Komisi II tunggu penugasan uji kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu

  • Bagikan
komisi ii tunggu penugasan uji kelayakan calon anggota kpu bawaslu 61e7b6d58a8c4.jpeg
komisi ii tunggu penugasan uji kelayakan calon anggota kpu bawaslu 61e7b6d58a8c4.jpeg
Jakarta (FINROLL) – Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan Komisi II menunggu penugasan Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027.

Doli mengatakan, dirinya mendapatkan informasi bahwa Presiden Joko Widodo telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) kepada DPR beberapa hari lalu.

“Kami masih menunggu, nanti Surpres tersebut dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPR lalu diserahkan kepada kami untuk ditindaklanjuti,” kata Doli dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi II DPR dengan Tim Seleksi calon anggota KPU-Bawaslu, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Dia mengapresiasi kerja Timsel karena telah bekerja cukup cermat sesuai jadwal yang ditetapkan dan memenuhi mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu menurut dia, Timsel secara periodik memberikan laporan kepada Komisi II DPR sehingga diketahui bahwa Timsel bekerja independen.

“Kami terima laporan saja, tidak ada ‘feedback’. Kami biarkan sedemikian rupa. Kami berikan kesempatan kepada Timsel untuk bekerja dengan konsentrasi penuh pada semua tahapan,” ujarnya.

Dalam RDPU tersebut, Ketua Timsel Juri Ardiantoro mengatakan, dalam proses pendaftaran calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 ada 868 orang yang mendaftar terdiri dari 492 calon anggota KPU dan 376 calon anggota Bawaslu.

Menurut dia, dari 868 orang yang mendaftar tersebut, sebanyak 629 orang lolos dalam seleksi administrasi karena berbagai sebab FINROLL lain kurang umur dan belum lulus S1.

“Dari 629 orang itu langsung kami lakukan tes tertulis, penulisan makalah, dan psikologi dasar. Akhir ada 48 orang yang lulus, terdiri dari 28 calon anggota KPU dan 20 calon anggota Bawaslu,” katanya.

Juri mengatakan dari 48 calon anggota KPU-Bawaslu itu dilakukan tes psikologi lanjutan dan tes kesehatan dan secara simultan dilakukan tes wawancara.

Menurut dia, dari 48 calon tersebut, Timsel memilih dan menetapkan 14 orang calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada 6 Januari 2022.

Baca juga: Timsel minta bantuan lembaga negara cek rekam jejak calon KPU-Bawaslu

 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © FINROLL 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->