KASN raih sertifikat SMAP implementasi pencegahan perilaku koruptif

  • Bagikan
kasn raih sertifikat smap implementasi pencegahan perilaku koruptif 61ea59d4a574c.png
kasn raih sertifikat smap implementasi pencegahan perilaku koruptif 61ea59d4a574c.png

Implementasi SMAP menjadi salah satu upaya pencegahan kasus penyuapan dan korupsi oleh ASN.

Jakarta (FINROLL) – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menerima Sertifikat SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dari PT Sucofindo atas keberhasilan mengimplementasikan pencegahan perilaku koruptif di lingkungannya.

“KASN sebagai lembaga pengawas mewajibkan setiap personelnya menjadi pribadi yang berintegritas dan anti terhadap segala jenis penyuapan. Sertifikat SNI ISO 37001:2016 SMAP meneguhkan posisi KASN sebagai lembaga pengawas yang berintegritas,” kata Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Tasdik mengemukakan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam kegiatan penyerahan sertifikat SMAP oleh Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas di Kantor KASN, Jakarta, Jumat.

Dijelaskan pula bahwa sertifikat SMAP diraih KASN setelah melalui serangkaian proses dan tahapan sejak Maret 2021.

Ia mengatakan bahwa pembangunan SMAP secara partisipatif dan mandiri dengan melibatkan seluruh unit kerja di KASN.

Sebagai lembaga pengawas, KASN dituntut untuk menerapkan tata kelola yang transparan dan akuntabel sehingga dapat menutup potensi terjadinya praktik kecurangan.

Dengan demikian, implementasi SMAP menjadi salah satu upaya pencegahan kasus penyuapan dan korupsi oleh ASN, sebagaimana akhir-akhir ini terjadi di Kota Bekasi, Jawa Barat, dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tasdik memandang kasus itu menandakan rendahnya integritas ASN dalam mengemban tugas dan kewajiban.

Dengan demikian, melalui implementasi SMAP, KASN berupaya mencegah risiko terjadinya potensi penyuapan.

“Sertifikasi ini menjadi pedoman sikap dan perilaku bagi seluruh jajaran KASN selama 24 jam, baik saat berada di dalam maupun di luar kantor,” kata Tasdik.

Pada kesempatan yang sama, Darwin Abas mengemukakan bahwa penerapan SMAP dan sertifikasi tersebut merupakan upaya KASN untuk mencapai tujuan organisasi dalam memberantas penyuapan.

“ISO 37001:2016 merupakan sistem manajemen antisuap untuk membantu organisasi menerapkan dan meningkatkan pengelolaan risiko penyuapan,” kata Darwin.

Di akhir kegiatan, Tasdik menyatakan bahwa KASN akan senantiasa mengoptimalkan kinerja dengan SMAP berdasarkan spirit integritas, profesional, kerja sama, serta melayani seluruh instansi pemerintah (Inspirasi) secara prima.

Baca juga: Kemenhub raih indeks kepatuhan kategori tinggi dari KASN

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © FINROLL 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->