[gtranslate]

Sempat Mangkir, Akhirnya Taufik Kurniawan Diperiksa KPK Pagi Ini

  • Share
Sempat Mangkir, Akhirnya Taufik Kurniawan Diperiksa KPK Pagi Ini

Finroll.com — Setelah sempat mangkir ketika hendak diperiksa, Wakil Ketua DPR F-PAN, Taufik Kurniawan bisa diperiksa oleh KPK pagi ini. Hal ini dilakukan atas penetapan status tersangka kepada dirinya, setelah terseret kasus Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen.

“Ya, sekitar pukul 09.00 pagi ini, tersangka TK datang ke KPK. Sekarang sedang berada di ruang pemerikasaan,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jumat (2/11) yang dilansir dari Antaranews.

Sebelumnya, Taufik diketahui sempat mangkir dua kali dari panggilan KPK dengan status tersangka. “Sebenarnya pemanggilan 1 November itu panggilan kedua setelah kemarin 25 Oktober jadwal panggilan pertama. Tapi kuasa hukum TK minta minta penjadwalan ulang,” papar Febri, Kamis (1/11) kemarin.

Baca Lainnya: Ada Kode Satu Ton Dalam Suap Wakil DPR

Kuasa hukum Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Arifin Harahap menjelaskan jika kliennya itu tidak bisa memenuhi panggilan KPK karena sedang ada kegiatan reses dan minta penjadwalan ulang.

Taufik ikut mencicipi uang fee DAK Kebumen

Taufik sendiri ditetapkan tersangka oleh KPK pada Selasa (30/10) lalu setelah dirinya menerima fee dari janjinya untuk perolehan anggaran DAK fisik perubahan APBN TA 2016, pada APBD Perubahan Kabupaten Kebumen TA 2016.

Baca Lainnya: KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR Sebagai Tersangka Korupsi

Wakil Ketua DPR ini pun disebut menerima setidaknya uang sebesar Rp3,65 miliar. Atas perbuatannya ini, Taufik disangkakan melanggar pasal 12 huruf a, atau pasal 12 huruf b, atau pasal 11 UU no 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor, yang telah diubah dalam dengan UU nomor 20 tahun 2001. TK juga terancam hukuman minimal 4 tahun penjara, dan maksimal 20 tahun penjara, denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

  • Share

Leave a Reply

-->