Banten siapkan dana cadangan Rp596,471 miliar untuk Pemilu 2024

  • Bagikan

… sebagai mitigasi kemampuan pembiayaan Pemilu Serentak 2024…

Serang (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Banten telah merencanakan penyiapan dana cadangan lebih dari Rp596.471 miliar guna memenuhi kebutuhan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Pembentukan dana cadangan Rp596,471.294 miliar ini sebagai mitigasi kemampuan pembiayaan Pemilu Serentak 2024,” kata Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, di Serang, Banten, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintahan di sana memandang kebutuhan anggaran menjadi prioritas untuk membiayai setiap tahapan Pemilu serentak 2024. Mulai dari kebutuhan logistik, honorarium dan pengamanan.

Baca juga: Akademikus: Tingginya biaya kampanye dapat turunkan kualitas demokrasi

“Semua itu harus benar-benar dipastikan ketersediaan anggarannya dan tentu saja menjadi tugas dan komitmen bersama kita untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu di Provinsi Banten,” katanya.

Ia menyebutkan, dalam pembiayaan penyelenggaraan Pemilu akan dilakukan secara bertahap di semua tingkatan pemerintahan dengan memperhatikan kebutuhan sebagaimana telah diatur dalam Permendagri Nomor 54/2019 sebagaimana telah diubah dalam Permendagri Nomor 41/2020.

Baca juga: Pemilu di Kutai Timur diperkiraan telan biaya Rp75 miliar

Menurut dia, pesta demokrasi yang pertama kali dilaksanakan secara serentak. Ia mengajak semua pihak, para pemangku kepentingan, untuk menjaga kondusivitas Provinsi Banten agar pelaksanaan pemilu serentak dapat terselenggara secara lancar dan aman.

“Kita ingin Pesta Demokrasi Tahun 2024 dengan izin Allah SWT berlangsung secara baik,” katanya.

Baca juga: Sukabumi tanggung biaya pendidikan anak petugas pemilu meninggal

Ia menambahkan, pembentukan dana cadangan menjadi bentuk komitmen dan tanggung jawab bersama sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah.

Pewarta: Mulyana
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->