[gtranslate]

Komisi I DPR lakukan verifikasi administrasi calon Panglima TNI

  • Share
Jakarta (ANTARA) –

Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR akan melakukan verifikasi administrasi terhadap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI pada Jumat.

 

“Pagi ini kita mulai dengan terima verifikasi berkas, mungkin sekitar jam 10.00 (WIB) akan hadir dari Mabesal (Markas Besar TNI AL) ataupun stafnya Pak Yudo, itu akan menyerahkan (berkas) dulu, belum Pak Yudo-nya,” kata Dave di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta.  

 

Setelah berkas administrasi dinyatakan sesuai, kata Dave, maka Yudo dapat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) hari ini yang rencananya akan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.  

 

“Bila sesuai baru kita laksanakan fit and proper test. Jadi memang judul rapat RDPU akan tetapi sifatnya itu fit and proper test Panglima TNI, diperkirakan selesai jam empat sore,” ujarnya.  

 

Setelah pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI, ia menyebut proses pendalaman akan berupa tanya jawab dengan pertanyaan yang akan diajukan dari masing-masing fraksi di Komisi I DPR kepada Yudo. 

 

“Bila ingin pendalaman dari masing-masing anggota pasti dipersilahkan,” katanya pula.  

 

Ia mengatakan pada saat pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI kemungkinan akan dilakukan secara terbuka, sedangkan ketika pendalaman lebih lanjut dilakukan oleh komisinya kemungkinan akan dilakukan secara tertutup.  

 

“Karena ada beberapa hal sensitif yang tidak bisa kita buka secara langsung,” ucapnya. 

 

Setelah verifikasi administrasi dan fit and proper test, Dave menyebut perwakilan Komisi I DPR akan langsung melanjutkan ke tahapan verifikasi faktual dengan mengunjungi kediaman Yudo. 

 

“Jam empat (sore) selesai, lalu akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual langsung ke kediaman beliau. Langsung hari ini juga kita sistem ngebut,” katanya.

 

Berdasarkan informasi yang diterimanya, ia pun menyebut Yudo akan datang sendiri untuk mengikuti jalannya fit and proper test.

 

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan bahwa Komisi I DPR RI akan melangsungkan fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Jumat (2/12).

 

“Sesuai keputusan Bamus (Badan Musyawarah DPR), besok (Jumat) Komisi I DPR akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI,” katanya.

 

Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat presiden (surpres) terkait calon Panglima TNI atas nama Laksamana TNI Yudo Margono oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11).

  

Baca juga: Komisi I DPR akan kunjungi kediaman Laksamana Yudo usai uji kelayakan

Baca juga: Komisi I: Paparan visi-misi calon Panglima TNI dilakukan terbuka

Baca juga: Komisi I sebut uji kelayakan calon panglima TNI digelar besok

Baca juga: Profil – Laksamana TNI Yudo Margono, calon Panglima TNI

 

 

 

 

 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Share

Leave a Reply

-->