Jumat, 9 April 2021

Peluang dan Tantangan Suku Cadang Mobil pada tahun 2021


Saat ini, industri suku cadang mobil purnajual global mencakup berbagai kelompok perusahaan. Sektor ekonomi saat ini mencakup baik perusahaan yang menjual suku cadang pengganti pabrikan peralatan asli (OEM) dan yang memasok komponen purnajual generik untuk digunakan dalam mobil, truk, dan kendaraan komersial . Ini juga mencakup berbagai macam layanan perbaikan dan pemeliharaan mobil.

Banyak produsen mobil mengalami tahun 2020 yang penuh tantangan karena pandemi virus corona. Namun, industri suku cadang mobil purnajual global senilai $ 723 miliar dilaporkan tidak mengalami penurunan selama periode ini. Bahkan, ia mengalami pertumbuhan dan ekspansi yang berkelanjutan . Pertimbangkan beberapa tantangan dan peluang sektor bisnis tangguh ini selama 2021:

Globalisasi Transportasi Mobil Masih Berlanjut

Satu tren yang sedang berlangsung akan terus mendorong pertumbuhan industri suku cadang mobil purnajual tahun ini: penyebaran transportasi mobil yang cepat di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Saat pembuat mobil berjuang untuk memenuhi permintaan mobil di pasar negara berkembang, mereka juga membantu mempromosikan permintaan suku cadang purnajual. Tren ini membantu bisnis dalam menjual komponen pengganti dan perlengkapan perawatan mobil.

Saat ini, diperkirakan 1,5 miliar mobil, truk, dan kendaraan komersial beroperasi di seluruh dunia. Jumlah kendaraan akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Sementara upaya untuk membangun produk berkualitas lebih tinggi tetap berlangsung, kenaikan biaya mobil baru telah menghasilkan pertumbuhan yang kuat di suku cadang purnajual. Di Amerika Serikat, usia rata-rata mobil meningkat menjadi 11,33 tahun.

Kepatuhan Terhadap Suku Cadang Standar (OEM)

Penekanan oleh pembuat mobil pada promosi kualitas OEM yang tinggi sampai batas tertentu mengurangi kebutuhan beberapa suku cadang purnajual (misalnya, dengan meningkatkan interval antara penggantian oli). Namun, beberapa analis menyimpulkan penekanan ini juga telah merangsang pasar untuk komponen OEM pengganti. Ini memungkinkan pabrikan untuk mendapatkan keuntungan dari industri suku cadang mobil purnajual yang berkembang.

Pasar suku cadang mobil purnajual saat ini tetap terpecah di antara beberapa bisnis. Beberapa pemimpin terbesar termasuk 3M Company, Aisin Seiko Co. Ltd., DENSO Corporation, dan Valeo SA. Antara tahun 2020 dan 2024, pertumbuhan harus terus meningkat setiap tahunnya.

suku cadang marketing 002
suku cadang marketing FR

Peluang E-commerce

Mungkin salah satu peluang paling signifikan untuk industri ini selama 2021 terletak pada perluasan penjualan online. Penjualan suku cadang mobil di situs web Tokopedia sendiri mencapai perkiraan miliaran rupiah selama tahun 2020. Konsumen semakin banyak mencari suku cadang otomotif menggunakan Internet, menjadikan pengoptimalan mesin pencari sebagai pendorong utama dalam bauran pemasaran.

Baru-baru ini, situs web yang menampilkan komponen otomotif khusus juga berkembang biak. Situs yang menjual ban, oli, dan pasokan mobil lainnya terkadang (tetapi tidak selalu) mengarahkan pembeli ke pengecer tertentu. Mereka memungkinkan konsumen untuk menghindari beberapa markup ritel. Untuk alasan keamanan, mencegah penjualan barang palsu sangatlah penting.

Inovasi Teknologi Berkelanjutan

Inovasi yang sedang berlangsung dalam industri otomotif juga berkontribusi sampai batas tertentu pada industri suku cadang mobil purnajual. Driver model lama terkadang mencari upgrade. Pelanggan dapat memodifikasi kendaraan mereka untuk memanfaatkan fitur, tren, atau teknologi baru yang populer.

Selain itu, sistem komunikasi digital baru yang menarik serta sistem otomotif diesel dan listrik hibrida memacu permintaan untuk suku cadang mobil tertentu. Banyak perusahaan melayani pasar khusus dengan mengganti atau meningkatkan komponen untuk sistem mobil tertentu. Sementara proyeksi bervariasi, industri suku cadang mobil aftermarket saat ini di Amerika Serikat sendiri menghasilkan sekitar $ 290 miliar hingga $ 296 miliar per tahun.

Memenuhi Permintaan Teknisi Otomotif Yang Sangat Terlatih

Satu masalah yang dihadapi industri ini selama 2021 adalah memenuhi permintaan akan tenaga kerja terampil (bukan tidak terampil). Misalnya, memperbaiki beberapa sistem otomotif berteknologi tinggi khusus menantang sebagian besar tukang reparasi DIY. Teknisi otomotif bersertifikat yang sangat terlatih tetap diminati.

indonesia mining mineral recovery exhibition 2021

Kemampuan untuk menyediakan layanan menggunakan suku cadang mobil aftermarket melibatkan kompleksitas. Beberapa sumber memperkirakan AS akan membutuhkan 46.000 teknisi mobil tambahan pada tahun 2026.

suku cadang marketing 003
suku cadang marketing FR

Permintaan Tinggi Untuk Suku Cadang Mobil Purnajual

Industri suku cadang mobil purnajual global tampaknya siap untuk menikmati tahun yang menguntungkan lagi selama 2021. Banyak faktor yang berkontribusi pada situasi ini, termasuk fakta lebih banyak orang di seluruh dunia akan mengendarai kendaraan yang sudah tua tahun ini. Mobil dan truk yang lebih tua biasanya membutuhkan beberapa komponen pengganti dan perbaikan. Selain itu, perkembangan teknologi otomotif baru yang inovatif terus menciptakan permintaan yang berkelanjutan untuk peningkatan kendaraan lama. Perusahaan kemungkinan akan menemukan berbagai peluang menarik di industri ini selama beberapa bulan mendatang.

Butuh Bantuan Pemasaran Digital ?

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk proyek pemasaran digital dan tujuan bisnis Anda.

Komentar

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACAAN TERKAIT