Connect with us

Business

Pemerintah RI Optimis Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai Bakal Sukses

Published

on


Finroll.com — Pemerintah Indonesia menyatakan optimis terhadap kesuksesan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Dody Edward saat peluncuran Paviliun Indonesia pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (18/10/2019).

“Hari ini, hampir setahun lagi tepatnya 20 Oktober 2020, Paviliun Indonesia akan beroperasi selama 173 hari di expo terbesar di dunia, Expo 2020 Dubai.

Peluncuran Paviliun Indonesia ini membawa optimisme bahwa segenap pemangku kepentingan akan bekerja optimal untuk bersinergi menampilkan paviliun yang menggambarkan Indonesia masa depan, Indonesia Emas 2045,” ujar Dody Edward.

Sebelumnya, Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengunjungi stand Paviliun Indonesia seusai membuka ajang pameran perdagangan internasional, Trade Expo Indonesia 2019.

Dalam kunjungannya itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla sekaligus membubuhkan tanda tangan pada board digital sebagai tanda resmi keikutsertaan Indonesia dalam ajang Expo 2020 Dubai.

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat baik itu perusahaan, kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk berpartisipasi mengharumkan nama dan potensi Indonesia di tingkat dunia,” tambah Dody Edward.

Pemerintah memperkirakan keikutsertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai ini akan memerlukan biaya hingga Rp400 miliar. Untuk itu, selain dana berasal dari pemerintah, pihak swasta digandeng untuk berkontribusi menjadi sponsor untuk Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai.

Saat ini tercatat sudah 5 (lima) perusahaan yang telah menjadi sponsor yaitu PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama, kemudian PT Gajah Tunggal Tbk, Grup APRIL, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), dan Citarasa Prima (CRP) Group selaku pengelola restoran di Paviliun Indonesia.

Optimisme juga terlihat dari pernyataan Boy Kelana Soebroto, General Manager Corporate Communications PT Astra International Tbk yang mewakili pihak sponsor.

“Kami optimis dengan keikutsertaan Astra sebagai sponsor utama akan memperkuat konsep Indonesia Emas 2045. Kami berharap dapat turut mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Semangat ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa,“ kata Boy Kelana Soebroto.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis, memaparkan perkembangan pembangunan Paviliun Indonesia di Dubai.

“Setelah Groundbreaking 9 September lalu, pembangunan Paviliun Indonesia terus berjalan. Saya optimis, Expo 2020 Dubai dapat meningkatkan perdagangan, pariwisata dan investasi untuk Indonesia khususnya dari negara Timur Tengah maupun negara lainnya,” ujar Husin.

Press conference ini juga menampilkan pembicara Ridwan Hassan, Konsul Jenderal RI di Dubai dan Hariman Zagloel, President Director PT Samudra Dyan Praga selaku operating agency Paviliun Indonesia.

Uniknya Paviliun Indonesia di Expo 2020 DubaiStand Paviliun Indonesia didesain secara futuristik dan dipadukan dengan berbagai motif traditional. Diharapkan paviliun ini akan menjadi wajah Indonesia masa depan dengan berfondasikan berbagai inovasi, beyond technology dan tetap selaras dengan berbagai kearifan lokal bangsa Indonesia.

Paviliun Indonesia terletak di jalur utama di distrik “Opportunity” yang strategis dengan luas lahan 1.860 m2. Paviliun bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity” ini akan terdiri dari 3 lantai.

Setiap lantai akan memiliki cerita yang berbeda-beda tapi saling terkait dan berkelanjutan. Semua cerita yang ada di tiap lantai akan ditampilkan secara Entertainment, Interaktif  dan Futuristik.

Lantai 1 yang bertema “To Build World A New” akan memberikan gambaran tentang Indonesia dalam kemasan “Connecting Yesterday – Today & Tomorrow” dengan menampilkan sekilas sejarah Indonesia (15%), Indonesia hari ini (25%) dan Indonesia Masa Depan (60%).

