Anggota KPU sebut pemanfaatan Sipol alami kemajuan

  • Bagikan

“Teman-teman partai politik mungkin secara psikologi dan juga secara teknikalitas sudah sangat siap dengan kalau mereka mendaftar, mereka berhubungan dengan Sipol. Sehingga sebagian besar juga sudah siap,” ujarnya.

Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) M. Afifuddin mengatakan pemanfaatan sistem informasi partai politik (Sipol) dalam proses pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 saat ini mengalami kemajuan bila dibandingkan pada tahapan verifikasi parpol pada Pemilu sebelumnya.

Dalam diskusi yang yang disiarkan secara daring di kanal YouTube Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) di Jakarta, Kamis, dia menyebutkan bahwa kendala atau gangguan sistem ketika proses pengunggahan data yang kerap terjadi pada Pemilu sebelumnya, kini sudah minim sekali dipermasalahkan oleh parpol yang hendak mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

“Sangat sedikit sekali persentase dan kuantitasnya dibandingkan tahun 2017,” kata Afif..

Ia lantas berkata, “kalau saya merefleksikan situasi ini memang ada hal-hal yang diperbaiki’.

Kemajuan tersebut, kata Afif, juga didukung oleh kesiapan dari parpol itu sendiri dalam menyiapkan data-data untuk dokumen pendaftaran parpol peserta Pemilu sebagaimana disyaratkan KPU.

“Teman-teman partai politik mungkin secara psikologi dan juga secara teknikalitas sudah sangat siap dengan kalau mereka mendaftar, mereka berhubungan dengan Sipol. Sehingga sebagian besar juga sudah siap,” ujarnya.

“Tentu apresiasi dari para partai yang datang ke kami itu modal yang baik terkait dengan trust atas teknologi,” kata Afif menambahkan.

Afif menyebut bahwa pemanfaatan teknologi melalui Sipol oleh KPU tersebut sejatinya dirancang untuk memudahkan tahapan verifikasi parpol, serta membawa kebaikan pula bagi lingkungan.

“Kantor KPU tidak terlalu banyak berkas termasuk kita menjadi pihak yang sangat pro dengan ramah lingkungan, artinya kertas-kertas tidak banyak dipakai dan seterusnya,” ucapnya.

Ia pun berharap agar proses pendaftaran Pemilu yang telah selesai dan kini masuk pada tahapan verifikasi administrasi parpol dapat berjalan lancar hingga pada penetapan akhir Desember mendatang.

“Saya tentu mengapresiasi semua pihak, teman-teman NGO (Non-Governmental Organization), teman-teman Bawaslu, teman-teman partai, proses-proses ini secara umum menurut kami berjalannya sangat baik dan semoga tidak terlalu banyak kasus yang disidang atau disoalkan ke Bawaslu,” kata Afif.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->