Sabtu, 13 Maret 2021

Panduan Sport Marketing Untuk Membangun Tim dan Atlet yang Efektif


Pasar olahraga di Indonesia merupakan hal baru yang belum disentuh dan memiliki nilai tersendiri dalam pemasaran siaran langsung olahraga. Apakah Anda berpikir untuk memanfaatkan Sport Marketing untuk mengembangkan usaha Anda, panduan sport marketing di bawah ini dapat membantu mengidentifikasi tantangan, tren, dan strategi dalam bidang sport marketing.

Apa itu Sport Marketing?

Sport Marketing adalah penggunaan pertandingan olahraga dan tim olahraga untuk mempromosikan merek atau produk. Bentuk pemasaran ini memungkinkan pemasar untuk meningkatkan popularitas dan perhatian sebuah olahraga untuk mempromosikan merek atau produk. Sport Marketing serta hiburannya saling berhubungan erat dengan pemasaran dan promosi siaran langsung olahraga.

Iklan kopi kemasan, iklan merek ponsel di media luar ruang dan endorsement dari atlet merupakan contoh pemasaran paling umum yang dapat dilihat saat menonton pertandingan olahraga. Pemasaran melalui olahraga juga membantu menciptakan citra merek untuk gaya hidup sehat dan sukses yang diinginkan banyak orang. Imajinasi ini menambah kredibilitas merek Anda dan membuat lebih menarik di mata konsumen.

Tantangan Pemasaran Pada Sebuah Pertandingan Olahraga

Saat ini Sport Marketing sudah mulai berkembang di negeri kita tercinta, bukan berarti tidak ada tantangan periklanan di bidang ini. Ada banyak rintangan yang perlu diatasi merek untuk memanfaatkan tren Sport Marketing:

  1. Milenial tidak menonton media tradisional.
  2. Izin sebuah acara olahraga di Indonesia sangat menghambat inovasi dan pertumbuhan.
  3. Pemegang hak dan merek bukanlah tempat curhat para fans untuk sebuah tim atau atlet.
  4. Sangat sulit membujuk orang untuk menonton secara langsung.
  5. Bintang olahraga bukanlah aktor dan tidak selalu bisa memasarkan secara efektif.

Tren Pemasaran Pertandingan Olahraga

Taktik dan strategi Sport Marketing beserta hiburannya dirancang untuk memanfaatkan tren penggunaan media sosial dan platform digital lainnya. Tren ini meliputi:

  1. Lebih banyak wanita menjadi penggemar.
  2. Ada dorongan yang meningkat untuk gamifikasi.
  3. Sport Marketing bergeser ke platform pemasaran yang baru dan berbeda.
  4. Para fans olahraga menuntut pengalaman yang lebih menarik dan imersif.
  5. Sport Marketing bergeser menjadi lebih berorientasi pada gaya hidup dan hiburan.
  6. Budaya Sport Marketing menjadi lebih inklusif.
sport marketing 003
Sport Marketing FR

Strategi dan Layanan Sport Marketing

Buat Konten Menarik

Salah satu trik yang dapat digunakan pemasar olahraga untuk menarik lebih banyak pelanggan adalah membuat konten yang menarik dengan bantuan atlet maupun selebriti. Fans olahraga berbagi konten dengan teman-teman mereka sepanjang waktu, artinya Anda dapat memanfaatkan jaringan platform digital untuk target calon konsumen Anda. Lebih dari setengah fans mengikuti tim favorit mereka di media sosial, sehingga Anda dapat melibatkan basis konsumen secara digital jika mereka juga merupakan fans tim olahraga.

Rancang Periklanan Anda Dengan Benar

Sebagian besar fans olahraga lebih memilih untuk memiliki konten yang menarik tepat sebelum pertandingan dimulai karena 72% fans sangat antusias dengan konten pra-pertandingan selama dan setelah acara. Saat memasarkan kepada fans sebelum pertandingan, merek Anda adalah bagian dari hiburan yang mengarah kepada mereka.

Kembangkan Sasaran Konsumen

Calon Konsumen adalah sekelompok orang yang akan Anda ajak untuk di tawarkan produk atau merek secara langsung. Pastikan Anda sudah memikirkan ciri-ciri calon konsumen seperti lokasi, usia, minat, dan pendapatan. Pikirkan juga tentang target pasar Anda terlebih dahulu dan menentukan bagaimana menjangkau mereka dan apa yang menjadi kebutuhan para calon konsumen. Merupakan ide yang bodoh untuk menargetkan penggemar balapan untuk kursus pemrograman ketika hasil riset Anda memberi tahu bahwa mereka ingin mencari suku cadang mobil.

Kontes Permainan Olahraga

Salah satu contoh promosi yang sukses adalah menggunakan kontes permainan. Sebuah kontes permainan dapat memanfaatkan euporia para fans untuk permainan tersebut karena mereka termotivasi untuk menjadi pemenang meskipun mereka mungkin tidak atletis. Secara tidak langsung, Kontes permainan membuat orang lebih mengetahui tentang apa yang Anda tawarkan kepada calon konsumen, jadikan trik ini untuk menjangkau konsumen dan memotivasi basis konsumen Anda. Telkomsel menghabiskan banyak dana untuk kontes permainan dan menghasilkan perhatian lebih dari juta-an orang.

Kemitraan Merek dengan Tim Olahraga

Merek sering kali mengandalkan kemitraan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Merek dan tim olahraga seringkali menyelaraskan satu sama lain karena bisnis difokuskan untuk menjadi lebih berorientasi pada sebuah data. Merek mencari peluang baru untuk berinvestasi dalam kemitraan, jadi mereka selalu mencari jalan baru untuk mewujudkannya. Sebagai contoh, banyak yang terkejut mendengar bahwa Gojek adalah sponsor resmi liga sepakbola kita.

sport marketing 002
Sport Reporter FR

Berbagi Konten dan Foto

Sebagian besar fans tim olahraga modern senang berbagi konten. Alasan mereka suka sekali berbagi konten karena bisa terhubung dengan Fans lainnya yang berpikiran sama dan memiliki minat yang sama seperti mereka. Oleh karena itu, konten tersebut harus menarik untuk dibagikan. Sekitar 60% anak usia 18-29 tahun tertarik menonton pertandingan sepakbola melalui media sosial. Jika 83% fans tim olahraga melihat media sosial saat menonton pertandingan, bukankah ini kesempatan bagus untuk mulai membuat dan membagikan konten Anda di media sosial secara efektif?

Jababeka industrial Estate

Menjadi Sponsor

Menjadi Sponsor adalah cara yang sangat efektif untuk dapat meningkatkan kesadaran sebuah merek. Taktik ini sangat terlihat; Pikirkan saat Anda melihat logo merek pada mobil balap, kaus sepak bola, dan banyak lagi. Jenis sponsor ini menambah kredibilitas merek dan mengubah sebuah merek kecil menjadi kelas nasional bahkan tingkat dunia. Sepakbola adalah olahraga ter-favorit di dunia dan perusahaan raksasa hadir di seragam sepakbola dan stadion. Bank BRI membayar mahal untuk hak penamaan stadion BRITAMA ARENA. Bagi bank BRI, eksposur ini membuat para penyiar olahraga akan terus menerus menyebut nama merek mereka.

Menggunakan kanal distribusi yang Tepat

Sport Marketing mengharuskan Anda menggunakan kombinasi alat yang berbeda untuk menjangkau konsumen. Orang-orang menonton acara olahraga di televisi, melihat skor di ponsel mereka, menghadiri langsung sebuah pertandinganolahraga, mendengarkan melalui radio serta membaca berita olahraga di koran dan online. Anda memiliki banyak cara berbeda dan dapat dikombinasikan untuk menargetkan pasar Anda.

Ingatlah bahwa  Google mendorong sekitar 96% lalu lintas pencarian untuk perangkat seluler , dan sekitar  47% penggemar olahraga menggunakan perangkat seluler untuk memeriksa Facebook  selama pertandingan.

Pertimbangkan Perusahaan Sport Marketing

Beberapa orang memilih bekerja dengan biro Sport Marketing untuk kebutuhan Sport Marketing dan hiburan. Orang-orang mendambakan sesuatu yang lebih otentik; mereka ingin melihat lebih dekat aksi dari atlet favorit mereka. Itulah alasan mengapa banyak merek memilih perusahaan Sport MarketingBoston Red Sox memiliki tim pemasaran mereka sendiri, Fenway Sports Management. Perusahaan Sport Marketing dapat membantu menjembatani kesenjangan antara merek Anda dan keinginan Anda untuk lebih dikenal dalam dunia olahraga. Perusahaan atau biro dalam bisnis olahraga memiliki pengalaman lebih tentang industri yang Anda butuhkan serta pemahaman untuk memastikan kesuksesan Anda.

Jangan lupakan Pasar eSports

Anda mungkin telah memperhatikan seringnya liputan ESPN tentang liga eSports populer. Atau mungkin Anda melihat streaming langsung viral di Facebook, YouTube, atau Twitch. Total pendapatan untuk eSports pada tahun 2017 adalah 696 juta dolar AS, dan diperkirakan akan mencapai angka 1,5 miliar dolar AS pada tahun 2021.

  1. Selebriti, atlet, dan merek mulai terlibat dalam kemitraan dengan tim, pemain, turnamen, dan liga eSports.
  2. Overwatch League menandatangani kontrak dengan 12 tim untuk liga eSports berbasis kota global pertama, ini memperlihatkan sebuah tren investasi yang dilakukan oleh beberapa pemilik merek di dunia olahraga.
  3. Riot memperkenalkan  model waralaba untuk tim yang didukung oleh investasi dari pemilik tim NBA dan ruang permainan asli.
  4. Intel Extreme Masters mengadakan turnamennya di Polandia dengan dihadiri 173.000 penggemar, menjadikannya acara langsung terbesar dalam sejarah eSports.
  5. Blizzard membuka stadion eSports khusus bernama Blizzard Arena .
  6. Kejuaraan Dunia League of Legends mencapai 60 juta penonton unik secara online.

Monetisasi Konten Video-on-Demand Anda

Konten video-on-demand adalah peluang besar bagi bisnis yang ingin memanfaatkan Sport Marketing untuk mengembangkan bisnis mereka. Video streaming telah menjadi standar untuk platform besar seperti Facebook, Periscope, Instagram, Twitch, atau Livestream.

Pasar yang berkembang pesat ini akan mencapai 70 miliar dolar AS di seluruh dunia dalam tahun 2021. Video streaming jauh lebih kuat daripada sebuah film: pemirsa menontonnya hampir 3 kali lebih banyak dengan tingkat keterlibatan rata-rata 12 kali lebih tinggi.

Karena biaya untuk memproduksi video dalam jumlah besar mendekati nol, maka, banyak peluang untuk mengajak pemirsa olahraga ke tempat yang benar-benar mereka inginkan: di lapangan latihan, di ruang ganti, dan saat pertandingan dimenangkan atau dikalahkan.

Butuh Bantuan Pemasaran Digital ?

Jangan ragu untuk menghubungi kami tentang proyek pemasaran digital dan tujuan bisnis Anda.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT