Pedagang Pasar Kliwon Kudus hiasi selasar dengan bendera sambut HUT RI

  • Bagikan
Kudus (ANTARA) – Pedagang di Pasar Kliwon Kudus, Jawa Tengah menghias selasar kios jualan di berbagai blok pasar dengan memasang bendera merah putih maupun hiasan bendera warna warni serta balon dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Hiasan bendera merah putih dan balon tampak terpasang di setiap selasar sehingga tampil meriah dibandingkan dengan hari biasanya.

“Pemasangan hiasan bendera dengan balon di atas selasar pejalan kaki merupakan inisiatif pedagang,” kata salah satu pemilik kios pakaian Hadi di Kudus, Selasa.

Baca juga: Pemkot Surabaya bagikan 13.884 bendera merah putih di HUT ke-77 RI

Ia mengakui inisiatif pedagang memasang hiasan bendera dan balon menyambut HUT Kemerdekaan RI memang baru tahun ini, sedangkan tahun sebelumnya memang belum ada.

Hasilnya, kata dia, cukup menarik dan terlihat ramai, sehingga pedagang di blok lain yang belum memasang juga ikut serta memasang untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

“Mudah-mudahan, hal kecil ini bisa menjadi pengingat pedagang maupun pengunjung bahwa untuk mencapai kemerdekaan tidaklah mudah. Berbagai cara dilakukan para pejuang untuk meraih kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah hingga banyak yang gugur di medan perang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Kliwon (HPPK) Kudus Silahudin mengungkapkan pemasangan hiasan bendera dan balon memang inisiatif pedagang sendiri, yang kebetulan tahun ini ingin tampil beda.

Selain untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI, diharapkan dengan suasana pasar yang tampil menarik bisa menjadi daya tarik pengunjung yang berdampak pada meningkatnya transaksi penjualan.

Jika sebelumnya hanya di blok D, kata dia, kini semakin meluas ke blok A, B dan C.

“Dimungkinkan blok-blok lainnya juga tertarik karena sepintas terlihat menarik dengan banyaknya hiasan di atas selasar pejalan kaki. Pembelian hiasan juga hasil swadaya pedagang,” ujarnya.

Kepala Pasar Kliwon Kudus Kadari mengakui mengizinkan para pedagang menghias blok kios untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI. Hal terpenting tidak mengganggu aktivitas jual beli. 

Baca juga: Masyarakat Indonesia di Sri Lanka ikuti lomba, peringati kemerdekaan
Baca juga: Starbucks rayakan HUT Kemerdekaan RI lewat “Beauty of Indonesia”
Baca juga: Lampung gelar Malam Nusantara pamerkan wastra tradisional

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->