[gtranslate]

Kemarin, penguatan RI-Jepang hingga bantuan bencana Pakistan

  • Share
Jakarta (ANTARA) – Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Senin (26/9) mulai dari Wapres Ma’ruf dan PM Kishida bahas penguatan persahabatan RI-Jepang hingga Indonesia salurkan bantuan 1 juta dolar AS terkait bencana di Pakistan.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Wapres Ma’ruf dan PM Kishida bahas penguatan persahabatan RI-Jepang

Wapres Ma’ruf Amin dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida membahas penguatan persahabatan antara Indonesia dan Jepang di Istana Akasaka, Tokyo, Senin.

“Terima kasih Yang Mulia atas sambutannya yang hangat. Jepang adalah salah satu mitra penting Indonesia di bidang ekonomi,” kata Ma’ruf Amin di Tokyo.

Selengkapnya baca di sini.

Komisi I DPR minta anggaran Kemhan dan TNI di 2023 ditambah

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permanes Mandenas meminta penambahan anggaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI Tahun 2023 karena alokasi sebesar Rp130 triliun untuk tahun depan masih kurang, khususnya dalam modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

“Komisi I DPR mendukung peningkatan anggaran Kemhan/TNI terkait kondisi geopolitik global saat ini. Penambahan anggaran tersebut harus jadi perhatian Pemerintah karena alutsista perlu modernisasi dan belanja,” kata Yan Mandenas usai Rapat Kerja Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Indonesia dan Rusia bahas peningkatan hubungan bilateral

Pemerintah Indonesia dan Rusia diagendakan membahas peningkatan hubungan bilateral dengan kunjungan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Rusia Valentina Ivanovna Matvienko ke Jakarta pada 6 Oktober 2022, kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin.

“Pertemuan tersebut sangat penting untuk membahas berbagai isu penting yang sedang terjadi di dunia, termasuk peningkatan hubungan Indonesia dengan Rusia,” kata Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Panglima TNI bahas kerja sama melibatkan 10 negara tetangga

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menghadiri kegiatan Indo-Pacific Chief of Defence Conference untuk membahas sejumlah kerja sama di berbagai sektor yang melibatkan 10 negara tetangga.

“Tidak hanya latihan bersama, pertemuan dengan negara counterpart bertujuan untuk menjalin kerja sama pengembangan infrastruktur khususnya dilakukan oleh angkatan bersenjata,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa dipantau dari kanal YouTube, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Indonesia salurkan bantuan 1 juta dolar AS terkait bencana di Pakistan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan kemanusiaan satu juta dolar AS dan juga sejumlah barang-barang untuk meringankan beban masyarakat Pakistan yang terkena dampak bencana banjir dan tanah longsor.

“Pemerintah Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan berupa kurang lebih 1 juta dolar AS bantuan dana tunai dan juga bantuan barang-barang yang hari ini segera kita berangkat-kan,” kata Jokowi di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Share

Leave a Reply

-->