Connect with us

Business

Perkuat Bidang Investasi dan Vokasi, Indonesia – Singapura Jalin Kerjasama

Published

on


Finroll.com — Perkuat Bidang Investasi dan Vokasi, Indonesia – Singapura Jalin Kerjasama bilateral dalam upaya pengembangan daya saing sektor industri. Salah satunya berupa peningkatan investasi dan pelaksanaan program pendidikan vokasi. Dengan kerja sama tersebut diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi bagi kedua negara.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan kerjasama kedua negara tersebut dituangkan dalam penandatanganan MoU antara Badan Penelitian dan Pengembangan Industri ( BPPI ) Kemenperin RI dengan Enterprise Singapore. Diharapkan hal ini dapat memperkuat hubungan bilateral khususnya yang selama ini telah terbangun.

“Selain itu, kedua negara sudah menjalin kerja sama dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) industri khususnya di Indonesia, seperti melalui program pendidikan vokasi,” kata Agus Gumiwang, seperti dilansir dari Ipotnews, di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Sementara itu, untuk bidang investasi, terdapat beberapa hal yang diharapkan dapat dilakukan kerja sama dengan Singapura. Misalnya, mendorong investasi Singapura di sektor infrastruktur khususnya yang mendukung konektivitas industri dan kawasan.

Sepanjang semester I tahun 2019, Singapura tetap menjadi investor top di Indonesia, dengan nilai investasi sebesar USD3,4 miliar.

Peluang kerja sama selanjutnya, yaitu menjajaki pengembangan kawasan industri yang terpadu seperti Kawasan Industri Kendal, di wilayah lain di Indonesia khususnya luar Jawa. Contohnya di Kalimantan Utara (Tanah Kuning), Sumatera Utara (Kuala Tanjung), Sulawesi Utara (Bitung), Kalimantan Tengah (Batanjung), Jambi, dan Sulawesi Tengah (Palu).

“Kami juga sampaikan kepada Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, untuk bisa mencari investor yang ingin membangun kawasan tersebut.

Kami akan fasilitasi kawasannya, yang memiliki potensi dekat dengan sumber bahan baku,” paparnya.
Perlu diketahui, Indonesia dan Singapura telah menjalin kerja sama dalam pendirian Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Hingga Januari 2020, kawasan industri terintegrasi itu mampu menarik sebanyak 61 investor dari delapan negara (Indonesia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, China, Hong Kong dan Malaysia), dengan total nilai investasi mencapai Rp15,8 triliun dan menyerap 8.950 tenaga kerja.

“Kami pun manawarkan kepada pihak Singapura untuk bisa ikut membangun kawasan industri MRO di Kepulauan Bintan, yang lokasinya sudah kami siapkan. Selain itu, kami mendorong percepatan kerja sama di bidang logistik untuk membangun jaringan di ASEAN, yang akan dipusatkan di Batam,” ujarnya.(red)

Advertisement

Makro Ekonomi

Nambah Lagi, Utang Luar Negeri RI di 2019 Tembus Rp 5.660 T

Published

on

By

Bank Indonesia (BI) merilis utang luar negeri Indonesia (ULN) pada akhir triwulan IV-2019 mencapai US$ 404,3 miliar. Utang ini naik 7,7% dibandingkan pada akhir triwulan IV-2018 lalu yang mencapai US$ 376,8 miliar.

FINROLL.COM — Jika menggunakan asumsi kurs US$ 1 = Rp 14.000 maka utang luar negeri pada triwulan IV-2019 kemarin mencapai Rp 5.660 triliun.

“Posisi utang luar negeri Indonesia pada akhir triwulan IV-2019 tercatat sebesar US$ 404,3 miliar, terdiri dari utang sektor publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar US$ 202,9 miliar dan utang sektor swasta (termasuk BUMN) sebesar US$ 201,4 miliar,” tulis BI dalam laporannya, Senin (17/2/2020).

ULN Indonesia tersebut tumbuh sebesar 7,7% (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan ULN pada triwulan sebelumnya sebesar 10,4% (yoy). Perkembangan tersebut disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan ULN pemerintah dan ULN swasta.

BI menerangkan, ULN pemerintah tumbuh melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya. Namun mengalami kenaikan hingga 9,9% dibandingkan pada periode yang sama pada tahun lalu atau 2018.

Posisi ULN pemerintah pada akhir triwulan IV-2019 tercatat sebesar USD 199,9 miliar atau tumbuh 9,1% (yoy), lebih rendah dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 10,3% (yoy).

“Pertumbuhan ULN pemerintah tersebut ditopang oleh arus masuk investasi nonresiden pada Surat Berharga Negara (SBN) domestik dan penerbitan dual currency global bonds dalam mata uang USD dan Euro,” terang BI.

Sementara, tren perlambatan ULN swasta berlanjut dari triwulan sebelumnya. Pertumbuhan ULN swasta pada akhir triwulan IV-2019 tercatat sebesar 6,5% (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 10,8% (yoy).

Perkembangan ini dipengaruhi oleh perlambatan ULN Lembaga Keuangan dari 6,8% (yoy) menjadi 2,9% (yoy) serta perlambatan ULN Perusahaan Bukan Lembaga Keuangan (PBLK) dari 12,1% (yoy) menjadi 7,6% (yoy). Secara sektoral, ULN swasta didominasi oleh sektor jasa keuangan & asuransi, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas & udara (LGA), sektor industri pengolahan, dan sektor pertambangan & penggalian. Pangsa ULN di keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 76,9%.

Sumber Berita ; CNBC INDONESIA

Continue Reading

Business

Virus Corona Gerus Penumpang Bandara Ngurah Rai 16,25 Persen

Published

on

Jakarta, FINROLL — PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mencatat jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tergerus 16,25 persen pada dua pekan pertama Februari 2020. Penurunan terjadi tak lepas dari wabah virus corona yang berasal dari Kota Wuhan, China.

“Pada periode 1-14 Februari kemarin, pergerakan penumpang keseluruhan baik domestik maupun internasional tercatat sebesar 739.553 orang penumpang,” ujar Communication and Legal Manager AP I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim seperti dikutip dari Antara, Senin (17/2).

Jika dirinci, sambungnya, keseluruhan pergerakan penumpang penerbangan rute internasional berjumlah 408.525 orang. Terdiri dari 205.844 orang penumpang berangkat dan 202.681 penumpang tiba.

Sementara untuk pergerakan penumpang rute domestik dalam dua minggu awal Februari tersebut tercatat mencapai 331.028 orang penumpang.

“Terdiri dari penumpang keberangkatan domestik mencapai 158.556 orang penumpang ditambah penumpang kedatangan domestik tercatat sebanyak 172.472 orang penumpang,”ujarnya.

Sejak Rabu (5/2) lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai telah menghentikan sementara operasional penerbangan rute dari dan menuju China daratan, hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Kebijakan itu untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudirini serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait penghentian sementara operasional penerbangan dari/ke China daratan. Penghentian itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus berkode COVID-19 itu.

“Pastinya penurunan jumlah penumpang ini khususnya di rute penerbangan internasional, salah satunya disebabkan dari dampak penyebaran virus corona,” ujarnya.

Continue Reading

Business

Lomba Logo dan Maskot Pavilliun Indonesia untuk Expo 2020 Dubai DIbuka

Published

on

Finroll.com — Pengelola Pavilliun Indonesia pada ajang Expo 2020 Dubai mengundang akademisi kampus dan desainer profesional untuk mengikuti lomba logo dan maskot Pavilliun Indonesia.

Lomba logo dan maskot tersebut menandai babak baru keikutsertaan Indonesia pada pentas terbesar dunia yang akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab pada 20 Oktober 2020 hingga 20 April 2021 tersebut.

“Bangsa Indonesia akan kembali menghadirkan Pavilliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Untuk itu, kami mengundang kalangan desainer profesional dan kampus untuk mengikuti lomba logo dan maskot yang akan menjadi identitas bangsa di ajang dunia tersebut,” kata Dody Edward, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, selaku Commisioner General Pavilliun Indonesia, di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Dody menyampaikan hal tersebut pada sosialisasi kompetisi logo dan maskot Pavilliun Indonesia yang diadakan di Auditorium 1 dan 2 Kementerian Perdagangan RI. Acara tersebut dihadiri peserta dari Jakarta dan luar Jakarta. Selain itu, acara tersebut juga disiarkan secara live (live streaming) untuk memastikan sosialisasi tersebut sukses menjangkau audiens lebih luas.

Logo Paviliun Indonesia ini akan dipakai sebagai identitas komunikasi tercetak maupun digital oleh panitia kepesertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Sementara, maskot dalam bentuk karakter 2D dan 3D akan tampil di berbagai bentuk media yang mewakili Pavilliun Indonesia. Maskot terpilih juga akan digunakan untuk berbagai materi promosi, seperti t-shirt, merchandise, mug, dan boneka.

“Kami berharap maskot dan logo terpilih bisa menggambarkan wajah Indonesia dalam keragaman, baik budaya maupun alamnya, menggambarkan Indonesia masa kini, dan merefleksikan gagasan masa depan,” ujar Zen Fuad Noor, Direktur Operasional PT Samudra Dyan Praga, perusahaan pelaksana dan pengelola Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Pada Expo 2020 Dubai ini, Pavilliun Indonesia akan menempati area seluas 1.860 meter persegi yang terletak di lokasi strategis “Opportunity District”.

Zen menambahkan, Proses kontruksi Pavilliun Indonesia di Dubai terus mengalami kemajuan setelah ground breaking dilakukan pada 9 September 2019 lalu. Saat ini, tim internasional PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk telah menyelesaikan sistem perpipaan (sparing pipe), sambungan baut angkur (anchor bolt), serta penguatan struktur bawah (tie beam), serta pembersihan lokasi untuk persiapan pengecoran. Pihak konsultan konstruksi dan WIKA juga telah menuntaskan inspeksi lokasi (site inspection).

Di sisi lain, para sponsor Pavillun Indonesia terus menyiapkan konten inovasi untuk mengisi venue. Panitia membuka keikutsertaan kepada seluruh komponen bangsa, kementerian, Lembaga, pemerintah daerah maupun sektor bisnis untuk ikut serta mengisi konten.

“Partisipasi Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai sudah sesuai arahan presiden yang meminta Kementerian, Lembaga serta Pemerintah Daerah untuk berperan aktif,” tambah Dody Edward, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, selaku Commisioner General Pavilliun Indonesia. Selain dari unsur pemerintah, dari sektor bisnis beberapa perusahaan telah berkomitmen menjadi sponsor.

Sampai saat ini sponsor yang telah bergabung adalah PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya yaitu PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk, dan CRP Group.

World Expo adalah ajang perhelatan internasional yang setara dengan Olimpiade musim panas dan FIFA Football World Cup dan Diselenggarakan setiap 5 tahun sekali sejak 1920.

Indonesia sudah sering mengikuti event ini sejak 1964 di New York. Expo ini menargetkan bisa meraih 25 juta kunjungan selama 6 bulan penyelenggaraan pentas dunia ini. Paviliun Indonesia bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity”, diharapkan logo dan maskot mampu merefleksikan tema dan konsep tersebut. Karakter maskot diharapkan yang mempunyai karakter unik dan khas Indonesia; bersifat riang, akrab, dan bisa melakukan berbagai ‘action’ yang lucu dan menarik dalam format 2D dan 3D. Sedangkan logo Pavilliun Indonesia diharapkan mampu menggambarkan abstraksi visual dari sajian tampilan Indonesia pada Expo 2020 Dubai.

Saat ini, peserta lomba logo dan maskot telah ditunjuk oleh panitia, yakni terdiri dari 24 kampus di Indonesia dan 17 desainer profesional dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Peserta lomba dari individu maupun perwakilan kampus yang telah ditunjuk, dapat mengirim karya hingga batas akhir penerimaan karya tanggal 19 Februari 2020. Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada 28 Februari 2020.

Setiap karya diharuskan dilengkapi dengan surat pernyataan yang berisi keterangan orisinalitas logo dan maskot yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00. Setiap peserta individu atau tim hanya dibolehkan mengirim 1 karya logo dan atau 1 karya maskot. Semua materi persyaratan mengikuti lomba ini dapat diunduh melalui tautan bit.ly/materiExpo.

Karya logo dapat dikirimkan melalui tautan http://bit.ly/logo2020expo sedang karya maskot dikirimkan melalui tautan http://bit.ly/2020maskotexpo. Penilaian pemenang lomba akan ditentukan dari kesesuaian antara logo dan maskot dengan tema Pavilliun Indonesia dan tema Expo 2020 Dubai, orisinalitas ide, dan estetika karya.

Lomba akan berlangsung dalam 2 tahap. Pada tahap pertama, dewan juri akan memilih dan menetapkan 5 karya terbaik logo dan 5 karya terbaik maskot menjadi nominasi pemenang lomba. Di tahap kedua, perancang 5 desain logo terbaik dan 5 desain maskot terbaik akan diundang ke Jakarta untuk presentasi di depan dewan juri dan Commisioner General Pavilliun Indonesia. Selanjutnya, akan dipilih 1 pemenang logo dan 1 pemenang maskot. Sebagai hadiah lomba, lima (5) nominator logo terbaik dan lima (5) nominator maskot terbaik akan mendapat hadiah uang masing-masing Rp 5.000.000,00 dan biaya akomodasi selama proses presentasi berlangsung. Sementara, hadiah utama diberikan kepada satu (1) pemenang utama logo dan satu (1) pemenang utama maskot, berupa hadiah masing-masing Rp 50.000.000,00 serta diundang hadir pada saat National Day pada tanggal 9 Januari 2021 untuk mengunjungi Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. (Red)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending