Selasa, 9 Maret 2021

Bonus dan Diskon Sudah Usang, Kini Jamannya Pemasaran Digital


Pada tahun 1887 Coca Cola mengubah peta persaingan minuman soda di dunia. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut membuat terobosan dalam dunia strategi pemasaran produk dengan cara membagikan selembar kupon gratis.

Jika selembar kupon tersebut ditukarkan di toko-toko khusus pada waktu itu, maka pemiliknya berhak mendapatkan satu botol Coca Cola secara gratis. Lantas, apa maksud dari semua itu? Betul sekali, brand awareness.

Secara konsep penjualan, Coca Cola memang dikatakan merugi. Namun dari segi marketing, Coca Cola untung besar. Setidaknya, 1 dari 9 orang di Amerika Serikat pada saat itu telah mencicipi rasanya minuman berkarbonat tersebut.

Hingga saat ini, strategi pemasaran produk berkembang pesat. Bukan hanya bonus saja, dengan cara membagikan kupon, tetapi juga taktik ‘coret’ harga atau diskon.

Bonus dan diskon merupakan dua strategi marketing yang berbeda namun dengan tujuan serupa, yakni memberikan harga yang lebih murah terhadap pelanggan mereka. Cara yang digunakan bermacam-macam sesuai dengan keinginan.

Tapi strategi diskon atau bonus merupakan strategi lama yang sudah mulai usang, sekarang saatnya beralih ke pemasaran digital.

Konsep digital marketing atau pemasaran digital sebenarnya sudah sangat terkenal dari beberapa tahun lalu, terutama ketika teknologi semakin menunjukkan kemajuan yang pesat. Lalu, apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah semua upaya atau kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet dan dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran serta berbagai platform media digital yang memudahkan konsumen atau pelanggan untuk saling berkomunikasi secara online.

Digital marketing Indonesia juga sudah mulai merambah sangat luas. Para pebisnis dan pengusaha sudah mengepakkan sayap bisnis mereka ke berbagai platform sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Blog, Whatsapp dan lain sebagainya.

Meskipun digital marketing juga memiliki tantangan yang cukup berat, namun banyak pengusaha dan pebisnis yang sepakat bahwa digital marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis.

Menurut website Smart Insights ada beberapa kelebihan pemasaran digital atau digital marketing yang membuatnya menjadi sangat penting untuk diterapkan.

CIMB NIAGA

Alasan pertama mengapa digital marketing sangat penting adalah digital marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, mereka tidak memiliki tujuan strategis yang jelas.

Mereka tidak ada bayangan yang tepat tentang tujuan apa saja yang ingin diraih oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam perihal untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online.

Tanpa digital marketing atau pemasaran digital, kita tidak bisa memanfaatkan transformasi teknologi untuk bisa memberikan arah yang jelas pada pertumbuhan perusahaan.

Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online.

Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita.

Nah, Finroll Media adalah media yang tepat bagi Anda untuk melakukan pemasaran digital. Pasalnya Finroll Media adalah media promosi produk dan jasa yang menpunyai jangkauan lebih luas.

Di Finroll Media, Anda akan diberikan berbagai macam opsi media promosi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis atau promosi Anda.

Dengan Finroll Media, usaha atau produk Anda, bisa beriklan di media digital seperti halnya yang dilakukan perusahaan besar.

Dengan mengikuti paket promosi pemasaran digital, iklan Anda akan menjangkau pasar yang lebih luas dan terukur.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT