3,51 miliar atau 33,73% dari total impor nonmigas. Disusul Jepang sebesar 0,77 miliar atau 7,38% dan Singapura O,62 miliar atau 5,94%.

Namun, kenaikan impor paling tinggi dibandingkan Agustus berasal dari Jepang mencapai US$ 208,3 juta, Korea Selatan US$ 150,5 juta, Tiongkok US$ 148,6 juta, dan Ukraina US$ 77,5 juta.

Berdasarkan golongan barang HS dua digit, kenaikan impor didorong oleh mesin dan peralatan mekanis naik 104,2 juta, besi dan baja sebesar US$ 84,4 juta, serta mesin dan peralatan listrik US$ 81,5 juta.

Neraca perdagangan Indonesia dengan Tiongkok, menurut Suhariyanto, kembali mencatatkan defisit sebesar US$ 879,2 juta. Defisit juga terjadi pada perdagangan Ukraina sebesar US$ 140,1 juta dan Brasil US$ 119 juta.

Ekonomi Tiongkok yang Bangkit

Kinerja ekspor dan impor yang membaik di September tak lepas dari pemulihan ekonomi yang berlangsung cepat di Tiongkok. Mengutip Reuters, impor Tiongkok pada September tumbuh dengan laju tercepat pada tahun ini mencapai 13,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, berbalik dari kondisi Agustus yang turun 2,1%.

“Lonjakan impor menunjukkan bahwa investasi di dalam negeri kuat,” ujar Capital Economics Senior China Economist Julian Evans-Pritchard. Catatan penting lainnya dari perekonomian Negara Tembok Raksasa ini adalah ekspor yang tetap kuat di tengah berkurangnya permintaan barang untuk penanganan Covid-19 seperti masker.

Aktivitas pabrik Tiongkok juga meningkat karena perdagangan internasional secara bertahap dimulai kembali. Permintaan barang-barang konsumsi lainnya menanjak dari berbagai penjuru dunia.

Kendati demikian, beberapa analis memperingatkan ekspor mungkin sudah mencapai puncak kenaikan seiring permintaan untuk alat pelindung Covid-19 buatan Tiongkok yang mulai surut dan efek dasar dari penurunan besar-besaran tahun ini menghilang.

Berdasarkan data Bea Cukai Tiongkok, ekspor pada September naik 9,9%. Kepala Ekonom di Zhongyuan Bank, Wang Jun mengatakan data menunjukkan dukungan pemerintah telah meningkat ekonomi, terutama seiring epidemi mulai terkendali.

“Ini telah meningkatkan permintaan domestik, terutama permintaan yang didorong oleh investasi, yang mendukung impor,” kata Wang. Bank Sentral Tiongkok memperkirakan ekonomi pada kuartal tiga akan tumbuh lebih baik dibandingkan kuartal II yang mencapai 3,2%.

Berbagai lembaga internasional pun merevisi naik proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok untuk tahun ini dalam laporan terbaru mereka dari proyeksi yang dibuat pertengahan 2020.

Bank Dunia misalnya, mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok dari hanya tumbuh 1% menjadi 2%, IMF menaikkan dari tumbuh 0,9% menjadi 2%, sedangkan OECD memproyeksi ekonomi Tiongkok tumbuh 1,8% dari sebelumnya kontraksi 3,2%.

Continue Reading

Ragam

Survei: 62% Responden Masih Nyaman dengan Kinerja Jokowi saat Pandemi

Namun warganet masih menyoroti langkah dan strategi penaganan Covid-19 pemerintah yang dinilai tidak jelas

Published

on

FINROLL.COM – Lembaga survei KedaiKOPI melakukan pengukuran opini publik penanganan virus corona oleh pemerintah. Hasilnya, 62,6% respoden merasa nyaman dengan kinerja Presiden Joko Widodo pada masa pandemi Covid-19.

Survei dilakukan pada 803 responden pada 8-10 Oktober 2020 dengan metode telesurvei. Indikator penilaiannya adalah 1 untuk sangat tidak nyaman hingga 10 untuk sangat nyaman.

“Kalau persentase dibagi menjadi 6-10 untuk nyaman, dan 1-5 untuk tidak nyaman, maka yang nyaman berjumlah 62,6%,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (14/10).

Sementara itu, jumlah responden yang merasa tidak nyaman berjumlah 37,4%. Bila dirinci, responden yang merasa nyaman sebagian besar menjawab dengan indikator 6-7 sebanyak 44%. Sementara responden yang merasa tidak nyaman didominasi pada indikator 4 dan 5 sejumlah 22,4%.

Dari demografinya, 55,3% responden merupakan laki-laki, selebihnya perempuan. Mayoritas responden sebanyak 84,9% merupakan generasi Y yang berusia 26-43 tahun. Kemudian, sebanyak 17,5% merupakan generasi Z berusia 17-25 tahun, 26,4% generasi X pada usia 44-54 tahun, dan 1,1% berusia 55-65 tahun.

Dari pendidikannya, sebagian besar responden merupakan tamatan SMA atau sederajat, yaitu sebanyak 54,9%. Selebihnya, lulusan setara sarjana sebanyak 26,5%, D1/D2/D3 sebanyak 15,1%, dan SMP sebanyak 1,9%.

Selain itu, Survei KedaiKOPI juga mempertanyakan kepercayaan responden terhadap pejabat publik. Hasilnya, kepercayaan publik pada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mendapatkan nilai 6,2.

Kemudian, kepercayaan responden kepada Gubernur di daerahnya menempati posisi kedua dengan nilai 5,9. Nilai ini setara dengan kepercayaan responden terhadap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Secara total, pemerintah pusat mendapatkan nilai 5,7. Sedangkan kepala daerah menempati posisi terendah yaitu 5,6.

Bila dilihat berdasarkan kinerja menteri, sebagian besar responden menyatakan puas dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan nilai rata-rata 5,9.

Posisi selanjutnya diisi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang mendapatkan nilai 5,88. Berikutnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendapatkan nilai masing-masing 5,79 dan 5,71.

Adapun, menteri dengan peringkat kepuasan terendah ialah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dengan nilai 5,27. Sementara di media sosial, penelusuran Drone Emprit menunjukkan ada beragam tanggapan warganet atas penanganan Covid-19 pemerintah.

Namun respons yang paling dominan ialah ketidakpercayaan terhadap keseriusan pemerintah dalam menangani Covid-19. “Mereka bandingkan dengan Omnibus Law yang sangat serius,” ujar Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, warganet dominan memperbincangkan langkah dan strategi penaganan pemerintah yang dinilai tidak jelas. Mereka juga berharap pemerintah lebih serius dalam pelacakan (tracing), pengetesan (testing), perawatan (treatment), serta protokol kesehatan.

Selain itu, warganet juga berharap agar publik tidak menyepelekan Covid-19 lantaran kobran meninggal dan jumlah kasus masih tinggi. Adapun, penelusuran dilakukan di media sosial Twitter selama 14 September-13 Oktober 2020.

Kata kunci yang digunakan ialah pemerintah, Indonesia, pemprov, gubernur, wali kota, kabupaten, dan propinsi. Sementara, filter yang digunakan ialah corona, virus, covid19, covid-19, coronavirus, dan viruscorona. (katadata.co.id)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending