Connect with us

Science & Technology

Perbandingan Samsung Galaxy Note 10 dan Note 9, Layak Beli baru?

Published

on


Finroll.com –  Samsung akhirnya meluncurkan flagship terbarunya yakni Galaxy Note 10 dan 10+. Dengan berbagai fitur terbaik, performa bertenaga, dan desain paling elegan, tak bisa dimungkiri harga smartphone ini akan jadi sangat mahal.

Momen rilisnya smartphone baru, biasanya justru membuat banyak orang justru mengincar smartphone keluaran lawas. Pasalnya, harganya mulai turun. Salah satunya Samsung Note 9.

Nah, apa perbedaan mendasar antara Note 9 dan Note 10? Perlukah kita beli baru ke Note 10, atau haruskah kita mengehmat uang dan cukup membeli Note 9 saja? Mari kita lihat perbandingan antara keduanya dari ulasan berikut ini.

Perbandingan Desain

Dari segi desain, nampaknya Samsung Note 10 sulit untuk dikalahkan. Terlebih lagi Note 8 dan Note 9 secara kasar membawa bahasa desain seri Galaxy S dan membuatnya makin ‘kotak’.

Di sisi lain, Note 10 membawa desain terbaru yang elegan dengan sentuhan kaca lengkung di bagian depan maupun belakang bodinya.

Bagian depannya berupa layar yang bezelnya sangat tipis dan terdapat lubang layar Infinity O yang cukup kecil hingga layar mendominasi seluruh bagian depan perangkat.

Terlebih lagi pilihan warna yang salah satunya adalah Aura Glow, yang merupakan warna berbasis arah cahaya. Sehingga Anda akan bisa melihat banyak warna terpantul dari bodinya. Tak bisa dimungkiri, ini adalah warna yang indah!

Sehingga, jika estetika desain adalah prioritas Anda dalam memilih gadget, Samsung Note 10 benar-benar tak boleh Anda lewatkan.

Hardware

Samsung Note 10 membawa Exynos 9825 di sektor dapur pacu. Ini adalah prosesor terbaru dari Samsung yang berbais 7 nanometer. Selain hemat daya, ini adalah prosesor paling bertenaga dari Samsung.

Namun jika harus dibandingkan dengan prosesor tahun lalu yang tersemat di Note 9 yakni Exynos 9810, rasanya perbedaan tidak terlalu mencolok. 9810 tetap bisa menangani berbagai tugas berat dengan kualitas ‘flagship’ miliknya.

Jadi di soal performa, Note 9 masih bisa mengatasi banyak hal dari semua pekerjaan kita tanpa perlu upgrade ke Note 10.

Soal baterai pun, Note 9 juga cukup baik. Pasalnya telah ada baterai berkapasitas 4.000mAh. Note 10 bahkan hanya memiliki 3.500mAh, sementara Note 10+ memiliki kapasitas 4.300mAh. Hanya naik sedikit saja dengan pengorbanan hilangnya headphone jack.

Jadi, jika Anda lebih perhatian ke soal performa, Anda tak perlu beli Note 10 dan Note 9 lebih layak dipertimbangkan.

Kamera

Sektor kamera tak terlalu memiliki banyak pembaruan. Paling signifikan adalah adanya kamera ketiga di Note 10 yakni sensor 16MP ultra-wide.

Sebagian besar pembaruan kamera Note 10 ada di sektor video. Mulai dari Live Focus Video, Depth Vision untuk Note 10+ yang memiliki kamera ToF, Zoom-in Mic untuk sektor audio di video yang lebih baik, serta fitur stabilisasi bernama Super Steady dan Aplikasi Editing Samsung.

Jika Anda punya perhatian penuh soal videografi dan ingin mengkreasi konten video lewat HP, Note 10 adalah smartphone yang sangat cocok untuk mengakomodirnya. Namun jika sebaliknya Anda lebih suka foto ketimbang video, Note 9 sudah lebih dari cukup.

S-Pen

Stylus milik seri Note ini jauh lebih canggih di Note 10. Ketika di Note 9 S-Pen bisa digunakan untuk remote control namun dengan fungsi terbatas, S-Pen di Note 10 sudah mampu melakukan kustomisasi navigasi gestur.

Jadi jika Anda membutuhkan S-Pen yang canggih, Anda bisa pilih Note 10. Namun jika Anda butuh S-Pen untuk sekedar produktivitas seperti menggambar atau menulis, Note 9 sangat lebih dari cukup.

Pilih mana?

Science & Technology

Gahar! Xiaomi Mi 11 Meluncur Dengan Snapdragon 888

Published

on

Finroll.Com – Gahar! Xiaomi Mi 11 Meluncur Dengan Snapdragon 888 , Smartphone seri Mi 11 besutan vendor smartphone Xiaomi ini tampil dengan layar OLED melengkung dan ditenagai chipset Snapdragon 888.

Xiaomi baru saja mengumumkan smartphone andalan terbaru mereka untuk tahun 2021, yang disebut Mi 11.
Smartphone kelas High-End ini tampil dengan layar lebih besar dibanding seri Mi 10, dengan ukuran 6,81 inci. Xiaomi Mi 11 ini juga memiliki bezel tipis, layar melengkung, dan punch hole di layar untuk menempatkan kamera selfie-nya.

Menariknya smartphone ini juga memiliki resolusi layar OLED 3200 x 1440 piksel dan refresh rate 120Hz.
Selain itu, Mi 11 juga dibekali pemindai sidik jari di bawah layar untuk sistem keamanannya.
Pada bagian belakangnya, Mi 11 dibekali tiga kamera dengan sensor utama beresolusi 108MP, lensa telefoto 5MP, dan lensa ultra-wide 13MP. Smartphone ini juga dibekali pengisian nirkabel 50W dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh.

Xiaomi Mi 11 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888, yang dikolaborasikan dengan varian RAM 8GB dan 12GB. Sedangkan memori internalnya memiliki varian 128GB dan 256GB. Smartphone ini juga dibekali Wi-Fi 6 dan dukungan 5G. CEO Xiaomi, Lei Jun telah mengonfirmasi bahwa Mi 11 akan mengikuti jejak Apple dan Samsung dengan tidak menghadirkan charger dalam paket penjualan. Diketahui perusahaan mengambil langkah ini karena alasan menjaga lingkungan dan penghematan biaya.

Mi 11 versi Tiongkok ini telah tersedia untuk pre-order, dan akan mulai dikirimkan pada bulan Januari 2021.
Untuk varian RAM 8GB/ROM 128GB dibanderol seharga CNY3.999 atau setara dengan Rp8,6 juta.

Tertarik untuk meminangnya?

Continue Reading

Science & Technology

Nokia 7.3 5G Dengan Baterai Jumbo 5.000 mAh

Published

on

https://www.finroll.com/wp-content/uploads/2021/01/Nokia-7.3-5G.jpg

Finroll.com – Tiga jenis baterai smartphone Nokia telah mendapatkan sertifikasi dari perusahaan TUV Rheinland. Salah satunya baterai berkapasitas 5.000 mAh yang notabene spesifikasi baterai terbesar untuk ponsel pintar Nokia sejak dikelola oleh HMD Global.
Belum dapat dipastikan smartphone Nokia seri apa saja yang akan mendapatkan jatah baterai 5.000 mAh. Namun, berdasarkan kabar yang cukup santer beredar, baterai jumbo tersebut akan dipasangkan oleh HMD Global pada smartphone Nokia 7.3.

Mengenai Nokia 7.3, smartphone ini disiapkan sebagai penerus estafet dari seri Nokia 7.2. Seperti dikutip detikINET dari India Today, Senin (4/1/2021) HMD Global Chief Product Officer Juho Sarvikas mengungkapkan bahwa Nokia 7.3 akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 690 yang sudah mendukung konektivitas 5G.
Sarvikas mengatakan pula jika smartphone kelas menengah itu bakal disertai dengan kemampuan refresh rate tinggi pada layarnya yang belum dimiliki oleh ponsel pintar Nokia sebelumnya.

Di samping Nokia 7.3, ponsel pintar lain dari Nokia yang masih ditunggu kehadirannya adalah Nokia 6.3. Jika Nokia 7.3 bakal dipasangkan baterai 5.000 mAh, Nokia 6.3 kabarnya kedapatan jatah baterai 4.500 mAh yang juga telah tersertifikasi TUV Rheinland.

Kabar terbaru juga menyebut duet Nokia 7.3 5G dan Nokia 6.3 akan dirilis dengan label Nokia 7.4 dan 6.4. Rumor tersebut muncul menyusul peluncuran Nokia 5.4 akhir Desember 2020.
Selain itu, Nokia juga masih ‘berhutang’ kepada publik terkait peluncuran smartphone flagship Nokia 9.3 PureView. Padahal, kabar kedatangan ponsel ini telah menyeruak sejak 2 tahun lalu namun sampai sekarang belum ada update atau kepastiannya.

Sampai saat ini, Nokia masih menyelimuti dengan rapat wujud asli dari ketiga smartphone tersebut. Kemungkinan ketiganya akan diluncurkan pada medio tahun 2021 ini.

Sumber : inet.detik.com
Continue Reading

Science & Technology

Daftar Lengkap Ponsel yang Tak Bisa WhatsApp di 2021

Published

on

By

Finroll.com  – WhatsApp akan mengakhiri layanan untuk berbagai jenis ponsel mulai tanggal 1 Januari 2021. Kabarnya kebijakan ini akan berdampak pada jutaan handphone (HP) yang telah beredar di pasaran.

Pada dasarnya, WhatsApp mewajibkan pengguna untuk menggunakan ponsel dengan minimum berjalan pada sistem operasi iOS 9 atau Android 4.0.3. Persyaratan minimum tersebut itu dibutuhkan untuk menikmati semua fitur WhatsApp dengan pengalaman terbaik.

Dampak dari ponsel Android dan iPhone yang tidak memenuhi syarat tersebut, maka aplikasi WhatsApp akan berhenti berfungsi dan tidak lagi bisa mengirim dan menerima pesan. Solusinya saat ini adalah melakukan upgrade ponsel ke tipe yang lebih baru.

Sudah menjadi tradisi, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk HP Android dan iPhone lawas pada akhir setiap tahun. Seperti tahun lalu, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk ponsel yang menjalankan iOS 8 atau lebih lama, dan ponsel Android yang menjalankan versi 2.3.7 atau lebih lama.

Lalu, apa saja daftar ponsel yang bakal tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di tahun 2021 nanti? Berikut daftarnya.

iPhone 1
iPhone 3G
iPhone 3GS
iPhone 4
LG Optimus Black (dan yang lebih lama)
Motorola DROID RAZR
Samsung Galaxy S2
HTC Desire

Selain itu, ada beberapa ponsel yang bisa di-upgrade ke sistem operasi minimum yang disyaratkan WhatsApp untuk tetap berfungsi. Daftar ponsel ini bisa menjalankan sistem iOS 9 atau lebih baru dan Android 4.0.3 atau lebih baru.

iPhone 4S
iPhone 5
iPhone 5S
iPhone 6
iPhone 6S
LG Lucid
Motorola DROID 4
Sony Xperia Pro
HTC Sensation
HTC Thunderbolt (4G)
Samsung Galaxy Note (pertama)
Samsung Galaxy S2 dan yang lebih baru

Jika kamu memiliki feature phone yang menjalankan sistem KaiOS, maka harus memastikan sudah berada pada versi KaiOS 2.5.1 atau yang lebih baru. Sementara, untuk HP dengan sistem Windows Phone apa pun, hari terakhir untuk WhatsApp adalah pada tanggal 1 Januari 2020.

Continue Reading

Trending