Minggu, 21 Februari 2021

Fungsi Lain dari Teflon yang Wajib Kamu Ketahui!


Yang sering berada di dapur, pasti sudah tidak asing lagi bukan mendengar kata teflon? Biasanya ibulah yang sering berada di dapur untuk memasak msakan bagi keluarga, sehingga ibu-ibu pastilah akrab dengan berbagai macam alat memasak salah satunya yaitu teflon.

Jika mendengar kata teflon disebutkan, maka orang biasanya akan merujuk pada alat masak berupa panci, wajan atau penggorengan yang bagian dalamnya berwarna hitam dan jika diraba terasa ada lapisan seperti lilin yang anti lengket. Namun banyak orang yang tidak mengetahui sebenarnya apa itu teflon.

Teflon Itu Apa Sih?

Teflon sebenarnya merupakan brand untuk Polytetrafluoroethylene (PTFE) yang diperkenalkan oleh DuPont Co. PTFE adalah Fluorocarbon padat dengan berat molekular yang tinggi, terdiri dari Carbon dan Fluorine. PTFE digunakan untuk peralatan masak anti lengket, seperti untuk panci, penggorengan.

finroll teflon

PTFE sendiri ditemukan pada tahun 1938 oleh Roy J. Plunkett seorang ahli kimia di New Jersey. Roy J. Plunkett sendiri bekerja di Kinetic Chemicals, perusahaan yang didirikan oleh DuPont dan Generic Motors. Teflon diperkenalkan sebagai produk yang dikomersialkan pada tahun 1946.

Dan saat ini teflon banyak digunakan untuk membuat peralatan masak dan dikenal luas oleh masyarakat. Banyak orang yang menyukai dan menggunakannya karena teflon anti lengket dan sangat mudah untuk dibersihkan.

Selain sebagai alat untuk memasak makanan seperti alat penggorengan, ternyata teflon juga mempunyai fungsi yang lain lho! Kira-kira apa ya fungsi lainnya? Yuk kita simak bersama!

Fungsi Lain dari Teflon

Meratakan atau Menghancurkan Daging

Tidak ada yang lebih melegakan saat kita mendapatkan menu makanan dengan daging yang sudah rata atau hancur. Sebab, hal ini dapat memudahkan kita untuk menyantapnya, khususnya bagi si kecil yang masih terbatas dalam melakukan upaya belajar makan sendiri.

finroll teflon daging

Untuk mempersiapkannya, ibu-ibu pasti suka melakukan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya yaitu, memanfaatkan tatakan khusus yang kuat saat hendak menekan daging dengan alat keras agar bisa hancur atau rata.

Menariknya, sebenarnya kita bisa memanfaatkan teflon untuk itu. Lantaran, teflon terbuat dari lapisan khusus anti gores dan anti lengket sehingga tidak akan memberi dampak apapun terhadap tekanan maupun gesekan dari benda padat.

Jababeka industrial Estate

Alat Untuk Memanggang

Ada banyak sekali menu makanan yang bisa dipilih. Tidak semata-mata selalu memakan makanan yang dimasak di atas penggorengan, tetapi ada juga menu makanan yang dibuat dengan cara memanggang.

Untuk memanggang beberapa menu makanan, biasanya akan membutuhkan oven. Namun, kabar baiknya adalah jika tidak memiliki oven, kita bisa memanfaatkan teflon dalam menyajikan makanan panggang.

finroll teflon pemanggang

Sebab, teflon memiliki kelebihan untuk tahan panas. Setidaknya, teflon dapat bertahan pada suhu tinggi hingga 260 derajat celcius.

Menyatukan Roti Sandwich

Menu sandwich ini mengombinasikan beberapa bahan makanan yang enak dan sehat, seperti daging dan sayur. Cara membuatnya pun mudah, sehingga bisa dijadikan salah satu referensi menu sarapan sebelum memulai aktifitas.

finroll teflon sandwich

Ternyata kita bisa memanfaatkan teflon sebagai alat untuk menyatukan tiap lapisan dari sandwich. Caranya yaitu dengan menggunakan 2 buah teflon dengan ukuran besar dan ukuran kecil.

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan memanaskan kedua teflon tersebut. Lalu tempatkan sandwhich pada teflon yang berukuran besar dan terakhir, tekanlah dengan menggunakan teflon yang berukuran kecil untuk menyatukan setiap lapisan. Sandwich pun siap untuk disantap!

Mengeringkan Tahu Agar Renyah

Tahu merupakan salah satu makanan sehat yang terbuat dari kedelai. Dalam proses memasak tahu renyah, perlu mengeringkan tahu terlebih dahulu. Namun, dalam proses mengeringkan tahu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

finroll teflon tahurenyah

Maka dari itu, kita bisa memilih cara yang lebih mudah dan cepat yaitu dengan mengandalkan manfaat lain dari teflon. Caranya yaitu bungkus tahu dengan paper towels, lalu letakkan teflon yang sudah dipanaskan di atasnya dalam posisi yang menutupi tahu tersebut. Suhu panas akan mempercepat proses pengeringan.

Cara ini juga bisa dilakukan pada menu makanan lain yang membutuhkan proses pengeringan.

Menghancurkan Kacang-kacangan

finroll teflon kacang

Biasanya untuk menghancurkan kacang membutuhkan alat khusus, seperti ulekan untuk menghancurkannya sampai halus. Sayangnya, alat tersebut dapat menguras tenaga secara berlebihan dan memakan waktu yang lama.

Untuk mempermudahnya, kita dapat memanfaatkan teflon sebagai alat pengganti ulekan untuk menghancurkan kacang-kacangan.

Hasilnya kacang tersebut menjadi remah-remah kacang yang sangat kecil dan ini didapatkan tanpa upaya yang keras karena beban teflon yang besar.

Sebagai Bahan Dasar Rice Cooker

Sebagai orang Indonesia, pasti tidak jauh-jauh dari makanan utama kita yaitu nasi. Untuk membuatnya, pastilah memanfaatkan rice cooker seperti orang-orang lain pada umumnya.

finroll teflon beras

Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada saatnya di mana kita membutuhkan nasi dengan cepat. Belum lagi, jika saat itu rice cooker di rumah sedang rusak, maka kita memasak nasi menggunakan apa?

Disinilah kegunaan teflon yang lainnya yaitu sebagai bahan dasar rice cooker. Kita cukup mengambil panci rice cooker sebagai wadah dan meletakkannya di atas dasar teflon yang dipanaskan di atas api. Kualitas anti gores dan tahan panas akan membantu menyiapkan nasi dengan cepat.

Sebagai Heat Diffuser

Ada banyak sekali alat-alat memasak yang bisa dijadikan opsi untuk membantu aktivitas di dapur. Tentu, meskipun teflon merupakan alat yang penting untuk dimiliki, tetapi tetap membutuhkan alat-alat memasak lainnya, alat untuk menggoreng lainnya seperti panci atau wajan.

Namun, alat memasak tersebut cenderung tidak tahan lama. Salah satu permasalahan yang ditimbulkan adalah bagian dasar yang semakin lama menipis sehingga rentan pada suhu panas. Alhasil, alat tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Beruntungnya, kita masih bisa memanfaatkan teflon sebagai heat diffuser. Caranya, letakkan panci di atas teflon yang siap untuk dipanaskan di atas kompor. Hasilnya alat memasak tersebut dapat berguna kembali.

finroll teflon heatdiffuser

(Sumber : popmama.com)

BACAAN TERKAIT