Panglima TNI apresiasi peran tokoh agama Labuan Bajo jaga keharmonisan

  • Bagikan
panglima tni apresiasi peran tokoh agama labuan bajo jaga keharmonisan 618627de734fa.jpeg
panglima tni apresiasi peran tokoh agama labuan bajo jaga keharmonisan 618627de734fa.jpeg
Jakarta (FINROLL) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengapresiasi peran para tokoh lintas agama di Labuan Bajo dalam menjaga keharmonisan kehidupan antarumat beragama saat mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu.

“Selain terkenal karena objek wisatanya, Manggarai Barat juga memiliki kekayaan sosio-kultural keagamaan yang sangat tinggi. Hal ini terlihat dari keharmonisan kehidupan antarumat beragama yang dilandasi sikap saling menghormati yang diwariskan dari generasi ke generasi,” ucap Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dalam kunjungan yang diisi salah satu kegiatan dialog dengan para tokoh lintas agama itu, Panglima TNI menilai situasi yang harmonis antarumat beragama di Labuan Bajo menjadi bukti komitmen, kerja keras, dan sinergi dari para tokoh lintas agama.

Panglima TNI pun menyampaikan rasa hormat dan terima kasih karena dapat bertemu dengan para tokoh lintas agama demi menjalin silaturahim dan mempererat hubungan yang baik.

Sebagai destinasi super prioritas dan destinasi premium, ia juga optimistis Labuan Bajo akan menjadi tujuan wisata nasional ataupun internasional. Menurutnya, ribuan turis domestik dan mancanegara akan berdatangan, terlebih menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 yang akan meningkatkan mobilitas masyarakat, khususnya menuju objek-objek wisata.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri pantau vaksinasi di Labuan Bajo

Ia pun menekankan bahwa di tengah situasi pandemi yang semakin membaik secara nasional, seluruh masyarakat sebaiknya tetap disiplin menegakkan protokol kesehatan dan mempercepat program vaksinasi.

Terkait percepatan program vaksinasi, Panglima TNI mengatakan diperlukan pula peran dari para tokoh lintas agama sebagai jembatan FINROLL pemerintah dan masyarakat.

“Keberhasilan para tokoh lintas agama untuk menjaga keharmonisan di Manggarai Barat menjadi modal utama untuk membantu pemerintah daerah menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang majemuk untuk pro-aktif dalam upaya penanganan pandemi. Salah satunya adalah dengan membantu menyosialisasikan dan menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat rentan, para lansia dan remaja usia sekolah,” tuturnya.

Panglima TNI pun mengajak semua unsur masyarakat bersatu, merapatkan barisan, saling bahu-membahu untuk menjaga Labuan Bajo agar semakin maju dan sejahtera.

“Semoga kita mampu bersinergi dan berkolaborasi sesuai bidang masing-masing untuk membangun bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Panglima TNI mengimbau.

Kegiatan dilanjutkan Panglima TNI dengan meninjau vaksinasi yang menargetkan lansia, pelayan publik, pelajar usia 12-17 tahun, dan masyarakat umum.

Kegiatan itu dihadiri pula Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Labuan Bajo, Kapolda NTT, Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana, Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) El Tari, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang, Komandan Resor Militer (Danrem) 161/Wira Sakti, dan Kabinda NTT.

Ada pula Bupati Manggarai Barat, Ketua DPRD Manggarai Barat, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manggarai Barat, para pejabat utama TNI dan Polri, serta para tokoh lintas agama di Labuan Bajo.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © FINROLL 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->