简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Polda Sulbar perkuat kemampuan personel Dalmas pada pengamanan pemilu

  • Bagikan
Mamuju (ANTARA) – Polda Sulawesi Barat menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas) sebagai upaya memperkuat kemampuan personel pada pengamanan Pemilu 2024.

Direktur Samapta Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Harimulyanto, Kamis mengatakan, pelatihan peningkatan kemampuan personil Dalmas itu dilakukan dalam rangka menyiapkan pengamanan Pemilu Serentak 2024 yang kini telah memasuki tahapan pendaftaran.

“Hal ini guna mendukung aspek pengamanan jalannya pesta demokrasi nanti,” kata Harimulyanto.

Persiapan yang dilakukan personel Polda Sulbar lanjutnya, yakni secara rutin melaksanakan pelatihan pengendalian massa.

Ia menyampaikan, pelatihan itu difokuskan pada pengamanan pemilu sekaligus sistem pengamanan kota (sispamkota) dengan harapan pemilu nanti berjalan dengan aman dan lancar.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin tersebut, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan ketrampilan personel saat menghadapi massa sehingga dapat membentuk mental emosional yang stabil.

“Apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pesta demokrasi nantinya, personel tetap humanis dan profesional sehingga tidak mudah terprovokasi untuk melakukan tindakan yang berlebihan,” terang Harimulyanto.

Latihan pengendalian tersebut tambahnya, rutin digelar untuk mengasah kemampuan dan kesiapan personel dalam menghadapi unjuk rasa yang sewaktu-waktu berkembang dan menjurus anarkis.

“Latihan ini bertujuan mengantisipasi kerawanan wilayah khususnya persiapan menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024,” kata Harimulyanto.

Pada latihan tersebut para personel Dalmas dari Direktorat Samapta Polda Sulbar memperagakan beberapa adegan dalam menghadapi massa yang disimulasikan terjadi untuk rasa.

Personel Dalmas dengan menggunakan tameng dan peralatan pendukung lainnya berhasil mengendalikan massa sehingga dapat mencegah terjadinya tindakan anarkis dari massa.

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->