Lantai 2 akan menampilkan berbagai inovasi dan Konsep Indonesia Emas 2045. Tema di lantai ini adalah “Celebrating you, me together we transform the future”. Selain menampilkan instalasi yang canggih, lantai ini juga memiliki studio bioskop layar lebar berkualitas tinggi (high quality cinema) sebagai tempat pemutaran film pendek yang menarik tentang bagaimana Indonesia menciptakan masa depan bervisi global namun tetap berlandaskan kearifan lokal. Area ini juga digunakan sebagai sarana presentasi untuk menarik investasi.

Di akhir cerita, pengunjung akan disajikan suasana “Night Market” yang kental dengan berbagai keragaman budaya, keramahan dan kehangatan khas masyarakat indonesia yang bertema Welcome  to Majestic Land of Diversity. Dengan mengunjungi Paviliun Indonesia, pengunjung akan merasakan Home of Diversity, A Feeling of Tomorrow.

Untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Pavilun Indonesia di Expo 2020 Dubai, kunjungi
expo2020indonesia.id. Situs resmi ini berisi informasi tentang persiapan Pavilion Indonesia dengan menu antara lain Home of Diversity, Count Down, Ayo Dukung Paviliun Indonesia, Connecting: Yesterday, Today, and Tomorrow, dan Road To Dubai. Situs tersebut juga dilengkapi akun media sosial resmi seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Twitter.

Advertisement

Makro Ekonomi

Pakar: Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor

Published

on

By

FINROLL.COM — Pakar keamanan siber dari CISSReC Doktor Pratama Persadha menyatakan Badan Pusat Statistik (BPS) wajib menjaga keamanan data Sensus Penduduk 2020, mengingat ada potensi terjadi kebocoran data seperti di Ekuador, Amerika Selatan, yang tercatat 20 juta data terekspos.

“Bocornya data seluruh penduduk satu negara itu diketahui pada bulan September 2019,” kata Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi CISSReC Pratama Persadha seperti dilaporkan Antara, Kamis (20/2).

Pratama mengemukakan hal itu ketika merespons pernyataan Kepala BPS Suhariyanto yang mengatakan bahwa seluruh data individu dijamin kerahasiaannya oleh undang-undang.

Bahkan, BPS melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan ahli teknologi informasi untuk pencegahan serangan atau gangguan-gangguan siber sekaligus memastikan keamanan data.

“Namun, hak penduduk dan penggunaan data tidak dijelaskan secara detail sejak awal pengisian data pribadi secara mandiri (online) melalui alamat web sensus.bps.go.id,” katanya.

Pada tahun ini, BPS melakukan kembali sensus penduduk, yang biasanya sensus dilakukan oleh sukarelawan door to door (offline), kali ini warga Indonesia juga bisa mengisi data secara mandiri (online).

Hal ini merupakan pertama kalinya sensus daring (online) dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi langsung melalui situs web sensus.bps.go.id. Warga bisa melakukan pengisian Sensus Penduduk 2020 secara online mulai 15 Februari hingga 31 Maret.

Menyinggung kembali soal keamanan data, Pratama menegaskan bahwa kemungkinan kebocoran data tetap ada walaupun undang-undang menjaminnya.

Bahkan, ancaman data yang bocor sangat banyak, meliputi nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, tempat lahir, alamat, surat elektronik, nomor rumah, status pernikahan, hingga data terkait dengan pekerjaan dan pendidikan.

“Data sensitif yang bocor nantinya bisa memvalidasi serangan penipuan phishing dan model kejahatan siber lainnya,” katanya.

Continue Reading

Business

Erick Thohir Bidik Laba BUMN Rp300 T pada 2024

Published

on

By

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan laba bersih seluruh perusahaan pelat merah tembus Rp300 triliun pada 2024 mendatang. Jumlah itu tumbuh 50 persen dibandingkan realisasi laba bersih pada 2018, yaitu Rp180 triliun.

