[gtranslate]

Tiga Panglima Kogabwilan dampingi Yudo jalani uji kelayakan

  • Share
Jakarta (ANTARA) – Tiga Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) akan mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau “fit and proper test” di Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat.

“Yang mendampingi tujuh orang, sudah saya tunjuk, nanti Pangkogabwilhan I, II, III dan yang 4 lainnya dari staf yang saya tunjuk untuk menyiapkan slide,” kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono usai meresmikan Taman Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dan peluncuran buku “Jalasena Transformasi Komponen Utama Pertahanan Matra Laut” di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta, Jumat.

Ketiga Pangkogabwilhan itu, yakni Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Pangkogabwilhan II Marsekal Madya TNI Andyawan Martono, dan Pangkogabwilhan III Letnan Jenderal I Nyoman Cantiasa.

Selain ketiga perwira tinggi TNI bintang tiga, Yudo juga akan didampingi empat stafnya untuk menghadapi tahapan ini.

Baca juga: Komisi I dalami isu aktual saat uji kelayakan calon Panglima TNI

Baca juga: Sembilan mantan Kasal dukung Laksamana Yudo jalani uji kelayakan

Yudo mengaku susah siap untuk menjalani uji kelayakan. Ia memastikan akan memaparkan program-programnya kepada anggota DPR yang duduk di Komisi I.

Laksamana TNI Yudo Margono siang ini akan melaksanakan “fit and proper test” sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa.

Jenderal TNI Andika Perkasa akhir Desember 2022 akan memasuki masa purna-tugas sebagai prajurit TNI aktif. Dan Laksamana TNI Yudo Margono adalah calon tunggal yang diusulkan oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai orang yang akan memimpin institusi TNI di masa mendatang.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Share

Leave a Reply

-->