Kapolri dukung atlet kibarkan merah putih di kompetisi internasional

  • Bagikan

Agar rekan-rekan bisa betul-betul mengibarkan merah putih di dunia internasional, butuh dukungan….

Jakarta (ANTARA) – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengajak masyarakat untuk mendukung atlet Indonesia mengibarkan merah putih pada kompetisi internasional.

“Agar rekan-rekan bisa betul-betul mengibarkan merah putih di dunia internasional, butuh dukungan dari seluruh komunitas dan seluruh masyarakat. Saya yakin kita semua mampu,” kata Sigit kepada wartawan, di Hutan Kota Pelataran Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu.

Setelah SEA Games 2021 yang diselenggarakan di Vietnam, Sigit mengatakan terdapat sejumlah kompetisi internasional lainnya yang akan kontingen Indonesia hadapi, seperti Asian Games dan olimpiade.

Ia menargetkan, pada kompetisi tersebut, Indonesia dapat tampil lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Guna mewujudkan target kemenangan dalam kompetisi internasional yang akan datang, Sigit mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang mengembangkan sport science atau keilmuan yang mempelajari bagaimana tubuh manusia bekerja ketika melakukan aktivitas olahraga.

“Saat ini kami juga terus mengembangkan sport science, dan pertama kali kami mencobanya kepada rekan-rekan (atlet balap sepeda kontingen Indonesia) ini,” ujar Sigit.

Penerapan sport science kepada para atlet balap sepeda, kata Sigit melanjutkan, sangat mendukung pemantauan dari pihak pelatih kepada atletnya. Sport science memberikan gambaran dan memudahkan para pelatih untuk mengukur kemampuan para atlet secara ilmiah dari data yang diperoleh.

“Dari data-data tersebut, kemudian bisa ditingkatkan dan diperbaiki,” kata Sigit pula.

Dengan demikian, target pelatihan dan perbaikan pun dapat lebih fokus dan akurat guna meningkatkan performa para atlet di dalam ajang perlombaan.

Selain itu, pihak PB ISSI juga akan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para atlet, sehingga mereka dapat tampil dengan prima di dalam kompetisi.

“Kewajiban dari kita Pengurus ISSI untuk mempersiapkan itu semua,” kata Sigit.
Baca juga: Wapres dorong rancangan “sport science” guna majukan olahraga nasional
Baca juga: IPO siap beri kontribusi meningkatkan prestasi olahraga nasional

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->