FINROLL.COM — Informasi tersebut disampaikan Erick dalam rapat kerja dengan komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (20/2).

“Kami memberanikan diri, berharap nilai laba bersih yang hari ini sekitar Rp180 triliun, kami harap pada 2024, laba bersih ini bisa menjadi Rp300 triliun. Kami berusaha,” ujarnya.

Guna meraih target tersebut, ia memperhitungkan laba perusahaan 142 BUMN harus bertambah 10 persen setiap tahunnya. Erick mengakui target yang dipatok itu tidak mudah di tengah kondisi perekonomian yang berat.

Namun, ia mengaku Kementerian BUMN dengan bantuan berbagai pihak akan mengupayakan mencapai target tersebut.

“Kalau kita lihat di era disrupsi (teknologi), ada model bisnis yang bisa hilang. Tidak mudah karena kondisinya (berat), tetapi kami coba tingkatkan hampir double,” tutur Erick.

Sejalan dengan peningkatan laba, ia juga menargetkan setoran seluruh perusahaan BUMN naik 50 persen dari kontribusi 2018 lalu sebesar Rp400 triliun. Setoran itu meliputi pajak, royalti, dividen, dan sebagainya.

“Ini ujungnya yang ingin kami capai. Tidak mudah, tapi kami berusaha maksimal,” ucapnya.

Menteri BUMN terdahulu, Rini Soemarno pernah mengklaim keuntungan seluruh perusahaan pelat merah mencapai lebih dari Rp200 triliun sepanjang 2018. Angka itu disebut Rini melesat dibandingkan laba BUMN empat tahun lalu yang tak menyentuh Rp150 triliun.

Continue Reading

Business

Adira Finance Luncurkan Aplikasi Adiraku

Published

on

Finroll.com — Adira Finance akhirnya meluncurkan aplikasi Adiraku. Adiraku sendiri merupakan aplikasi yang dihadirkan untuk memudahkan konsumen Adira Finance bertransaksi.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Fadeli menjelaskan, Adiraku menjadi jembatan bagi konsumen untuk terus terhubung 24 jam dengan Adira Finance, untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Beberapa fitur yang hadir di aplikasi Adiraku ini adalah pengingat jatuh tempo, jumlah besarnya angsuran yang harus dibayarkan, melihat tanggal transaksi, hingga informasi penawaran dari Adira Finance untuk nasabah terpilih termasuk promosi,” jelasnya saat peluncuran aplikasi Adiraku di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Lebih lanjut Hafid mengatakan, lewat aplikasi ini kami memiliki program Eazy Klik, yaitu penawaran spesial personalized pre-approved credit bagi konsumen terpilih yang memenuhi syarat,” tutur Hafid menjelaskan. Kehadiran aplikasi Adiraku ini sekaligus menandai kiprah 30 tahun Adira Finance di Indonesia.

Aplikasi Adiraku kini sudah dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Nantinya, pengguna dapat melakukan registrasi dengan memakai nomor smartphone yang dimilikinya.

Sementara sebagai bagian dari penawaran dalam peluncuran ini, konsumen Adira Finance yang mengunduh aplikasi Adiraku hingga April 2020 dapat mengikuti program Undian Seru Adiraku. Lewat program ini, konsumen berkesempatan mendapatkan beragam hadiah, mulai dari sepeda motor hingga hadiah lain.

Hafid menambahkan, meski memang ditujukan untuk mempermudah konsumen Adira Finance, aplikasi Adiraku sebenarnya juga dapat digunakan oleh konsumen non-nasabah. Dengan aplikasi ini, mereka dapat mengakses informasi umum, seperti produk, promo, hingga simulasi kredit berbagai produk.

Hafid juga berharap, dengan aplikasi ini, konsumen Adira Finance dapat lebih dekat dan terhubung dengan Adira Finance. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menciptakan nilai bersama untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia,” punkas Hafid.(red)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending